Tips Memulai Bisnis Rumahan, Efektif & Efisien

6 Tips Memulai Bisnis Rumahan, Efektif & Efisien – Melakukan bisnis atau usaha dari rumah dapat membawa keuntungan. Anda dapat memanfaatkan tempat kosong yang ada di rumah seperti halaman, garasi dan dapur untuk memulai menjalankan bisnis.

Cara berbisnis dan memulai usaha dengan memanfaatkan rumah dapat menghemat biaya modal yang cukup besar, sehingga modal yang ada bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Persoalan lain saat menjalankan bisnis adalah kesulitan mengelola keuangan usaha karena tak memiliki pengetahuan dasar keuangan bisnis. Ternyata memulai bisnis rumahan itu tidak mudah.

Banyak orang yang memulai bisnis rumahan akhirnya tidak bisa berjalan dengan baik karena tidak menerapkan beberapa hal penting ketika memulainya.

Walaupun mungkin anda ingin memulai bisnis rumahan dengan skala kecil, namun tetap ada beberapa hal yang harus diperhati Memang tidak dapat dipungkiri.

Usaha sendiri terdengar sangat mengiurkan, menjadi boss untuk diri sendiri, waktu kerja bisa lebih fleksible, dan keuntungan yang didapat apabila usaha tersebut sukses tergolong besar.

Akan tetapi, resiko yang dihadapi pun jadi jauh lebih besar dibanding menjadi karyawan perusahaan. [Resiko dalam Usaha; Pengertian & Karakteristik]

[Cara Temukan Mitra Bisnis Yang Ampuh]

Agar bisnis tersebut cepat berkembang dan berjalan sesuai harapan, anda bisa mengikuti 6 Tips Memulai Bisnis Rumahan, Efektif & Efisien di bawah ini.

6 Tips Memulai Bisnis Rumahan, Efektif & Efisien

1. Ambil Bisnis yang Sesuai Kemampuan Diri

Sesuaikan bisnis tersebut dengan kemampuan diri. Jika kamu seorang yang hobi memasak, ide bisnis yang paling pas adalah membuka usaha makanan seperti toko roti, katering dan warung makan.

Pada awalnya, mungkin kamu masih bingung dengan bisnis tersebut dan merasa kewalahan.

Tapi kamu bisa belajar dari buku, internet atau meminta saran dari orang sukses di bidang tersebut. Dengan begitu, keterapilan dalam mengembangkan bisnis akan terasah secara perlahan.

[Tips Menghilangkan Rasa Takut Dalam Bisnis]

2. Keluarga itu Support system

Sebagai langkah awal untuk memulai usaha rumahan adalah dengan meminta dukungan keluarga. Hal ini mengingat keluarga sebagai faktor penting dalam mendukung kegiatan bisnis nantinya. Baik itu dukungan secara materi maupun non-materi.

Usaha Anda akan susah dijalankan ketika anggota keluarga tidak mendukung.

Maka, Anda pun harus membicarakannya dengan baik. Lakukanlah pendekatan dari hati ke hati agar anggota keluarga lain mengerti apa yang ingin Anda jalankan nantinya.

Dukungan keluarga ini akan lebih terasa berarti ketika mereka memberikan dukungan sejak awal merintis usaha hingga sukses nanti.

3. Hindari Pikiran tentang Kegagalan

Setiap bisnis atau usaha hanya memiliki 2 pilihan, yaitu sukses atau gagal. Seorang pebisnis sejati tidak akan pernah merasa takut gagal, walaupun masih menjadi pemula.

Jika dari awal sudah merasa tidak yakin dengan cara melakukan usaha yang dijalani, maka dapat dipastikan kedepannya bisnis akan mengalami kegagalan. Mental pebisnis biasanya akan kuat seiring berjalannya waktu dan rintangan yang telah dihadapi, butuh proses panjang agar dapat meraih kesuksesan.

Jadi, tanyakan pada diri sendiri, kuat mana antara berpikir sukses dan gagal sebelum belajar cara memulai usaha atau bisnis.

Baca juga [Manajemen Resiko Dalam Berwirausaha]

4. Siapkan Administrasi Yang Rapi

Ketika memulai bisnis rumahan, Mama juga harus mempelajari administrasi dengan baik.

Setidaknya mulai dari yang sederhana dulu, seperti membuat petty cash supaya cash flow keuangan bisa dipantau dengan baik. Membagi modal untuk sektor apa saja yang diperlukan.

Jika Mama sudah menguasai administrasi, proses ke depannya bisa lebih mudah dibandingkan ketika Mama tidak memahami administrasi sama sekali.

Mama perlu mencatat dengan rapi dan seksama semua jenis keuangan, pemasukan dan juga pengeluaran yang berhubungan dengan usaha mama. Hindari mencampur uang pribadi ke dalam bisnis jika tidak ingin berantakan.

[Membuat Bisnis Plan Sederhana; Cocok untuk Pemula]

5. Promosikan pada Keluarga dan Kerabat

Promosi ini penting sekali ya, Ma. Di era digital sekarang yang semua serba dimudahkan dengan sistem online, Mama bisa mempromosikan produk mama mulai dari Instagram, TikTok, WhatsApp, Facebook dan masih banyak lagi.

[Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial untuk Bisnis]

Kuncinya ialah jangan malas untuk melakukan promosi. Karena bisnis mama terhitung masih baru, sehingga dengan promosilah orang lain akan tahu keberadaan produk yang Mama jual.

Untuk promosi bisa dilakukan sendiri ataupun menggunakan jasa pengiklanan. Ini tinggal bagaimana Mama mengaturnya ya. Karena masing-masing dari promosi memiliki kekurangan dan kelebihan.

Lakukan promosi setelah bisnis beroperasi. Cobalah untuk promosi kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu seperti keluarga dan kerabat. Apabila respons mereka positif, kamu bisa memperluas promosi melalui medial sosial atau e-commerce.

Imbangi juga dengan manajemen dan pengawasan yang bagus agar kualitas produk tetap terjaga, sehingga bisnis tetap menjadi yang nomor satu di hati konsumen.

[Ruang Lingkup E-commerce, penting untuk anda ketahui]

6. Perluas Networking

Networking dapat menjadi landasan untuk kelangsungan usaha Anda. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha Anda.

Hal ini dapat Anda lakukan sebelum Anda memulai usaha sendiri, sehingga pada saat Anda mulai memasarkan produk/jasa yang Anda tawarkan, Anda telah memiliki networking yang luas.

Baca juga [Pola Pikir Enterpreunership Alias Mindset]

Semoga tips dari Jasalogo.id ini dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang ingin memulai usaha sendiri. Selamat berusaha, semoga sukses!