Strategi Membangun Branding di Instagram

Dalam era digital ini tentu saja, sosial media dan internet berperan penting dalam membangun branding dan citra merek yang kuat. Membuat akun untuk mempromosikan usaha seolah sudah menjadi keharusan, karena faktanya memang ini adalah langkah efektif. Khususnya instagram ada beberapa strategi menarik untuk membangun branding di platform ini.

Instagram pada era digital masih menjadi salah satu sosial media favorit untuk mengunggah berbagai konten interaktif. Berbisnis pada era digital ini memang wajib untuk membuat konten di sosial media seperti instagram. Platform ini menyediakan beberapa fitur menarik yang bisa digunakan untuk mempromosikan merek.

Platform ini juga fiturnya banyak disesuaikan untuk kebutuhan promosi dan jualan bukan hanya untuk mengunggah foto saja. Ada jutaan pengguna yang aktif setiap hari di platform ini memungkin akun bisnis bisa menjangkau banyak orang. Ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur instagram dengan maksimal.

Read More

Untuk membangun branding di instagram yang berhasil, perlu mempelajari strategi yang tepat. Ada banyak hal yang bisa dijadikan elemen untuk branding, mulai dari jenis konten, fitur instastory yang beragam dan lain-lain. Ini akan dibahas lebih detail pada pembahasan artikel ini.

TIPS MEMBANGUN BRANDING MELALUI FITUR INSTAGRAM

Instagram menjadi platform media sosial untuk berinteraksi dengan sesama pengguna favorit orang modern. Sama halnya dengan bisnis, platform dijadikan sebagai salah satu elemen penting dalam membangun branding. Berikut beberapa tipsnya:

Gunakan Identitas Visual yang Konsisten

Untuk membangun branding merek di instagram langkh pertama adalah memastikan penggunaan identitas visual yang konsisten. Gunakan palet warna yang konsisten untuk template layout konten, baik postingan feeds, reels, atau instastory termasuk highlight. Pastikan setiap postingan seragam satu sama lain termasuk warna filter pada foto.

Gunakan warna merek yang sudah diputuskan sebagai warna utama pada semua konten. Jika desain warna, tipografi, dan elemen visual yang digunakan konsisten, ini akan membangun branding. Merek juga terlihat profesional dan dapat dipercaya, karena desainnya rapi yang meninggalkan kesan kuat.

Identitas Merek yang Jelas

Agar orang mudah mengenali akun bisnis, gunakan identitas yang jelas seperti nama merek dan desain logo. Pastikan nama akun instagram adalah nama merek yang resmi, sehingga terlihat profesional. Daftarkan akun centang biru jika memungkinkan, ini bisa meningkatkan kredibilitas akun.

Gunakan juga desain logo merek untuk foto profil, dan pastikan gambarnya jelas dan berkualitas tinggi, sehingga mudah dibaca dan dikenali. Perbesar ukuran logo dan sesuaikan dengan ukuran format foto profil untuk instagram yaitu persegi.

Selain itu pastikan juga nama akun bisa mencerminkan jenis usaha atau gunakan saja nama merek, agar terlihat formal. Jika ingin memiliki username yang cantik bisa dengan mengeluarkan sedikit uang.

Optimalkan Tulisan Bio

Bio instagram ini terletak di bawah nama akun dan foto profil yang bisa dijadikan audiens untuk melihat informasi terkait akun. Pada bagian bio ini pemilik akun bisa memilih jenis akun sesuai kebutuhan, apakah blog pribadi, akun bisnis, atau lainnya. Ini akan memudahkan untuk mengetahui jenis akun instagram digunakan untuk apa.

Maksimalkan bio instagram dengan menuliskan beberapa informasi penting, esensi merek, jenis usaha yang ditawarkan, lokasi usaha hingga jam operasional. Isi bio bisa disesuaikan kebutuhan akun bisnis sesuai keinginan pemilik. Terkadang juga dicantumkan link untuk berbelanja pada akun untuk jualan.

Konten yang Berkualitas Tinggi

Pada sosial media termasuk instagram konten adalah kunci utama. Konten yang menarik akan meningkatkan jumlah pengunjung. Salah satu kunci agar konten bisa menaikkan engagement atau viral adalah membuat konten yang informatif, efektif dan menarik.

Pastikan kualitas gambar atau video berkualitas tinggi dan jelas, namun isi konten juga harus menarik, termasuk desainnya. Ciptakan konten menarik untuk mempromosikan akun atau merek dengan mengikuti yang sedang tren atau viral. Ini menjadi langkah efektif akhir-akhir ini untuk menaikkan viewers dan berpromosi.

Konsistensi Memposting Konten

Agar bisnis tidak kehilangan jumlah pengunjung pastikan akun untuk memposting dengan konsisten setiap hari jika memungkinkan. Dapat juga mengatur jadwal posting yang teratur meski tidak setiap hari. Hal ini bisa mempengaruhi jumlah kunjungan akun, jika akun jarang posting maka lama-kelamaan akun akan kehilangan pengikut.

Akun yang konsisten memposting dengan teratur akan mempertahankan kesetiaan pelanggan. Audiens pun akan tetap ingat dan mengenali merek tersebut. Konsistensi untuk memposting konten menjadi salah satu strategi penting dalam membangun branding di instagram.

Lakukan Interaksi Aktif dengan Pengikut

Dalam dunia sosial media, berinteraksi dengan pelanggan atau pengikut ini akan membantu membangun citra merek positif. Pelanggan biasanya meninggalkan disetiap postingan konten dan memberikan reaksi atau tanggapan.

Manfaatkan fitur-fitur di instagram untuk berinteraksi dengan pengikut, misalnya fitur polling atau Q&A pada instastory. Melibatkan pelanggan dengan cara ini akan membangun branding merek. Respon dengan cepat apabila ada keluhan atau pertanyaan dari pengikut pada bagian DM atau komentar.

Pemanfaatan Fitur-Fitur Kreatif Instagram

Manfaatkan fitur-fitur di instagram dengan baik, untuk menciptakan konten yang menarik. Misalnya pada instastory instagram memungkinkan pemilik akun berkreasi untuk menciptakan konten menarik dengan memanfaatkan fiturnya. Tambahkan musik atau gif stickers untuk membuat konten lebih menarik dan interaktif.

Instagram juga memiliki fitur seperti reels dan IGTV untuk mengunggah konten video dengan memanfaatkan audio viral akan meningkatkan viewers. Platform sosial media ini menyediakan berbagai fitur menarik yang bisa digunakan untuk mempromosikan merek. Termasuk juga ada fitur iklan untuk mengiklankan akun atau jualan.

Manfaatkan Hashtag sesuai Kebutuhan

Pada instagram dan akun sosial media lainnya hashtag cukup berperan penting untuk menjangkau pengguna yang lebih luas. Gunakan hashtag yang relevan dengan konten dan jenis usaha atau merek, pastikan tulisan hashtag tidak ada yang salah penulisan agar efektif. Biasanya banyak orang di instagram mencari suatu konten dengan hashtag agar lebih cepat dan spesifik.

Sorotan atau Highlight di Akun Instagram

Dibawah bio dan jumlah pengikut ada bulatan-bulatan yang berisi highlight dari instastory, gunakan sorotan ini untuk meletakkan story penting. Ini berguna agar pengguna instagram bisa melihat postingan tersebut meski sudah hilang dari instastory. Untuk akun bisnis ini bisa berisi penjelasan terkait usaha, cara memesan, informasi jenis produk, informasi promo atau yang lainnya.

KESIMPULAN

Instagram era digital menjadi salah satu platform favorit untuk membangun branding merek yang kuat dan citra positif. Memanfaatkan berbagai fitur platform ini sebagai strategi membangun branding merek bisa menjadi pilihan efektif. Dengan mengoptimalkan semua aspek penting akan berguna untuk mempromosikan merek dengan baik.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts