Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot
Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot – Semakin lama digunakan, performa laptop akan semakin menurun. Proses loading jadi melambat, atau membuka aplikasi tidak secepat dulu.

Hampir semua orang akan merasa kesal jika laptop yang mereka gunakan lemot. Terlebih lagi ketika kita sedang mengerjakan sesuatu, misalkan tugas kantor atau sekolah.

Lebih parahnya lagi jika tugas tersebut harus diselesaikan dalam waktu dekat, mungkin ini akan menjadi masalah karena laptop yang kita andalkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut malah lemot.

Selain menghambat kita dalam mengerjakan tugas, laptop yang lemot juga mengganggu aktivitas lain seperti browsing maupun gaming. Pokoknya, laptop yang lemot sangat-sangat menjengkelkan!

Baca juga: [Pahami Hal Berikut Sebelum Membeli Laptop]

Bila itu terjadi berarti kinerja laptop Anda sudah mulai lemot atau melambat. Jangan buru-buru untuk mengganti dengan laptop baru, karena ada beberapa Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot yang bisa Anda coba.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Untuk mengatasi laptop lemot tersebut, anda terlebih dahulu harus mengetahui penyebabnya, setelah itu baru mencari solusi untuk mengatasinya.

Tapi tenang sobat jasalogo. Berikut Jasalogo uraikan beberapa Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot:

Kapasitas RAM Kecil

Random Acces Memory atau yang disingkat dengan RAM merupakan sebuah memori yang digunakan untuk menyimpan data sementara pada komputer ketika menjalankan suatu program.

Mudahnya begini, semakin banyak program yang berjalan pada laptop anda, semakin banyak juga RAM yang dibutuhkan. RAM ini memiliki peranan paling utama dalam hal multitasking atau menjalankan program secara bersamaan dalam satu waktu.

Solusi:

Jadi jika laptop anda lemot atau crash ketika menjalankan beberapa program secara bersamaan, anda harus menambahkan kapasitas RAM pada laptop anda menjadi lebih besar, agar proses multitasking maupun kinerja laptop jauh lebih cepat.

Untuk harga RAM dengan kapasitas 4GB kisaran 400 ribu (tergantung merk dan tempat dimana anda membeli).

Terlalu Banyak Aplikasi Yang Terinstal Tapi Tidak di Perlukan

Jika sudah memiliki laptop, terkadang kita ingin mencoba berbagai aplikasi. Namun, jika kita terlalu terlalu banyak menginstal aplikasi, kapasitas penyimpanan pada Drive C akan menjadi penuh dan membuat sistem terlalu lama membaca hard disk.

Efek jangka panjangnya, tentu saja akan menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Cara mengatasi laptop lemot karena terlalu banyak aplikasi bisa dilakukan dengan uninstal beberapa aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan.

Solusi:

Coba seleksi mana saja aplikasi yang jarang terpakai. Anda bisa cek juga aplikasi yang tidak sengaja terinstall ketika sedang melakukan browsing, lalu ketika melakukan download konten dari website tertentu, atau pada saat melakukan install.

Pakai aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan saja, karena sangat sayang jika sampai memori penuh karena aplikasi yang sering menganggur.

jangan memaksakan kemampuan laptop. Pilihlah aplikasi alternatif atau yang spesifikasinya lebih rendah, sebagai salah satu cara membuat laptop tidak lemot.

Jarang Update Windows

Ada banyak perdebatan mengenai baik buruknya melakukan update windows. Namun saya pribadi cenderung menyarankan anda untuk melakukan update windows anda secara berkala.

Dilansir dari dokumentasi Microsoft, melakukan update windows dimaksudkan untuk memperbarui sistem ke versi yang terbaru, memperbaiki bug atau error dan secara tidak langsung meningkatkan kinerja laptop anda.

Solusi:

Masuk ke menu Settings.
Kemudian pilih Update & Security.
Pada bagian Windows Update kemudian klik Check for updates.
Kemudian tunggu proses download patch terbaru (lama tidaknya tergantung seberapa besar file yang akan didownload).
Setelah itu akan dilanjut proses instalasi dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Laptop Panas Bikin Cepat Rusak

Dengan suhu laptop yang telalu panas, tentu membuat kemungkinan laptop menjadi lemot menjadi makin besar kapasitas memory yang terpakai.

dalam kondisi ini kinerja laptop bekerja berkali lipat dengan kondisi suhu yang tidak stabil dapat mudah sekali memicu error dan menyebabkan perangkat lain terkena imbas dari panasnya suhu laptop tersebut.

Solusi:

Kalau perlu, gunakan perangkat cooling pad sebagai kipas tambahan yang bermanfaat untuk menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas.

Selain itu, Anda juga bisa memakai vacuum cooler untuk menyedot keluar udara panas di dalam laptop. Alat ini juga sangat membantu menjaga suhu laptop pada saat bekerja.

KESIMPULAN

Demikian sobat jasa logo, ulasan mengenai Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Baca juga [Lakukan Hal Berikut Supaya Laptop Anda Awet]

REKOMENDASI

Bagi Anda yang tengah bingung mencari desainer untuk aktivitas usaha Anda, segera hubungi pihak kami hanya di jasa logo!
Apa keuntungannya? Dengan pengerjaan yang super rapi dan cepat, kami mengunggulkan pelayanan demi kepuasan Anda, sobat jasa logo!

  • Whatsapp

Related posts