Syarat Membuka Usaha Food Truck

Syarat Membuka Usaha Food Truck – Halo sobat jasa logo, hemm, bisnis makanan sampai detik ini masih dianggap sebagai bisnis yang selalu dicari!

Itu mengapa? Hal itu karena, seperti yang kita tahu makanan merupakan kebutuhan paling pokok dan paling dasar untuk keberlangsungan hidup makhluk hidup. Bisa dianggap bahwa bisnis makanan tidak akan pernah bisa kehilangan pelanggan.

Padahal tidak semudah itu, sobat jasa logo!

Perlu Anda perhatikan bahwa setiap peluang bisnis pasti akan selalu membutuhkan inovasi. Saat ini salah satu inovasi bisnis yang cukup berkembang di kalangan masyarakat adalah bisnis food truck.

Nah, Sebenarnya apa yang membedakan bisnis food truck dengan restoran? Food truck memungkinkan mobilitas dibandingkan dengan restoran yang hanya berada di satu tempat saja.

Apa itu Food Truck?

Syarat lain sebuah restoran dikategorikan dalam TDRB (TAnda Daftar Restoran Bergerak) yakni ruangan yang digunakan untuk proses memasak berbeda dengan ruangan untuk mengemudi.

Disamping itu, restoran bergerak juga diwajibkan untuk memiliki sistem navigasi kendaraan yang sudah menggunakan teknologi GPS atau Global Positioning System.

Hal yang cukup penting yang harus dimiliki oleh restoran bergerak yakni memiliki fasilitas untuk mendeteksi kebakaran serta alat untuk memadamkan api.

Nah, berikut informasi selengkapnya untuk Anda sobat jasa logo!

SYARAT MEMBUKA USAHA FOOD TRUCK DI INDONESIA

Perhatikan Fasilitas-Fasilitas Sesuai

Untuk restoran, dimana bergerak dengan tidak membutuhkan proses memasak di kendaraan bermotor, dalam pengadaan fasilitas deteksi kebakaran jauh lebih sedikit karena hanya membutuhkan alat untuk deteksi karbon monoksida serta alat untuk proses pemadaman ringan.

Sedangkan, untuk fasilitas dasar yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan restoran pada fasilitas yang memasak padakendaraan.

Dimana, yang dibutuhkan ialah fasilitas makan dan minum, fasilitas masak, fasilitas untuk pembuangan sampah, fasilitas tambahan listrik, dan fasilitas penyimpanan bahan makanan serta peralatan dan tempat untuk makan.

Selain itu, sobat jasa logo, syarat lain yang harus dipenuhi yakni terkait dengan penentuan lokasi restoran bergerak milik Anda.

Perhatikan Lokasi Food Truck

Beberapa area lokasi yang diperbolehkan untuk berjualan food truck yakni lokasi di pelataran atau taman parkir, fasilitas parkir park and ride, lokasi festival dengan persetujuan petugas setempat.

Selain itu, Anda harus sudah memiliki izin keramaian, serta lokasi lain yang sudah mendapatkan izin oleh gubernur maupun walikota atau bupati di lingkungan tersebut.

Proses untuk mendapatkan izin restoran bergerak dapat mengajukan permohonan TDRB yang diajukan ke gubernur di wilayah Anda, sobat jasa logo.

Surat Pernyataan Ber-Materai

Selain itu, Anda harus memiliki berbagai persyaratan dasar dan surat pernyataan yang telah ditAndatangani di atas kertas dengan materai 10.000.

Dimana, surat pernyataan tersebut meliputi kesanggupan bahwa pemilik usaha bersedia menjaga kebersihan lingkungan sekitar, kesanggupan pemilik usaha untuk menjaga ketertiban, hingga kewajiban pemilik usaha untuk menjaga bahan baku yang digunakannya dari sisi kebersihan.

Anda juga harus mempertimbangkan faktor kesehatan, kelayakan bahan baku yang digunakan, serta peralatan dan prasarana yang digunakan.

GPS pada Kendaraan

Anda sebagai pemilik usaha food truck juga diwajibkan memiliki GPS untuk mengetahui lokasi dimana restoran bergerak tersebut.

Surat Lengkap untuk Kendaraan

Kendaraan yang digunakan untuk proses transportasi juga membutuhkan berbagai surat resmi meliputi surat kepemilikan kendaraan bermotor, surat tAnda nomor kendaraan serta surat tAnda uji kendaraan yang menunjukkan bahwa kendaraan tersebut layak untuk digunakan.

Jangan lupa untuk mengisi daftar nama pengemudi yang mengendarai kendaraan yang Anda gunakan.

Proposal Usaha

Disisi lain, terkadang dibutuhkan pula proposal untuk rencana usaha, sobat jasa logo. Proposal ini biasanya berisi tentang bagaimana usaha Anda akan dilakukan nantinya, foto kendaraan yang digunakan dari segala sisi baik dari tampak depan, belakang, kiri serta kanan.

Berikan Denah di Proposal

Selain Itu, dibutuhkan pula persetujuan tertulis dari pemilik lokasi yang Anda gunakan untuk berjualan. Jangan lupa berikan denah di proposal Anda agar memudahkan jika pihak dinas terkait melakukan survei lokasi.

Daftar Menu Makanan atau Minuman

Pastikan Anda sudah memiliki daftar menu makanan dan minuman yang akan Anda jual karena hal ini cukup diperlukan ketika Anda mengajukan rancangan proposal kegiatan. Untuk bisa bertahan, temukan inovasi dan tentukan segmen pasar yang akan Anda tuju.

Kesimpulan

Demikian sobat jasa logo, beberapa hal mengenai syarat yang harus Anda perhatikan dan siapkan sebelum Anda memulai untuk berbisnis Food Truck!

Rekomendasi

Di sisi lain, agar menunjang usaha Anda, kami juga sangat merekomendasikan Anda agar memilih platform jasa logo agar keperluan desain logo usaha Anda.

Dengan harga ramah di kantong dan fasilitas yang lengkap, mulai dari revisi tanpa batas hingga pelayanan 24 jam, jasa logo hadir menjawab keresahan Anda! Contact Us, Now!