Otodidak Belajar Desain, Baca Caranya!

Otodidak Belajar Desain, Baca Caranya!
Otodidak Belajar Desain, Baca Caranya!

Otodidak Belajar Desain, Baca Caranya! Desain memiliki peranan penting dalam banyak hal. Utamanya untuk pemasaran.

Pemasaran bukan hanya menyasar soal bisnis saja, melainkan banyak aspek. Mulai dari pemasaran kegiatan, pemasaran produk, pemasaran jasa, dan sebagainya.

Sehingga, tidak heran jika seseorang berusaha keras untuk dapat mendesain sesuatu. Minimal desain dengan bentuk yang sederhana. Sebab, jika seseorang tak memiliki kemauan dan kemampuan mendesain akan tertindas oleh kebutuhan pasar. Dimana, bentuk visual dalam pemasaran masih memiliki peranan penting.

Saat belajar desain, tidak sedikit dari mereka yang berhasil melakukannya walau dengan belajar sendiri. Belajar sendiri dalam hal ini biasa disebut proses belajar otodidak.

Lalu, sobat ajsa logo, apakah Anda sudah memahami apa itu otodidak?

Otodidak atau autodidak secara Andas Besar Bahasan Indonesia (KBBI) memiliki arti yakni “orang yang mendapat keahlian dengan belajar sendiri”.

Berikut beberapa tips belajar desain otodidak dijamin efektif yang akan jasalogo.id sampaikan, simak sampai akhir, ya!

Amati Sekitar

Kalau Anda memang sudah tertarik dengan desain, Anda pasti peka dengan segala macam baliho, spanduk, logo toko yang Anda lewati saat di jalan. Anda jadi lebih mudah memberikan penilaian tentang warna, bentuk, dan aspek-aspek di dalamnya.

Terdapat desain yang membuat Anda kesal sampai rasanya ingin sekali mendesain ulang baliho atau poster. Atay bahkan, ada desain yang menurut Anda sempurna dan pas sekali dilihat mata.

Betul sekali! Dengan mengamati apa yang ada di sekitar, Anda akan lebih peka. Sekaligus, Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi untuk mengeksplorasi desainmu.

Belajar dari Orang yang Berpengalaman

Meskipun Anda ingin belajar sendiri, jangan malu untuk bertanya beberapa trik ke teman-teman Anda yang sudah pro di bidang desain.

Tidak terbatas dari teman, lho. Anda bisa juga mencari video tutorial di berbagai kanal di YouTube. Video mereka cukup jelas dan lumayan memberikan pengetahuan dan trik baru yang bisa Anda coba sendiri.

Cari Inspirasi Luas

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Anda bisa mendapatkan inspirasi dari banyak hal dan waktu. Anda juga bisa mendapat inspirasi dari berbagai situs di internet yang memungkinkan semua orang berbagi ide dan hasil karyanya.

Beberapa yang cukup bagus terkenal, Pinterest, Tutpad, dan Canva. Di sana Anda dapat menemukan banyak inspirasi contoh desain yang baik, tips dan trik, serta tutorial.

Buat Proyek Independen

Apablia Anda masih pemula, Anda pasti belum bisa dapat banyak proyek desain. Tenang, Anda buat proyek sendiri. Misalnya, Anda pura-pura akan buat toko buku, kira-kira Anda ingin logonya seperti apa.

Lalu, apa warna dominan yang akan Anda gunakan untuk toko Anda. Serta bagaimana Anda ingin mengemas kantong belanja di toko.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan redesign atau desain ulang.

Misalnya sampul album, poster film, atau desain sampul buku yang menurut Anda bisa dibuat lebih menarik dalam versi Anda. Fokuslah di satu proyek sebelum menyelesaikan proyek lainnya ya!

Jangan Takut Dikritik

Memang akan sedikit menyakitkan, ketika kita sudah berusaha membuat suatu desain, tetapi dikritik habis-habisan atau menurut teman Anda atau klien kurang pas. Misalnya, minta ganti warna dan sebagainya.

Sebab desain itu adalah proses yang cukup rumit. Untuk mengganti warna Anda harus mengulang beberapa proses tertentu, misalnya.

Beranikan Tawarkan Hasil Desain

Walaupun Anda masih baru memulai mendesain, jangan pernah sungkan untuk menawarkan jasa desain hasil Anda ke orang terdekat. Misalkan, teman, rekan kerja, dan sebagainya.

Sebagai contoh, jika Anda adalah mahasiswa, maka Anda bisa menawarkan diri untuk menjadi tim kreatif di event kampus.

Sehingga, Anda dapat mempublish hasil desain Anda untuk diperkenalkan ke rekan-rekan Anda.

Jangan ragu untuk memamerkan hasil desain Anda ke media sosial. Ingat, yang terpenting Anda telah mampu mengapresiasi hasil karya Anda sendiri.

Terus Berlatih

Kemampuan desain grafis sebenarnya sama dengan kemampuan bela diri dan yang lainnya. Harus terus diasah agar kita dapat mengembangkannya, mengetahui trik dan cara baru.

KESIMPULAN

Demikian sobat jasalogo.id, informasi pada ulasan kali ini yang berjudul “Otodidak Belajar Desain, Baca Caranya”.

Rekomendasi

Di sisi lain, agar menunjang usaha Anda, kami juga sangat merekomendasikan Anda agar memilih platform jasa logo agar keperluan desain logo usaha Anda.

Dengan harga ramah di kantong dan fasilitas yang lengkap, mulai dari revisi tanpa batas hingga pelayanan 24 jam, jasa logo hadir menjawab keresahan Anda! Contact Us, Now!

Related posts