Jualan, Apakah Harus di Semua Medsos?

Jualan, Apakah Harus di Semua Medsos?
Jualan, Apakah Harus di Semua Medsos?

Jualan, Apakah Harus di Semua Medsos? – Memiliki bisnis atau jasa, rupanya perlu tenaga dan fikiran ekstra. Anda harus mengorbankan banyak hal. Termasuk waktu, tenaga, fikiran, dan sebagianya. 

Memikirkan banyak hal nampaknya juga membuang-buang tenaga. Contoh, jika Anda menggunakan semua platform media sosial dan Anda tidak memiliki waktu banyak, itu akan membuat Anda terbebani dan tidak fokus.

Read More

Pertanyaannya ialah, untuk jualan, apakah harus di semua medsos? Mulai dari FaceBook, InstaGram, Twitter, Line, Telegram, dan platform lainnya?

Jawaabannya tentu tidak! Anda cukup memaksimalkan untuk memilih platform terbaik sesuai dengan target Anda.

Pada laman ini, Anda akan mengetahui beberapa hal mengapa jualan tidak harus menggunakan semua media sosial. Berikut ulasan jasalogo.id untuk Anda.

Jualan, Apakah Harus di Semua Medsos?

Tentukan Target

Masing-masing platform media sosial populer yang ada saat ini, tentunya memiliki demografisnya tersendiri. Jadi, pilihlah dengan bijak.

Inilah rincian (mayoritas) audiens media sosial yang popular saat ini berdasarkan target audiens.

  • Untuk target audiens remaja, Anda dapat memilih media sosial seperti Vine, Snapchat, YouTube, Tumblr, dan Instagram.
  • Jika Anda memiliki target audiens kaum professional, dan para pebisnis maka jaringan profesional yang Anda miliki di LinkedIn akan sangat membantu bagi perkembangan bisnis.
  • Jika Anda memiliki target audiens orang-orang yang tinggal di luar kota besar, mungkin Facebook akan menjadi sarana yang efektif.
  • Influencer dan blogger tertarik pada Instagram dan Blog.

Sesuaikan Platform dengan Jenis Bisnis

Hal yang perlu Anda lakukan bukan hanya sekedar mengelompokkan target audiens guna pemasaran media sosial saja.

Akan tetapi, Anda juga perlu memilih platform yang sesuai dengan jenis konten atau layanan yang ingin Anda tawarkan.

Cobalah untuk berkomitmen pada satu atau dua pilihan media sosial yang sesuai dengan profil bisnis Anda.

Jika Anda bisa bereksperimen dengan platform lain, silakan saja. Tapi pastikan akun yang Anda miliki sudah berjalan dengan baik, dengan melakukan regular update.

Buat Strategi Konten

Ketika Anda sudah menentukan media sosial mana yang akan digunakan, maka sekarang adalah saatnya Anda untuk menentukan strategi media sosial yang telah Anda pilih.

Anda harus memikirkan apakah tujuan dari media sosial yang digunakan. Biasanya akan ada 2 tujuan utama dalam pembentukan strategi media sosial, yaitu:

A. Menciptakan Kesadaran Merk Bisnis

Dalam mencapai target dalam tahapan ini, maka biasanya konten yang di bagikan akan berisikan informasi-informasi mendasar tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

B. Ajak Audiens Beli dan Pakai Produk Bisnis

Dalam tahap ini, biasanya konten yang dibagikan akan mencakup konten promosi. Misalnya diskon, kelebihan produk, dan beberapa hal yang dapat mengajak audiens untuk melakukan pembelian.

Itulah hal yang perlu dipahami saat memilih platform. Lebih baik Anda tidak memakai banyak platform jika tidak bisa fokus. Yang terpenting, walau platform Anda sedikit, namun jelas sasarannya. 

Selain itu, yang menjadi penting yakni platform Anda harus memiliki kontinuitas dalam menghadirkan informasi seputar bisnis atau jasa yang Anda geluti.

Hubungi jasalogo.id untuk mendapatkan informasi mendalam terkait dengan jasa logo atau pelajari mendalam platform jasalogo.id untuk informasi menarik lainnya.

  • Whatsapp

Related posts