Strategi Branding yang Kuat: Belajar dari Merek Global

Identitas visual merek seperti logo adalah elemen kunci dalam membangun branding yang kuat. Ada banyak hal aspek yang bisa membuat branding berhasil seperti yang dilakukan merek global. Merek global memiliki strategi branding tersendiri yang menjadi rahasia kesuksesan mereka mengelola merek.

Branding merupakan proses atau cara suatu merek dalam membangun identitas yang mudah dikenali dan diingat oleh audiens. Melibatkan beberapa elemen penting dalam identitas merek seperti logo, warna, dan tipografi. Tidak hanya identitas visual, branding juga melibatkan banyak hal untuk membangun identitas merek seperti pelayanan pengguna dan kualitas produk.

Semua aspek penting memiliki pengaruh dalam membangun identitas merek, namun desain logo adalah kunci utama. Ini karena desain logo mewakili nilai dan karakter merek yang disampaikan pada pelanggan. Sebagai identitas merek, desain logo harus memiliki visual yang memikat, mudah diingat dan diterima secara global.

Read More

Dengan begitu merek bisa mudah menjangkau berbagai pasar dari berbagai belahan dunia. Biasanya desain dengan ciri tertentu akan mudah diterima secara universal, sehingga merek pun akan mudah diingat dan dikenali oleh audiens di tengah pasar yang sengit. Merek-merek terkenal dunia telah membuktikan keberhasilannya membangun branding yang kuat, hingga bisa menjadi merek global yang mudah dikenali.

Penting untuk mempelajari strategi branding merek global dibalik kesuksesan yang gemilang. Simak artikel ini yang akan menjelaskan tentang beberapa strategi branding merek global ini hingga bisa meraih kesuksesan.

STRATEGI BRANDING MEREK GLOBAL YANG EFEKTIF

Beberapa strategi ini dilihat dari branding identitas merek yang kuat melalui identitas visual. Dimana identitas merek global sebagian besar unik dan mudah diingat oleh audiens. Berikut beberapa strateginya:

Konsistensi Identitas Merek

Salah satu kunci kesuksesan merek global adalah menggunakan identitas visual yang konsisten pada semua aspek. Identitas visual mewakili merek sebagai identitas ketika digunakan pada semua aspek akan mudah dikenali dan diingat oleh pelanggan.

Terkadang warna dan tipografi dalam identitas merek juga perlu diterapkan pada berbagai elemen. Misalnya kemasan produk, warna toko, konten sosial media, hingga desain website atau aplikasi. Ini akan menciptakan konsistensi merek, hal inilah yang dilakukan oleh para merek global.

Ketika kamu ke kedai Mcdonald misalnya, desainnya identik dengan warna logo bukan, tidak hanya itu. Seragam karyawan tampilan menu, desain kemasan, semuanya menggunakan logo dan warna dari identitas merek.

Contoh Visual yang Khas

Chanel: Identitas dari merek fashion ini merupakan logo huruf C yang didesain dengan tampak elegan meski sederhana. Desain logo dua huruf C yang diletakkan bersilangan dan berlawanan ini cukup ikonik dan mudah dikenali. Penggunaan warna hitam dan putih pada logo juga membuat logo ini mudah sekali ditempatkan pada berbagai media dengan konsisten.

Maybelline: Logo dari merek make-up ini menggunakan logo yang mengandalkan tipografi sederhana dengan nama merek. Tipografi yang sederhana dan penggunaan warna hitam atau putih ini juga membuat merek mudah dikenali dan diingat. Penempatan logo merek ini cukup konsisten pada semua produk karena memiliki desain yang sederhana.

Unilever: Visual logo yang sederhana dan khas akan membuat merek mebangun kesadaran merek yang kuat. Logo yang berbentuk huruf, dengan detail yang berupa ikon-ikon kecil yang unik dan memiliki makna tersendiri. Hal ini membuat logo unilever cukup unik, dari kejauhan tampak sederhana tapi memiliki detail yang rumit dan banyak.

Cerita Merek yang Kuat

Merek global yang saat ini terkenal banyak yang menggunakan cerita merek untuk membangun citra positif. Cerita merek ini adalah salah satu langkah branding yang cerdik karena dapat memengaruhi emosi penonton. Seringkali memanfaatkan nilai dan misi dari merek pada cerita yang dibuat dalam bentuk iklan yang menginspirasi.

Converse: Merek sepatu ini membangun citra merek yang positif tentang semangat individualitas dan kreativitas. Cerita seperti ini bisa dibilang cukup relevan dengan gaya hidup orang modern yang cenderung individual. Converse berhasil memanfaatkan gaya hidup orang modern yang dituntut cepat dan cekatan. Cerita ini akan dapat menyentuh perasaan dari audiens.

Netflix: Untuk merek aplikasi streaming film dan series ini berhasil menggaet perhatian dengan menunjukkan inovasi dan kreativitas. Merek ini berhasil membangun cerita merek yang kuat dengan menunjukkan bahwa merek dapat dipercaya. Merek ini membangun branding dengan menonjolkan bahwa merek menyediakan konten orisinil yang berkualitas dan memberikan kemudahan akses.

Uniqlo: Sementara untuk merek fashion ini membangun cerita yang menunjukkan merek sesuai dengan kebutuhan semua orang. Merek ini ingin menunjukkan filosofi bahwa desain produk merek fungsional, minimalis dan kualitas yang baik. Termasuk pula harga yang dapat terjangkau secara umum.

Keterlibatan Konsumen yang Kuat

Salah satu faktor kesuksesan merek global terletak pada keterlibatan konsumen yang kuat dalam merek. Adanya partisipasi merek akan membuat merek mudah dikenali oleh audiens. Untuk melibatkan konsumen pada merek, merek global biasanya menyediakan produk yang memiliki konsep yang sama dengan tren. Selain itu kolaborasi dengan sesuatu yang digemari konsumen bisa meningkatkan keterlibatan konsumen. Menyediakan produk sesuai dengan preferensi konsumen juga akan meningkatkan daya tarik merek.

Chanel: Merek chanel ini memberikan pengguna pengalaman mewah dalam menggunakan produk. Produk mewah seperti chanel mungkin dapat membuat pelanggan merasa eksklusif dan berbeda dari yang lain. Brand mewah seperti chanel juga kerap berkolaborasi dengan selebriti, sebagai brand ambassador, ini akan meningkatkan daya tarik bagi penggemar selebriti tersebut untuk ikut membeli.

Lacoste: Membangun kepercayaan pengguna pada merek berguna untuk menjaga loyalitas mereka. Pelanggan yang loyal akan kembali untuk membeli dan menjadi pelanggan setia. Merek Lacoste ini fokus memberikan pengalaman pengguna yang sportif namun elegan pada produknya. Ketika hal ini relevan dengan audiens maka bisa menjadi langkah meningkatkan keterlibatan audiens pada merek.

Inovasi dan Adaptasi

Merek global dunia terus melakukan inovasi agar bisa terus relevan dengan perubahan tren dan pasar. Inilah alasan merek global terus berhasil mengamankan posisinya seiring waktu jalan. Merek global cenderung melakukan adaptasi agar bisa relevan dengan kebutuhan dan minat audiens.

Netflix: Platform ini terus melakukan inovasi dan adaptasi untuk bisa mempertahankan pelanggan setia. Netflix telah banyak melakukan inovasi dengan banyak membuat konten original yang hanya bisa ditonton pada platform tersebut. Aplikasinya pun terus dilakukan penyesuain sesuai dengan tren dan kemudahan pengguna.

Uniqlo: Merek satu ini juga kerap kali mengganti konsep desainnya dengan yang sedang tren. Biasanya merek suka menyediakan item yang cocok pada musim tertentu kemudian ketika musim berubah akan langsung berganti. Produk dari merek juga kerap kali berkolaborasi dengan yang sedang tren untuk menarik perhatian.

KESIMPULAN

Merek global dunia berhasil membangun branding yang kuat dengan menggunakan beberapa strategi unik. Dimana merek bisa memanfaatkan kebutuhan, minat dan tren dalam membangun identitas merek yang kuat. Melakukan adaptasi produk dan inovasi menjadi salah satu kunci penting menjaga kesetiaan pelanggan. Selain itu juga konsistensi dalam penggunaan identitas visual juga membantu membangun identitas yang kuat. Ada banyak sekali strategi yang dilakukan merek global untuk menjadi merek terkenal dunia.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi juga laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts