PENYEBAB BISNIS SULIT BERKEMBANG DAN TUMBUH

Penyebab Bisnis Tidak Berkembang

Penyebab Bisnis Sulit Berkembang dan Tumbuh – Tahukah Anda, tidak sedikit pelaku bisnis mengeluhkan bahwa usaha yang mereka lakukan tidak berkembang. Artinya, mereka merasa bahwa usaha yang dijalankan tidak mampu berlari layaknya usaha milik pesaing. Salah satu faktornya ialah tidak sedikit pebisnis yang mengabaikan proses untuk menganalisa penyebab usahanya stagnan. Apakah salah satunya Anda? Jika benar, maka beruntunglah! Sebab, dalam artikel ini, akan dibahas beberapa aspek yang harus diperhatikan oleh pebisnis. Hal itu bertujuan agar dapat meminimalisir usaha yang tidak tumbuh dan berkembang.

 

Adapun berikut ini adalah beberapa penyebab bisnis Anda nyaris sulit berkembang dan tumbuh:

  1. Tidak Mau Belajar Hal Baru

Hampir semua para pebisnis ingin menggeluti satu bidang tertentu. Sebab, hal itu dapat memberikan fokus pada kegiatan usahanya. Namun terkadang, saat telah fokus dalam suatu hal, justru melupakan pentingnya melakukan inovasi dan tidak membaca peluang hari ini. Padahal, seiring berkembangnya zaman, pelaku usaha harus terus memelajari hal-hal baru yang tengah berkembang dan hangat di kalangan konsumen.

  1. Keras Kepala dan Merasa Benar

Sangat sulit mengembangkan usaha jika para pebisnis selalu merasa apa yang dilakukan telah benar. Padahal, setiap saat tentu terjadi perubahan iklim di dunia bisnis itu sendiri, bukan? Apalagi, jika pelaku usaha tersebut juga tidak mau menerima kritik atau saran dari konsumen. Hal itu dapat memberi dampak buruk untuk pertumbuhan usaha.

  1. Target Tidak Jelas

Penyebab ketiga usaha tidak maju adalah target yang tidak jelas. Walaupun sudah memiliki usaha, terkadang sasaran konsumen masih salah, lho. Betul tidak? Kira-kira begini, saat seseorang telah mampu membuka suatu bisnis, tidak jarang justru mereka disibukkan dengan bagaimana meingkatkan kualitas dan kuantitas produk. Sedangkan untuk sistematika penjualan, termasuk sasaran konsumen tidak diperhatikan. Maka dari itu, agar usaha terus berkembang, perlu dilakukan riset berkala dalam menganalisa pasar dari produk yang ditekuni.

  1. Sumber Daya Manusia Tidak Kompeten

Bagi pelaku usaha yang telah memiliki karyawan atau partner kerja harus memerhatikan poin ke-empat ini. Utamanya, bagi usaha yang mengedepankan skill tertentu dari karyawan. Sebab, poin ini akan sangat memengaruhi berkembang atau tidaknya suatu usaha. Jadi, jangan sampai salah dalam merekrut karyawan.

  1. Pengelolaan Keuangan Bisnis Kacau

Sudah memiliki usaha, sudah memiliki konsumen, dan usaha telah berjalan sesuai rencana. Namun, bagaimana halnya jika pebisnis tidak mengelola keuangan dengan baik. Walaupun bukan lulusan sekolah pengelola keuangan, namun telah menjadi barang wajib bagi pengusaha untuk mampu melakukannya. Sebagai contoh sederhana, jangan sampai hasil usaha dicampur dengan uang bulanan, ya, bahaya!

  1. Tidak Melakukan Evaluasi Bisnis

Selain beberapa hal yang telah tercantumkan di atas, yang tidak kalah penting untuk menganalisa penyebab usaha sulit berkembang dan tumbuh adalah tidak adanya evaluasi pada bisnis yang dijalankan. Alangkah baiknya, para pengusaha senantiasa melakukan evaluasi berkala meskipun kondisi usaha sedang berjalan baik. Sebab, konsistensi evaluasi akan menjadikan pebisnis lebih sigap dan tanggap untuk menyelesaikan problematika bisnis. Oleh karena itu, kekurangan-kekurangan target capaian harian, misalnya, dapat teridentifikasi sejak dini.

Itulah beberapa poin yang menjadi penyebab suatu usaha tidak berkembang dan tumbuh. Bagaimana? Apakah Anda siap untuk menjadikan usaha Anda lebih progresif? Tentu, jangan sampai Anda mengabaikan beberapa hal yang telah disebutkan di atas, ya. Hal itu bertujuan agar Anda mampu lebih tanggap untuk mendeteksi  dan menganalisa persoalan sejak dini.

Related posts