Standar Pembuatan Business Plan yang Wajib Dilengkapi

Standar Pembuatan Business Plan yang Wajib Dilengkapi

Standar dalam Pembuatan Business Plan Wajib Dilengkapi – Halo, sobat jasalogo.id, bukankah suatu bentuk perencanaan bisnis, umumnya mengandung serangkaian elemen-elemen standar?

Ya, tepat sekali! Begitupun dengan format serta bentuk perencanaan sangat bervariasi.

Tetapi, biasanya sebuah perencanaan bisnis akan berisikomponen-komponen.

Misalkan, mulai dari deskripsi perusahaan, produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan, bagaimana pasarnya, bagaimana prediksi atau ramalan-ramalan ke depan, bagaimana tim manajemennya dan seperti apa analisis keuangannya.

Sebuah perencanaan bisnis juga tergantung atau dipengaruhi oleh situasi yang spesifik. Sebagai contoh yaitu deskripsi dari tim manajemen.

Tim manajemen sangatlah penting untuk investor. Demikian juga tentang kondisi keuangan masa lalu menjadi penting untuk pihak bank atau kreditor.

Apa yang Paling Penting dalam Sebuah Perencanaan?

Secara umum garis besar isi perencanaan usaha yang dibuat seorang wirausaha, berusaha merinci profit, neraca perusahaan, dan proyeksi aliran khas.

edangkan mengenai kedalaman dan rincian perencanaan usaha sangat tergantung pada luas tidaknya usaha.

Oleh karena itu dalam membuat perencanaan usaha paling tidak kita harus adalah memikirkan, menimbang-nimbang, memutuskan, dan menentukan halhal berikut ini:

  1. Apa yang akan dikerjakan di dalam usaha?

  2. Kapan pekerjaan usaha itu akan dilaksanakan?

  3. Bagaimana cara mengerjakan pekerjaan usaha?

  4. Siapa saja yang ditugaskan untuk melakukan pekerjaan usaha?

  5. Di mana pekerjaan usaha akan dilaksanakan dan mengapa harus dikerjakan?

Sebenarnya berbicara yang paling penting dalam sebuah perencanaan sangat tergantung kasusnya.

Namun, secara umum biasanya dalam sebuah perencanaan yang paling penting adalah:

(1) Analisis Cash Flow, misalnya bisa untuk prediksi profit;

(2) Detail Pelaksanaan, yaitu meliputi prediksi tentang apa-apa yang akan terjadi, siapa yang bertanggung jawab, kapan, dan bagaimana anggarannya?

Hasil akhir dari sebuah perencanaan adalah bagaimana kondisi perusahaan mengalami peningkatan.

Sedangkan di sisi lain, perlu sobat jasalogo.id ketahui, bahwasanya dalam komponen-komponen utama yang dianjurkan ada dalam sebuah perencanaan bisnis serta garis besar isinya adalah sebagai berikut:

Ringkasan (Executive Summary)

Pertama ialah ringkasan. Ringkasan berisi gambaran singkat kira-kira satu hingga dua halaman.

Ringkasan mencakup Latar belakang proyek, penggagas proyek, pasar yang menjadi sasaran, pengelolaan proyek sampai dengan kelayakan proyek secara finansial, kelayakan proyek secara umum.

Deskripsi Perusahaan (Company Description)

Deskripsi Perusahaan berisi gambaran singkat profil perusahaan yang akan menjalankan proyek, misalnya Aspek hukum/legal dari bentuk badan usahanya apa?

Sejarah Perusahaan, Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, Kepemilikan dalam perusahaan dan sebagainya.

Barang atau Jasa yang diproduksi atau dipasarkan

Tentu sobat jasalogo.id, dalam hal ini berisi gambaran barang/ jasa apa yang akan diproduksi atau dipasarkan, alasan barang/ jasa tersebut diproduksi dan manfaat/ benefit yang dapat diperoleh konsumen/ customer atas barang/ jasa tersebut.

Analisis Aspek Pasar

Nah, dalam analisis asper pasar, dia meliputi gambaran tentang peluang bisnis dan prospeknya

Serta bagaimana kondisi persaingan, apakah pasarnya sudah pasti atau pasarnya ditentukan oleh pembeli?

Jika berbicara terkait dengan kondisi persaingan, ia meliputi dua hal pula. Mulai dari, apakah pasarnya sudah pasti atau pasarnya ditentukan oleh pembeli.

Posisi Perusahaan dalam Pasar

Dalam bagian ini, yang perlu dibahas antara lain ialah pasar yang hendak dikuasai atau target pasarnya berapa serta posisi dalam pasar/ positioning

Usaha-usaha Pemasarannya/ Marketing Effort Gimana?

Nah, jika Anda sudah mempunyai target pasar, maka agar target bisa tercapai harus didukung oleh usaha-usaha pemasarannya.

Demikian beberapa hal tentang apa saja standar dalam pembuatan business plan wajib dilengkapi. Informasi detail lainnya, silakan klik di sini.

Anda juga dapat melakukan pemesanan jasa logo pada tim jasalogo.id tentunya. Ada banyak penawaran terbaik yang harus segera Anda ambil, soba!

Demikian beberapa hal tentang apa saja standar dalam pembuatan business plan wajib dilengkapi. Informasi detail lainnya, silakan klik di sini.

Anda juga dapat melakukan pemesanan jasa logo pada tim jasalogo.id tentunya. Ada banyak penawaran terbaik yang harus segera Anda ambil, sobat!