SIAPKAN DANA PENSIUN, SANTAI HARI TUA

SIAPKAN DANA PENSIUN, SANTAI HARI TUA – Pertanyaan sederhananya adalah, apakah yang hanya bisa menikmati dana pensiunan adalah para pegawai PNS? Benar tidak ya? Tentunya stigma ini kurang tepat, Sobat Jasa Logo!

Pasalnya, saat ini banyak, lho, para pegawai swasta atau bahkan pengusaha yang bisa menikmati masa tua dengan duduk manis dan main sama cucu tanpa perlu mengkhawatirkan masalah finansial lagi!

Ingin berkeliling Indonesia untuk melihat keindahannya? Ingin jalan-jalan ke Luar Negeri? Atau sekadar duduk dan bertegur sapa dengan tetangga di depan rumah untuk menghabiskan masa tua?

Semua bisa Anda dapatkan jika Anda mempersiapkan sejak masa muda Anda, Sobat! Baiklah saatnya kita simak ulasan berikut ini mengenai siapkan dana pensiun, santai hari tua!

LIHAT, KAPAN ANDA PENSIUN?

Hal ini bisa digunakan untuk menentukan berapa banyak uang yang perlu disiapkan. Pun, patokannya nggak perlu dibikin sama dengan orang yang memiliki patokan dari kantornya lo. Misalnya saja Raditya Dika, ia sudah bisa pensiun di usia 40 tahun. “Tapi kan dia kaya?” Nah, itu dia artinya Anda bisa menyesuaikan dengan kemampuanmu juga. Anggaplah Anda ingin pensiun di usia 50 tahun, sedangkan harapan hidup orang Indonesia rata-rata adalah 71 tahun sehingga Anda perlu menyiapkan dana untuk hidup selama 21 tahun.

LAKUKAN PERHITUNGAN

Ya, perhitungan ini berkaitan dengan berapa banyak dana yang akan Anda pakai untuk menabung, berapa dana yang akan Anda pakai untuk memenuhi kehidupan Anda sehari-hari, ya, Sob!

Cara menghitung biaya yang diperlukan mirip dengan yang Anda lakukan saat ini, misalnya setiap bulan Anda akan menghabiskan sebanyak Rp. 2.000.000,- setiap bulannya, maka dalam satu tahun Anda memerlukan dana sebesar Rp. 24.000.000,-.

Nah, jangan lupa untuk Anda tambahkan juga jika masih memerlukan dana untuk kebutuhan yang lainnya.

Tak hanya berhenti sampai di situ saja ya, jangan lupakan adanya inflasi yang akan terjadi di masa depan yang memungkinkan Anda harus menyiapkan lebih banyak uang.

Sehingga, untuk mempersiapkannya, maka Anda bisa menabung dari uang gajian yang didapatkan setiap bulan, misalnya dengan menyisihkan 10% dari gaji tersebut.

Akan tetapi, yang mungkin terasa sulit adalah melakukannya secara terus menerus karena jangka waktunya yang lama sehingga perlu disiplin terhadap diri sendiri. Belum lagi jika terjadi sesuatu yang tak terduga.

PUTAR UANG UNTUK PENGHASILAN PASIF

Gara-gara adanya inflasi maka kemungkinan nilai uang yang saat ini ditabung akan mengalami penurunan. Padahal Anda sudah susah payah menyimpannya.

Sehingga, Sobat, akan lebih baik jika uang tersebut diinvestasikan apalagi dana pensiun masih diperlukan dalam jangka yang panjang.

Ada banyak jenis investasi sesuai dengan risikonya masing-masing, biasanya makin tinggi return makin tinggi pula risikonya.

Kalau Anda tidak berani melakukan investasi tesebut maka Anda bisa mencoba investasi melalui pendanaan. Nah, utuk mengurangi risikonya, Anda bisa melihat portfolio perusahaan dan visi misi mereka ke depannya!

KESIMPULAN

Itulah ulasan mengenai siapkan dana pensiun, santai hari tua! Semoga menambah manfaat Anda, Sobat!

REKOMENDASI

Bagi Anda yang tengah bingung mencari desainer untuk aktivitas usaha Anda, segera hubungi pihak kami hanya di jasa logo.id!

Apa keuntungannya? Dengan pengerjaan yang super rapi dan cepat, kami mengunggulkan pelayanan demi kepuasan Anda, sobat jasa logo! Selain itu, klik di sini untuk update logo hasil karya tim melalui portal instagram jasalogo.id!