Cara Supaya Laptop Tidak Lemot

Cara Supaya Laptop Tidak Lemot
Jasalogo.id ready 24 hours
5/5 – (1 vote)

Laptop merupakan sebuah perangkat yang membutuhkan perawatan secara berkala agar bisa digunakan secara maksimal. Tidak selamanya laptop bisa berfungsi dengan baik, oleh karena itulah Anda perlu mempelajari cara mengatasi laptop lemot.

Pada umumnya, saat laptop lemot maka akan melakukan refresh dengan cara klik kanan di layar di desktop, lalu memilih fitur Refresh. Namun, tahukah kamu ada beberapa cara agar laptop tidak nge-lag selain refresh?

Read More

Tidak jarang orang ketika mengalami laptop lemot , mereka terburu-buru langsung membawanya ke tukang service atau bahkan langsung menjualnya dan membeli laptop baru , padahal ada cara yang mudah untuk mengatasi permasalahan ini, simak Jasalogo.id akan jelaskan Cara Supaya Laptop Tidak Lemot

Baca Juga – Lakukan Hal Berikut Supaya Laptop Anda Awet

Cara Supaya Laptop Tidak Lemot

Uninstall Aplikasi Yang Sudah Tidak Digunakan

Kalau kamu memiliki banyak aplikasi di laptop, mulailah untuk mengurangi aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Banyaknya aplikasi pada laptop akan membuat kapasitas penyimpanan di Drive C akan penuh dan membuat sistem akan menjadi lama membaca harddisk.

Mulailah untuk menyeleksi aplikasi mana saja yang jarang dipakai. Setelah itu Anda bisa melakukan uninstall terhadap aplikasi-aplikasi tersebut untuk mengurangi lemot.

Anda dapat menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan, karena aplikasi yang menganggur akan memenuhi laptop dan membuat kinerja laptop menurun.

Bersihkan Cache Secara Berkala Supaya Laptop Tidak Lemot

Cache atau temporary files di dalam sebuah laptop harus dibersihkan secara berkala untuk membuat laptop menjadi lebih lancar.

Bukalah File Manager, lalu klik kanan pada gambar di Harddisk Anda (seperti Drive C atau D).  Klik Properties lalu arahkan kursor pada tab General dan pencetlah tombol Disk Cleanup untuk membersihkan cache dan temporary files yang menumpuk. 

Kurangi Program Otomatis Saat Startup

Program startup adalah program-program yang akan secara otomatis berjalan ketika laptop dinyalakan , untuk menonaktifkan program-program yang berjalan pada startup laptop kalian , bisa melalui Task Manager , atau melalui run > ketik msconfig lalu pilih tab startup. 

Matikanlah beberapa program yang berjalan saat startup untuk menghindari laptop menjadi lemot. Bukalah Task Manager dan pilih tab startup, lalu periksa di dalamnya apakah terdapat program yang membebani proses startup.

Dengan meninaktifkan program pada startup , laptop atau komputer kalian akan terasa lebih cepat terutama ketika akan dinyalakan.

Hindari Mengisi Media Penyimpanan Terlalu Penuh

Apapun bentuk dari media penyimpanan, apabila Anda mengisinya terlalu penuh maka otomatis media penyimpanan tersebut akan membuat laptop menjadi lemot.

Usahakan hanya untuk mengisi media penyimpanan sebatas maksimal 90% dari kapasitas yang tersedia untuk memastikan kinerjanya tetap terjaga dengan baik serta Supaya Laptop Tidak Lemot.

Baca Juga – Lakukan Hal Berikut Supaya Laptop Anda Awet

Rawatlah laptop dengan baik supaya laptop tersebut bisa memiliki usia pakai yang lama. Laptop yang tidak terawat akan lebih mudah untuk rusak dan membuat Anda pusing di kemudian hari.

 

Team desain jasalogo.id sedia membuat desain logo yang unik, menarik sesuai dengan visi misi usaha Anda, jadi pastikan anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan anda

  • Whatsapp

Related posts