TRIK USAHA KOPI, SIAP JADI JUTAWAN!

TRIK USAHA KOPI, SIAP JADI JUTAWAN! – Mengonsumsi kopi memang nikmat, apalagi untuk menemani giat kerja Anda, sobat!

Nah, tren ngopi hari-hati ini terus mengalami peningkatan, terutama di kalangan anak muda, nih!

Benar! Hal tersebut yang membuat banyak pengusaha muda mulai memanfaatkan momen ini dengan membuka bisnis yang berkaitan dengan kopi, salah satunya bisnis budidaya tanaman kopi.

Nah buat Anda yang tergiur dengan legitnya keuntungan bisnis budidaya tanaman kopi, dan berminat untuk menjalankan bisnis tersebut, sebaiknya baca dulu beberapa trik berikut ini.

PILIH VARIETASNYA, SOBAT!

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah, mengetahui jenis dan varietas kopi yang akan dibudidayakan.

Di Indonesia sendiri ada 4 varietas kopi yang biasa dibudidayakan, yakni robusta, arabika, ekselsa, dan liberika. Tentu saja setiap varietas kopi memiliki karakter berbeda.

Jika lahan yang Anda siapkan berada di ketinggian 800 mdpl, sebaiknya tanam kopi arabika, sementara untuk lahan yang berada di ketinggian 400-800 mdpl.

Jadi, sobat jasa logo, sebaiknya Anda menanam kopi robusta. Dimana, Anda bisa mendapatkan bibit kopi secara online atau di toko bibit tanaman di wilayahmu.

LAHAN JADI KUNCI UTAMA, JADI PERSIAPKAN!

Kunci utama bisnis budidaya tanaman kopi adalah memperhatikan lahan dengan baik. Selain faktor ketinggian, Anda harus tahu kondisi tanah yang disukai tanaman kopi.

Secara umum, tanaman kopi sangat suka hidup di daerah dengan kondisi tanah yang gembur, dan kaya akan bahan organik.

Jika kondisi tanah masih belum memungkinkan, Anda bisa mempersiapkan lahan dengan cara membersihkan lahan, gemburkan tanah dengan cara mencangkul kemudian tebar pupuk organik.

Jangan lupa, pastikan di area lahan ada tanaman peneduh atau bisa juga memasang jaring paranet.

PROSES MENANAM BIBIT, HATI-HATI!

Setelah lahan dan bibit siap, kini Anda sampai di fase yang sangat krusial, yakni proses penanaman bibit. Untuk mendapatkan tanaman kopi berkualitas, pertama siapkan dulu lubang tanaman berukuran 60 cm, kemudian tunggu selama 3-6 bulan.

Dalam proses ini, bibit kopi masih belum ditanam. Setelah 2 bulan dalam masa tunggu, campurkan 200 gram kapur, 200 gram belerang, kemudian masukkan ke dalam lubang tersebut.

Tunggu selama satu bulan, kemudian tambahkan 20 kg pupuk kompos. Dan, setelah melewati proses ini, Anda bisa memulai menanam bibit kopi.

PERIKSA DAN LAKUKAN PENYULAMAN JIKA ADA YANG TAK TUMBUH!

Setelah bibit ditanam, Anda harus merawatnya dengan baik. Seminggu sekali, lakukan pemeriksaan,. Proses ini berlangsung selama 1-6 bulan.

Jika menemukan pohon kopi yang mati, Anda bisa langsung melakukan penyulaman. Setelah tanaman kopi berusia 2 tahun, tebar kembali pupuk organik.

Perlu Anda ketahui, untuk menghindari hama, Anda perlu melakukan penyemprotan secara rutin. Selain itu, kunci utama bisnis budidaya tanaman kopi lainnya yang wajib diperhatikan adalah, berikan pupuk organik yang mengandung cacing tanah.

Dimana, cacing tanah merupakan predator bagi nematode atau hama yang banyak menyerang akar kopi.

USAI PANEN, TETAP PERHATIKAN!

Jika perawatan yang dilakukan sudah maksimal, biasanya kopi robusta akan mulai berbuah di usia 2,5- 3 tahun, sementara arabika baru akan bisa dipanen di usia 3-4 tahun.

Selain itu, pastikan buah kopi yang sudah matang tidak rontok ke tanah, dan dipetik kopi cara dicabut secara vertikal.

Jika masih ada buah kopi yang warnanya masih belum merah sempurna, sebaiknya tinggalkan dulu untuk dipetik di kemudian hari.

Yang paling penting, pastikan selalu memperhatikan teknik memetik buah kopi tersebut. Jika dilakukan dengan baik, batangnya bisa menghasilkan kopi lagi.

Bisnis budidaya tanaman kopi memang harus memiliki kesabaran tinggi. Namun jika sudah melewati panen pertama dengan baik, biasanya hasilnya akan lebih maksimal saat panen kedua dan seterusnya.

KESIMPULAN

Demikian sobat jasalogo.id, informasi pada ulasan kali ini tentang “trik usaha kopi, siap jadi jutawan!”

Di sisi lain, untuk menunjang bisnis Anda, kami juga sangat merekomendasikan Anda untuk memilih platform jasa logo untuk keperluan desain logo usaha Anda.

Dengan harga ramah di kantong dan fasilitas yang lengkap, mulai dari revisi tanpa batas hingga pelayanan 24 jam, jasa logo hadir menjawab keresahan Anda! Contact Us, Now!