Lakukan Hal Berikut Supaya Laptop Anda Awet

Lakukan Hal Berikut Supaya Laptop Anda Awet
Lakukan Hal Berikut Supaya Laptop Anda Awet

Lakukan Hal Berikut Supaya Laptop Anda Awet – Halo sobat jasalogo.id, kalau kita bersama berbicara nih dengan laptop, tentu saat ini sudah bukan menjadi barang mahal lag bukan? 

Sebab, keberadaan laptop kini banyak tersedia di pasaran. Mulai yang harga murah sampai harga kelas mewah. 

Read More

Sangat banyak yang sudah memiliki laptop baik hanya digunakan untuk gaya hidup, keperluan bisnis, maupun sebagai alat penunjang kebutuhan sekolah untuk siswa atau mahasiswa.

Namun, sebagian banyak orang tidak mengerti bagaimana cara supaya laptop awet, yakni merawatnya dengan baik dan benar. Atau justru mereka sangat jarang memperhatikan kondisi laptop. 

Padahal, daya tahan laptop berbeda jauh dengan PC yang cenderung kuat dan tahan lama.

Bayangkan, apa jadinya jika laptop Anda mendadak rusak sedangkan masih banyak deadline bisnis yang harus Anda selesaikan.
 
Bisa jadi kerusakan itu ‘murni’ karena kesalahan Anda sendiri. Untuk mengantisipasi hal itu, sudah selayaknya laptop Anda mendapat perawatan yang baik. Merawat laptop sebenarnya mudah, asal Anda tahu caranya.
 
Untuk mengatasi hal yang tidak Anda inginkan tersebut, berikut Jasalogo.id rangkum cara yang mudah dan tidak ribet untuk merawat laptop!

Lakukan Hal Berikut Supaya Laptop Anda Awet

Rutinlah Untuk Membersihkan Junk File

Supaya laptop Anda awet serta tidak lemot rutin-rutinlah untuk membersihkan Junk File. Junk File atau file sampah juga menjadi file yang kerap mengganggu performa laptop adan seringkali membuat laptop jadi lemot.

Penyebab adanya Junk File atau file sampah tersebut karena adanya program-program yang Anda jalankan pada laptop, sehingga meninggalkan bekas atau biasa disebut Junk File.

Semakin banyaknya Junk File, dan semakin lama Anda tidak membersihkannya, maka akan menambah beban sistem dan membuat laptop menjadi lemot.

Untuk membersihkannya, Anda perlu masuk ke Run > ketik %temp% > hapus file-file yang ada disana.

Selain itu, ada cara praktis dan cepat lainnya, yakni Anda bisa menggunakan bantuan software bernama Ccleaner atau software lainnya yang Anda sukai.

Serta Anda tentunya bisa menjadwal kapan harus membersihkan Junk File, bisa seminggu sekali atau sebulan sekali.

Jasalogo.id 

Selalu Perhatikan Suhu Laptop Saat Digunakan Dengan Tempo Tinggi

Meski hanya digunakan untuk mengerjakan tugas, suhu laptop bila digunakan untuk waktu yang lama tentu akan semakin naik.

Tentu ada beberapa faktor pemicu, salah satunya suhu ruangan, selalu perhatikan suhu laptop karena dapat berimbas ke hardware laptop itu sendiri.

Selain itu, Supaya Laptop Anda Awet suhu laptop yang tidak terjaga dapat memengaruhi komponen elektronik lain seperti RAM, harddisk, dan motherboard pada laptop Anda.

Kamu bisa menggunakan software semacam HWInfo untuk memantau suhu laptopmu dengan mudah.

Hindari Penggunaan Laptop di Atas Kasur

Menggunakan laptop di atas kasur atau tempat yang tidak rata dapat menghalangi sirkulasi udara. Ventilasi udara yang tertutup mengakibatkan panas laptop tidak terbuang dengan sempurna.

Hal inilah yang menyebabkan Suhu laptop akan jauh lebih cepat panas, yaitu akibat dari pembuangan udara terhalang oleh kasur.

Saat komponen mengalami overheat (panas berlebih), maka laptop bisa mati sendiri. Jika terus menerus seperti itu, bisa dipastikan laptop Anda akan rusak dalam waktu yang cepat.
 
Taruh laptop di atas permukaan yang rata agar sirkulasi udara bisa berjalan lancar.
 

Rawat Batrai Laptop, Jangan Sampai Mati Dengan Batrai Kosong.

Baterai pada laptop juga merupakan salah satu komponen penting yang mudah rusak. Karena kalau sampai rusak, mau tidak mau kamu harus memakai laptop dengan aliran listrik, sehingga laptop menjadi kurang portable.

Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan menggunakan laptop hingga baterainya sampai habis ya!

Rajinlah Membersihkan LCD dan Keyboard

Biasanya, pada layar laptop akan terdapat jamur yang mengganggu. Untuk mengatasinya, Kalian bisa menggunakan cairan pembersih layar yang banyak dijual di pasaran. Jangan lupa juga gunakan kain lembut ketika membersihkannya.

Dan supaya laptop awet, bersihkanlah layar LCD dengan rutin, jangan nunggu jamur keluar baru dibersihkan yaa.

Selain LCD, Keyboard laptop juga menjadi bagian yang seringkali dihinggapi debu. Banyaknya debu yang menempel di sela-sela keyboard atau dibagian bawah keyboard membuat responsifitas keyboard akan terganggu.

Anda bisa mengandalkan kuas kecil yang lembut, blower, dan juga vacuum cleaner untuk membersihkan debu yang ada di sela-sela keyboard.

 Atau, kalau Anda cukup mahir dan berani, Anda bisa membongkar keyboard untuk membersihkan debu yang ada di tempat yang sulit dijangkau.

Nah, itulah beberapa cara mudah merawat laptop supaya laptop Anda awet dan tidak cepat rusak. Selama dirawat dan digunakan sewajarnya, laptop kamu tidak akan cepat mengalami kerusakan.

Team desain jasalogo.id siap membuatkan logo produk dan bisnis Anda dengan profesional dan hasil maksimal.

Pastikan Anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan Anda.

  • Whatsapp

Related posts