Macam-Macam Istilah Desain, Ternyata Ini Dia

Macam-Macam Istilah Desain, Ini Ternyata
Macam-Macam Istilah Desain, Ini Ternyata

Macam-macam istilah dalam desain – ada banyak, lho. Apa saja istilah desain yang Anda ketahui? Silakan tinggalkan komentar Anda!

Seperti kita tahu bersama, menjadi seorang desainer grafis harus faham istilah-istilah di dalamnya. Istilahnya pun sangat banyak. 

Read More

Jika Anda sedang mencari informasi tersebut, Anda beruntung! Sebab, pada artikel ini akan dibahas istilah-istilah dalam desain. Sudah penasaran?

Macam-Macam Istilah Desain, Ternyata Ini Dia

Mari kita simak istilah dalam desain yang berhasil dihimpun oleh jasalogo.id! Informasinya sebagai berikut:

Font

Font yaitu sekumpulan huruf, angka, symbol, atau karakter. Jenis tersebut memiliki ukuran dan style tertentu. Font merupakan unsur penting dalam desain. 

Dimana, desain nyaris gagal tanpa adanya font. Contoh font ialah roboto thin, roboto light, roboto regular, dan lain sebagainya.

Typeface

Typerface ialah keluarga dari font yang terdiri dari beberapa font. Simpelnya, kumpulan dari font itu ada di typerface. Ada banyak macam dari typerface. Antara lain lucida, mont, gitroy, poppins, roboto, dan sebagainya.

Leading

Leading dalam istilah desain artinya jarak antar baris teks. Anda perlu memahami leading agar desainmu menjadi rapi.

Tracking

Tracking merupakan jumlah spasi antara semua huruf dalam sebuah kata. Artinya susunan dalam 1 (satu) kata itu memiliki jarak yang sama. Sebagai contoh jika Anda ingin menulis  LOGO. Maka, hasilnya missal “ L O G O “.

Kerning

Hampir sama dengan tracking. Kerning adalah jumlah spasi diantara dua huruf dalam sebuah kata. Bedanya dengan tracking, kalau kerning antar dua huruf saja. Sebagai contoh tulisan LOGO. Maka, dapat kita tulis dengan “L   OGO”.

White Space

Istilah selanjutnya adalah white space. White space artinya ruang kosong berwarna putih. Ruang kosong ini menjadi jarak unsur-unsur di dalam layout sebuah desain.

Fungsi white space ialah membuat desain menjadi lebih rapi. Selain itu, dengan white space juga akan membuat kesan tidak sesak, lho. Kalau bahasa jawanya, longgar “ndak njubel”.

Negative Space

Setelah white space, macam-macam istilah desain selanjutnya ialah negative space. Negative space merupakan penggunaan ruang yang disengaja agar terbentuk sebuah arti. Arti tersebut menjelaskan representasi dalam suatu bentuk tersendiri.

Tone

Istilah berikutnya yakni tone. Tone merupakan sebuah warna yang telah dimodifikasi dengan menambahkan warna gelap. Misal Anda memiliki warna putih. 

Warna putih itu Anda tambahkan warna hijau tua. Maka hasilnya, Anda akan mendapatkan warna hijau muda. Sederhananya, dalam istilah tone adalah menambahkan warna gelap pada dasar terang.

Tine  

Macam-macam istillah desain yang terakhir ala jasalogo.id adalah tine. Ucapan tine sering digunakan desainer untuk menyatakan suatu hal. Tine sendiri merupakan suatu warna yang telah dimodifikasi dengan menambah warna putih. 

Yang mana, hasilnya akan menjadikan warna lebih muda. Contoh, Anda memiliki warna hijau tua. Hijau tua itu anda tambah dengan warna putih. 

Maka, perpaduan keduanya, akan membentuk hijau muda. Begitupun dengan warna lain. Intinya, kalau misal Anda memiliki warna desain gelap dan Anda tambah putih, maka itu ialah istilah tine.

Kesimpulan

Oleh karena itu, dalam dunia desain Anda perlu tahu macam-macam istilahnya. Jangan sampai salah sebut, ya! Jika Anda memiliki gagasan lain atau ingin menambahkan, silakan ketik di kolom komentar.

Anda juga bisa mengikuti instagram kami di jasalogo.id. Selain itu, untuk mengetahui promo apa saja dari jasalogo.id, Anda bisa menghubungi admin. Salam sukses dan sehat selalu!

  • Whatsapp

Related posts