Cara Mengelola Financial Pribadi dengan Baik

Mengelola Financial Pribadi Dengan Baik
Jasalogo.id
Rate this post

Setiap hari, kita selalu dihadapkan dengan pengeluaran kebutuhan. Mulai dari tagihan listrik, PDAM, hingga hiburan belanja online di e-commerce favorit.. Simak Penjelasan berikut, Mengelola Financial Pribadi Dengan Baik.

Dana yang kita alokasikan untuk masing-masing hal tersebut bisa diatur lebih baik dengan memahami cara Mengelola Financial Pribadi dengan baik dan benar.

Read More

Apakah Anda sering merasa uang yang Anda miliki tidak pernah cukup untuk memenuhi segala kebutuhan?.

Padahal baru saja gajian atau dapat kiriman dari orang tua, tetapi belum juga akhir bulan uang yang Anda miliki sudah habis. Hilang entah kemana larinya.

Hal ini membuat Anda semakin pusing hingga menjadi tidak bersemangat menjalani hari-hari, lalu pada akhirnya Anda menjadi tidak produktif, merasa kebutuhan serta biaya hidup semakin berat saja untuk dijalani.

Masalah finansial terkadang sampai membuat kita stres hingga frustasi jika kita tidak dapat mengatur keuangan dan menata pendapatan serta pengurangan dengan baik.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk belajar mengatur keuangan sehingga hasilnya nanti dapat kita nikmati.

Untuk melakukannya mari mulai dengan cara yang sederhana sebelum ke tahap yang lebih sulit. Berikut Jasalogo.id jabarkan cara Mengelola financial probadi dengan baik :

Cara Mengelola Financial Pribadi dengan Baik

Miliki Catatan Keuangan Untuk Evaluasi Pengeluaran dan Pendapatan

Fungsi dari catatan keuangan pribadi adalah untuk melacak kemana saja kita mengeluarkan dana dari hasil penghasilan yang kita dapatkan.

Selain itu kita bisa mengetahui pengeluaran apa saja yang bisa kita kurangi (jika itu tidak terlalu perlu) yang hanya membuat nominal pengeluaran bertambah.

Mencatat keuangan pribadi juga dapat berguna dalam merancang tujuan keuangan, kita dapat mengetahui kekuatan keuangan kita untuk mencapai tujuan keuangan kita pada rentang waktu tertentu.

Memiliki Catatan keuangan pribadi adalah sebuah langkah paling dasar yang harus kita lakukan.

Jika langkah awal ini tidak kita lakukan dengan baik bahkan dengan konsisten, maka keuangan pribadi akan tetap berantakan dan tidak tertata dengan baik. – Mengelola Financial Pribadi

Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Sebelum benar-benar menyusun cara mengatur keuangan bulanan yang tepat bagi diri Anda, pahami dulu mana hal-hal yang menjadi kebutuhan atau keinginan.

– Kebutuhan pokok adalah segala barang atau layanan yang utama untuk dipenuhi. Beberapa contohnya adalah konsumsi dan pendidikan.

– Keinginan adalah produk atau layanan yang sifatnya tambahan dan hanya dipenuhi untuk kesenangan pribadi saja. Contohnya adalah belanja untuk gaya hidup dan hobi.

Dengan membedakan keduanya, cara mengatur keuangan selanjutnya akan lebih mudah dilakukan karena Anda tahu mana yang menjadi bentuk dari kewajiban dan sekedar memuaskan diri sendiri.
 

Siapkan Selalu Dana Darurat dari Tabungan Investasi Financial

Dana darurat adalah dana yang sifatnya amat sangat penting untuk mengantisipasi keadaan darurat dan mendesak, adanya dana darurat yang cukup tidak akan mempengaruhi kondisi keuangan kita.

Dalam hidup tentu akan banyak kejadian atau musibah di luar dugaan yang mungkin saja terjadi dan tidak dapat kita prediksi, sehingga kita harus memiliki dana darurat. Dana darurat bisa kita dapatkan dari dana yang kita kumpulkan di tabungan investasi.

Baca Juga – [mental pengusaha sukses]

So, Mari bijak dalam mengelola dana yang kita miliki. dan jika kita pahami seksama sebenarnya tidaklah sulit mengelola dengan sederhana financial pribadi.

Team desain jasalogo.id  profesional dalam membuat desain logo yang unik, menarik sesuai dengan visi misi usaha Anda, jadi pastikan anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan anda

  • Whatsapp

Related posts