17 Karakteristik yang Melekat pada Diri Pengusaha

17 Karakteristik yang Melekat pada Diri Pengusaha – Sobat jasalogo.id, semakin kita dapat mengenal karakteristik pebisnis, maka semakin akrab pula kita dengannya. Sehingga, kita akan terus belajar memerbaiki diri, bukan?

Nah, kali ini kita akan mengulas tentang karakteristik yang melekat pada diri pengusaha, ada 17 yang kami rangkum.

Berikut sobat jasalogo.id, 17 karakteristik yang melekat pada diri pengusaha yaitu:

KOMITMEN TOTAL, DETERMINASI DAN KEULETAN HATI

Entrepreneur adalah mereka yang memiliki komitmen total dan determinasi untuk maju sehingga dapat mengatasi berbagai hambatan.

Kesulitan yang timbul tidak memadamkan semangat entrepreneur untuk terus berkreasi dan berinovasi.

DORONGAN KUAT UNTUK BERPRESTASI

Entrepreneur adalah orang yang berani memulai sendiri, tidak terlalu bergantung pada orang lain, yang digerakkan oleh keinginan kuat untuk berkompetisi, melampaui standar yang ada dan mencapai sasaran.

BERORIENTASI PADA KESEMPATAN DAN TUJUAN

Entrepreneur yang sukses adalah mereka yang fokus pada peluang yang ada. Mereka memulai usaha dari peluang. Memanfaatkan sumber daya yang ada serta menerapkan struktur dan strategi secara tepat.

Mereka menetapkan standar yang tinggi untuk tujuan tetapi masih dapat dicapai artinya hal yang dicapai masih dalam batas-batas yang realistis.

INISIATIF DAN TANGGUNG JAWAB

Entrepreneur adalah pribadi yang independen, bergantung pada dirinya sendiri dan secara aktif mengambil inisiatif. Mereka suka mengambil inisiatif untuk memecahkan masalah.

PENGAMBILAN KEPUTUSAN YANG YANG PERSISTEN

Entrepreneur adalah mereka yang tidak mudah terintimidasi oleh situasi yang sulit. Mereka adalah pribadi yang percaya diri dan optimistis yang dibarengi dengan kerja keras.

MENCARI UMPAN BALIK

Entrepreneur yang efektif adalah pembelajaran yang cepat. Tidak seperti kebanyakan orang, mereka memiliki keinginan kuat untuk mengetahui bagaimana mereka bertindak dengan benar dan memperbaiki kinerjanya.

Umpan balik yang dialami adalah sentral dari pembelajaran seorang entrepreneur.

INTERNAL LOCUS OF CONTROL

Entrepreneur yang sukses meyakini diri mereka sendiri. Mereka tidak percaya bahwa keberhasilan atau kegagalan dipengaruhi oleh takdir, keberuntungan  dan kekuatan serupa lainnya.

Mereka percaya bahwa pencapaian yang diperoleh merupakan hasil pengendalian dan pengaruh diri.

Entrepreneur juga meyakini bahwa mereka dapat mengendalikan lingkungan melalui berbagai aktivitas yang dilakukan.

TOLERANSI TERHADAP AMBIGUITAS

Entrepreneur selalu menghadapi kondisi ketidakpastian. Hal ini terjadi karena kurangnya informasi yang diperlukan untuk memetakan situasi.

Entrepreneur dengan toleransi yang tinggi terhadap ambiguistas akan menanggapi kondisi tersebut dengan upaya-upaya terbaik untuk mengatasinya.

PENGAMBILAN RESIKO YANG TERKALKULASI

Entrepreneur bukanlah penjudi. Ketika mereka terlibat dalam suatu bisnis, mereka telah memperhitungkan dengan pemikiran dan kalkulasi yang matang.

Mereka selalu menghindari untuk mengambil resiko yang tidak perlu atau resiko yang dapat ditekan sekecil mungkin.

INTEGRITAS  DAN RELIABILITAS

Karakteristik ini merupakan kunci kesuksesan relasi antara pribadi dan bisnis  yang  membuat  entrepreneur dapat  bertahan  lama.

TOLERANSI TERHADAP KEGAGALAN

Kegagalan adalah hal yang biasa bagi entrepreneur. Hal ini merupakan bagian dari pengalaman pembelajaran. Entrepreneur yang efektif adalah mereka yang cukup realistis dalam menghadapi kesulitan.

Mereka tidak menjadi kecewa, terpukul atau depresi ketika mengalami kegagalan. Sebaliknya, mereka terus mencari kesempatan karena mereka menyadari bahwa banyak pelajaran yang dapat dipetik dari kegagalan menuju keberhasilan.

Bukankah ada pepatah yang mengatakan kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Jad tidak ada istilah menyarah begitu saja bagi seorang entrepreneur.

ENERGI TINGKAT TINGGI

Entrepreneur sering menghadapi beban kerja yang berat dan tingkat stress yang tinggi. Hal ini merupakan hal biasa. Entrepreneur selalu memiliki energi tinggi untuk menghadapinya.

KREATIF DAN INOVATIF

Entrepreneur yang sukses adalah mereka yang kreatif dan inovatif. Kreativitas dapat dipelajari dan dilatih serta merupakan kunci sukses dalam struktur ekonomi masa kini.

VISI

Entrepreneur mengetahui arah bisnis yang akan dijalaninya. Visi dikembangkan sepanjang waktu yang menentukan eksistensi bisnis mereka di masa depan.

INDEPENDEN

Entrepreneur menginginkan kebebasan dalam mengembangkan bisnis. Mereka tidak menginginkan birokrasi yang membelenggu yang dapat menghambat  aktivitasnya.

PERCAYA DIRI DAN OPTIMIS

Entrepreneur selalu menghadapi berbagai tantangan tetapi hal itu tidak membuat kehilangan kepercayaan diri dan pesimis. Entrepreneur selalu percaya diri dan optimis bahwa mereka dapat mengatasi berbagai kesulitan yang menghadang.

MEMBANGUN TIM

Meskipun entrepreneur selalu menginginkan otonomi tetapi tidak membatasi keinginannya untuk membangun tim entrepreneurship yang kuat. Entrepreneur yang sukses membutuhkan tim yang handal yang dapat menangani pertumbuhan dan perkembangan usaha.

KESIMPULAN

Demikian ulasang tentang 17 karakteristik yang melekat pada diri pengusaha!

Untuk lebih dekat dengan jasalogo.id, Anda bisa klik disini atau disini.