TIPS NENTUIN HARGA DESAIN ANDA

TIPS NENTUIN HARGA DESAIN ANDA – Halo sobat jasa logo, mungkin ini yang sering terngiang dipikiran desainer grafis, disaat pertama mendapatkan penawaran dari seorang client atau customer yang pertama kali menawarkan job desain yang banyak.

Penentuan harga desain sangat penting, dan Anda tidak boleh asal-asalan mematok harga. Walaupun sebenarnya setiap desainer memiliki hak masing-masing dalam menentukan harga desain.

Biaya Desain Per Jam

Konon biaya desain ini terbukti efektif dan menguntungkan bahkan salah satu metode yang paling adil dalam dunia desain.

Biaya perjam alias Hourly Rate juga merupakan hal yang wajar ditemui di situs-situs freelance luar negeri. Mengapa, karena dianggap lebih efektif dan efisien dari pada flat rate.

Jika pengerjaannya lebih lama otomatis biaya yang dihasilkan lebih mahal dan sebaliknya. Biaya per-jam juga bisa berubah seiring lamanya pengalaman dan profesionalisme desainer.

Biaya Desain Flat

Desain biaya flat berarti Anda perlu menentukan harga desain sekali, dalam istilah pertukangan disebut juga borongan. Sebagian besar dikalkulasi berdasarkan tingkat kesulitan desain.

Semakin sulit dan kompleks suatu desain, maka biayanya lebih mahal. Biaya desain flat masih banyak digunakan terutama di percetakan-percetakan Indonesia, nih sobat!

Karena lebih mudah dan dianggap realistis dan masuk akal. Biasanya ditentukan oleh desainer itu sendiri.

Skill

Hal paling dasar yang perlu Anda jabarkan sebelum menentukan berapa harga desain logo adalah menjabarkan spesialis dan skill Anda secara mendalam.

Anda harus bisa mengetahui terlebih dahulu kemampuan Anda dalam menguasai software Photoshop ada di level pemula, menengah, atau mahir.

Selain menjadi desainer grafis, apakah Anda juga bisa melakukan hal lainnya seperti memotret, design website, video editing.

Sebab, nantinya hal-hal tersebut akan menjadi nilai plus dari Anda. Jika Anda sudah mengetahui kemampuan Anda sejauh mana, maka Anda akan lebih mudah dalam menentukan harga jasa desain yang Anda buat.

TARGET AUDIENSI

Kalau di dunia maya, target audience yang paling sering “eksis” di mana? Apakah di Facebook? Twitter? Instagram? Anda bisa menjual desain Anda di berbagai media sosial mana saja.

Jika Anda memilih menjual desain secara offline, jangan lupakan pula the power of name card.

Jika Anda sedang mendatangi workshop, gathering, pameran kesenian, dan lain-lain pastikan bahwa Anda tidak lupa membawa kartu nama.

Desain lah kartu nama Anda seunik mungkin agar calon klien pun tertarik untuk menghubungi Anda dan memakai jasamu.

PORTOFOLIO

Jika Anda pernah mengerjakan banyak project, sobat, apalagi project besar, nih! Maka, desain Anda bisa auto naik, sobat!

Selain itu, client Anda seharusnya juga bakal menilai lebih, jika Anda memiliki portofolio yang bagus.

BY RESEARCH

Lihat milik competitor, sobat!

Nah, dalam hal ini, masihkah Anda belum memiliki gambaran average fee nya berapa untuk target audience? Maka pilihan selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah research!

Biasanya di beberapa website kompetitor sudah mencantumkan harga desain mereka. Jadi Anda bisa menjadikan informasi tersebut sebagai gambaran untuk Anda menentukan harga desain yang Anda buat.

KESIMPULAN

Demikian sobat jasalogo.id, informasi pada ulasan kali ini tentang “tips nentuin harga desain anda”.

Di sisi lain, untuk menunjang bisnis Anda, kami juga sangat merekomendasikan Anda untuk memilih platform jasa logo untuk keperluan desain logo usaha Anda.

Dengan harga ramah di kantong dan fasilitas yang lengkap, mulai dari revisi tanpa batas hingga pelayanan 24 jam, jasa logo hadir menjawab keresahan Anda! Contact Us, Now!