Menjangkau Konsumen di Pasar yang Baru

Menjangkau Konsumen di Pasar yang Baru
Menjangkau Konsumen di Pasar yang Baru

Menjangkau Konsumen di Pasar yang Baru – Ketika Anda memulai sebuah bisnis, Anda perlu memiliki audiens tertentu dalam pikiran untuk membeli produk atau layanan Anda.

Namun, target pasar awal Anda mungkin bergeser seiring berkembangnya bisnis Anda dan sebenarnya itu tidak masalah.

Read More

Misalnya, banyak merek fesyen wanita sekarang menawarkan pakaian untuk pria, dan kedai makanan sekarang menawarkan pilihan vegan atau bebas gluten.

Anda juga dapat mengembangkan bisnis Anda dan menjangkau konsumen baru di pasar lain dengan strategi pemasaran yang tepat. Dalam artikel kali ini akan Jasalogo.id sampaikan caranya. 

Menjangkau Konsumen di Pasar yang Baru

Lakukan Riset pasar Anda

Sebelum Anda memulai, Anda pasti ingin memahami seluk beluk pasar yang Anda masuki. Ada dua kelompok yang harus Anda fokuskan saat melakukan penelitian: konsumen dan pesaing Anda.

• Konsumen

Konsumen adalah demografis tepat yang Anda layani atau rencanakan untuk dilayani. Dengan kata lain, mereka adalah orang yang ingin Anda bujuk.

Jika Anda tidak mengenal calon pelanggan, Anda tidak akan dapat merekrut atau mempertahankan mereka.

Karena Anda mencari pelanggan baru di pasar yang berbeda, Anda ingin memastikan bahwa Anda telah melakukan penelitian menyeluruh pada audiens target Anda dan pasar sebelum Anda mengembangkan kampanye pemasaran Anda.

Untuk melakukan ini, investasikan waktu untuk benar-benar memahami pasar dan perilaku pembeli yang spesifik untuk pasar atau market itu.

Dari sana, Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran baru yang sangat dipersonalisasi dan disesuaikan dengan kebutuhan audiens baru itu.

Berbekal pengetahuan tentang bagaimana audiens berpikir, merasa, dan berperilaku ketika harus membuat keputusan pembelian, Anda dapat mengembangkan kampanye pemasaran yang disesuaikan yang menarik dan mengubah mereka.

Beberapa dari informasi ini mungkin sudah dapat Anda akses.

Misalnya, jika pasar baru Anda tumpang tindih dengan pasar lama Anda (yang kemungkinan besar akan terjadi), kemungkinan Anda sudah memiliki data tentang konsumen yang akan Anda targetkan sekarang.

• Pesaing

Anda juga ingin belajar tentang persaingan Anda saat menggeser pasar. Bagaimana Anda akan menonjol? Pelajaran apa yang dapat Anda pelajari dari mereka?

Identifikasi pemberi pengaruh teratas di pasar dan baca konten mereka.

Ini tidak hanya akan memberi Anda wawasan tentang bagaimana mendekati influencer tersebut untuk membina hubungan dengan mereka, ini juga akan memberi Anda wawasan tentang perilaku pelanggan di pasar itu.

Anda juga disarnakan untuk mengidentifikasi cara pesaing Anda melibatkan audiens mereka.

Termasuk dalam hal ini adalah bahasa dan nada yang mereka gunakan dalam pesan mereka, saluran pemasaran utama mereka, dan jenis konten yang mereka buat untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.

Lakukan Kolaborasi

Tidak semua bisnis di pasar Anda akan menjadi pesaing langsung Anda. Mungkin beberapa menjual produk atau layanan yang melengkapi milik Anda. Ciptakan cara untuk bekerja dengan merek ini daripada melawannya.

Temukan bisnis lokal yang saling melengkapi dan selaraskan dengan mereka untuk aktivitas pemasaran bersama.

Ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat mendarat dan berkembang dengan memasuki bisnis yang sudah mapan dengan klien pelengkap.

Karena Anda telah menyelesaikan pekerjaan rumah Anda pada target audiens Anda, Anda akan tahu bisnis mana yang melengkapi penawaran Anda.

Banyak perusahaan populer yang sudah ada di pasar adalah “pendukung terbaik Anda di lapangan, karena mereka sudah mengetahui bisnis Anda dan dapat membantu mewakili Anda secara lokal pada hari-hari awal sebelum Anda berinvestasi dalam kehadiran lokal langsung di pasar tertentu.

Jangan takut untuk menjangkau dan membentuk koneksi dengan perusahaan lain. Kemungkinan besar merek-merek itu juga ingin berkolaborasi.

Tingkatkan Permainan Pemasaran Digital Anda

Pemasaran Digital sangat penting dalam dunia bisnis saat ini. Tidak hanya penting bagi bisnis Anda untuk memiliki situs web yang ramah seluler dan kehadiran media sosial yang kuat, penting juga bagi Anda untuk membangun merek.

Selain itu Anda perlu mengembangkan reputasi positif secara online.

Bagian penting dalam mencapai pasar baru adalah beralih ke dunia digital. Promosi dari mulut ke mulut jarang bisa mencukupi untuk pasar baru, karena promotor teratas Anda cenderung berada di pasar yang sudah Anda masuki, bukan di pasar baru.

Namun, pemasaran digital menyediakan versi global dari mulut ke mulut melalui iklan.

Ulasan, testimonial, dan cerita online dapat menunjukkan kepada pelanggan baru segala hal yang perlu mereka ketahui tentang merek Anda sebelum mereka memutuskan untuk mencobanya sendiri.

Saat bercabang ke pasar baru dan konsumen baru, sebelum Anda mulai memasarkan barang dan jasa, Anda harus memperkenalkan diri dan merek Anda dengan benar.

Menemukan pelanggan baru adalah tentang menjadi bagian dari komunitasnya. Muncul tiba-tiba untuk meyakinkan seseorang bahwa mereka membutuhkan produk atau layanan Anda itu mahal dan sebagian besar tidak membuahkan hasil.

Menjangkau Konsumen di Pasar yang Baru

Mengetahui target pasar sangat penting, baik bagi Anda yang baru saja memulai bisnis, maupun bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan produk.

Target pasar akan membantu kita untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli, dan memasarkan produk sesuai dengan kebiasaan mereka.

Untuk mengetahui target pasar, Anda harus terlebih dahulu menentukan segmentasinya, baik dari sisi geografi, demografi, maupun ekonomi. Dengan menggunakan data yang tepat, Anda akan memiliki target pasar yang jelas.

Keberhasilan menentukan target pasar dengan benar akan bisa membantu bisnis Anda berkembang dengan baik. Selamat mencoba! Menjangkau Konsumen di Pasar yang Baru.

Baca [Segmentasi Pasar yang Menarik Untuk Pebisnis]

Team desain jasalogo.id sudah paham betul mengenai psikologi warna dalam membaut desain logo yang unik, menarik sesuai dengan visi misi usaha Anda.

Jadi, pastikan anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan anda

  • Whatsapp

Related posts