Kelebihan Dan Kekurangan RGB Dan CMYK

Kelebihan Dan Kekurangan RGB Dan CMYK
Perbedaan Warna RGB & CMYK

Sebelum mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan RGB Dan CMYK, alangkah baiknya anda mengetahui arti format warna RGB dan CMYK?

Kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah menganggap bahwa CMYK sama dengan RGB. Padahal kedua mode warna tersebut merupakan dua hal yang berbeda.

Read More

Selain mempunyai pengertian yang tidak sama, keduanya juga digunakan untuk tujuan yang berbeda pula.

Perbedaan CMYK dan RGB terletak pada fungsi serta mode warna yang digunakan.

CMYK banyak dimanfaatkan untuk dunia percetakan serta desain grafis. Hal ini dikarenakan mode CMYK sesuai dengan perangkat mesin cetak.

Ketika suatu karya desain dibuat dengan format RGB, maka karya tersebut harus dikonversi menjadi CMYK. Apakah kamu tahu sebabnya?

Hal ini dikarenakan mode RGB cenderung menghasilkan warna yang berantakan, apalagi jika desainer tidak mengetahui perbedaan antara CMYK dan RGB.

Alhasil, cetakan yang dihasilkan mempunyai warna yang berbeda karena mesin cetak menggunakan mode CMYK. Ketahui pula cara merubah format warna dari RGB ke CMYK. Rubahlah ke Format warna CMYK untuk hasil yang maximal.

Kelebihan Dan Kekurangan RGB Dan CMYK

kelebihan dalam menggunakan format warna CMYK

Ekonomis

Tinta CMYK disebut lebih ekonomis dan tahan lama. Sebab, beberapa warna dasar dapat dihasikan dari pencampuran beberapa warna dalam foemat warna CMYK tanpa harus kehilangan warna utama dalam jumlah esar. Hal ini jelas mempengaruhi konsumsi tinta yang lebih hemat bagi usaha anda.

Mampu Menciptakan Warna Sekunder

CMYK mampu mencipkana warna sekunder, sebabm saat ketiga warna tersebut digabungkan, maka akan terbentuk beberapa warna dasar yang sering dibutuhkan yakni merah, hijau dan biru.

warna yang lebih jernih apabila pencetakan dilakukan pada kertas berwarna biru atau putih.

Namun jika kamu memakai kertas dengan warna putih krem, maka warna yang dihasilkan cenderung lebih lembut.

Kualitas Hasil Cetak Yang Lebih Memuaskan

Semua warna dimulai dari “kertas” putih, kemudian warna berbeda ditambahkan untuk menyerap cahaya yang dipantulkan.

Oleh karena itu, biasanya warna yang dihasilkan sedikit kusam, hitam kecoklatan, oleh karena itu penambahan warna hitam dilakukan pada proses pencetakan.

Hal ini juga memudahkan dalam pencetakan teks warna hitam karena tidak diperlukan 3 warna terpisah.

Warna CMYK memiliki kualitas yang bagus untuk digunakan dalam proses pencetakan

Kekurangan CMYK

Proses perctakan dengan format warna CMYK memerlukan alat yang harus lebih canggih mehingga menyebabkan timbulnya biaya yang tidak sedikit.

Hal ini menjadi satu kelemahan tersendiri dibalik kualitas warna yang dihasilkan lebih bagus.

Sering pula terjadi ketidak akuratan warna setelah mengalami proses catak, hal ini biasa terjadi akibat ketidak sinkronnan device pada layar monitor dengan printer.

Kelebihan dalam menggunakan format RGB

  • Akurasi tinggi
  • RGB merupakan pilihan terbaik untuk berbagai perangkat seperti monitor, LCD, layar ponsel, dan lain sebagainya.
  • Warna RGB yang lebih jelas dan terang jika dibandingkan CMYK saat berada di LCD monitor.
  • Kemudahan untuk dikonversi menjadi CMYK. Kamu tetap bisa menggunakan mode RGB ketika melakukan desain dan kemudian mengubah menjadi CMYK ketika sudah naik cetak.
  • Meskipun demikian, kamu perlu memperhatikan kesesuaian warna antara RGB dan CMYK supaya hasil cetakan tidak terlalu jauh berbeda.
  • Meningkatkan kualitas cetakan foto. Sebab, banyak aplikasi foto yang menggunakan mode warna RGB sebagai warna andalan untuk meningkatkan kualitas warna didalamnya.

Kekurangan RGB

Meski dapat diperoleh banyak mode warna pada format RGB. Namun RGB disebut bahwa hasil percetakannya tidak dapat tercetak dengan sempurna dan sesuai dengan LCD Monitor.

Hal ini disebabkan karena pada umumnya banyak printer yang masih menggunakan mode warna CMYK.

Selain itu, meskipun bisa diconvert ke format warna CMYK namun hal tersebut akan mengurangi dan menurunkan presisi warnanya.

So, seperti itulah kelebihan dan kekurangan RGB dan CMYK. Masing-masing memiliki kelebihan disatu sisi dan pastilah memiliki kekurangan disisi lainnya, ketahui pula arti RGB dan CMYK untuk para desainer. Demikiran jasalogi.id tampilkan, semoga bermanfaat.

  • Whatsapp

Related posts