Segmentasi Pasar yang Harus Pebisnis Ketahui

Segmentasi Pasar yang Harus Pebisnis Ketahui – Seperti yang Anda kegtahui, sobat jasalogo.id! Bahwasanya, upaya perusahaan menerapkan customer responsive adalah untuk menciptakan loyalitas konsumen.

Nah, dari sana terlihat sobat jasalogo.id, bahwasanya syarat penting yang harus dipahami perusahaan untuk menciptakan konsumen yang loyal adalah mengerti betul siapa konsumennya.

Upaya yang dilakukan perusahaan untuk benar-benar memahami konsumennya disebut dengan customer analysis yang terdiri dari analisis segmentasi, analisis motivasi pelanggan, dan analisis kebutuhan konsumen yang tidak terpenuhi.

SEGMENTASI PASAR

Dalam analisis segmentasi, perusahaan perlu merumuskan beberapa pertanyaan strategik terkait dengan konsumennya seperti siapakah konsumen terbesar dari perusahaan?

Siapakah yang paling menguntungkan? atau konsumen mana yang paling potensial untuk produk baru perusahaan?

Pertanyaan mengenai konsumen seperti ini akan sangat banyak dan bervariasi, namun justru itulah tantangan bagi perusahaan agar bisa memiliki keunggulan bersaing dari kompetitornya.

Contoh misalnya dalam program mobil murah (LCGC), perusahaan Daihatsu, Toyota, dan Honda harus melakukan analisis siapakah pembeli potensial dari produk mobil mereka. Pada segmen konsumen yang mana mobil ini akan ditawarkan?

Untuk keluarga muda ataukah orang tua? apakah konsumen di kota yang padat seperti Jakarta, atau di kota yang lebih sepi dan tenang seperti di luar pulau Jawa?

Sobat jasalogo.id, analisis ini sangat berguna bagi perusahaan untuk memastikan kinerja produk yang tinggi dan membawa keuntungan yang diinginkan perusahaan.

6 ASPEK PENTING SEGMENTASI PASAR

Gambaran mengenai beberapa aspek penting terkait analisis segmentasi dari konsumen dapat dilihat di bawah ini:

Geographic (Geografis)

Kota besar, Desa, Pegunungan, Daerah Pantai: memiliki karakter konsumen yang berbeda-beda. Masyarakat desa akan cenderung memiliki gaya hidup yang lebih hemat jika dibanding dengan masyarakat perkotaan.

Type of organization (Jenis Lembaga)

Retail/ Rumah Sakit/ Pabrik Tekstil/ Universitas: kebutuhannya sangat berbeda. Kebutuhaan Rumah Sakit jelas berbeda dengan kebutuhan Universitas. Sebab, arah gerak serta bidangnya sudah jelas berbeda. Satunya bidang kesehatan, sedangkan satunya bidang pendidikan.

Dimana, diantara keduanya nyaris tidak bersinggungan.

Size of firm (Ukuran Perusahaan)

Hotel Bintang Lima/ Hotel Bintang tiga/ Losmen.

Lifestyle (Gaya Hidup)

Konsumen senang berpetualang berbeda dengan bertipe klasik dan tipe sporty. Jelas! Jika Anda memiliki produk sepatu gunung, maka sangat tidak cocok jika Anda membidik orang-orang yang memiliki gaya hidup ke pantai.

Jadi, bagaimana lifestyle dari konsumen juga harus Anda perhatikan!

Age (Usia)

Soal usia, jelas kiranya sangat memengaruhi. Tanpa dijelaskan, secara logika tidak mungkin pakaian anak usia 1 tahun dipakai oleh remaja usia 14 tahun. Selain itu, beda usia, juga tentunya beda kebutuhan.

Oleh karenanya, penting untuk memerhatikan aspek usia atau age, Ayah/ Ibu/ Kakek/ Nenek

Occupation (Pekerjaan)

Sarapan sereal untuk anak sedangkan nasi untuk dewasa. Atau, dalam kasus lain adalah penggunaan kertas untuk kantor pemerintahan serta email untuk perusahaan desain grafis. Berbeda bukan?

Jadi, pada akhirnya, semua hal tersebut di atas sangat memengaruhi penetapan segmentasi pasar atas usaha yang Anda jalankan!

KESIMPULAN

6 (enam) aspek itu terlihat dari segmentasi pasar yang harus pebisnis ketahui ialah Geographic, Type of Organization, Sizw of Firm, Lifestyle, Age, dan Occupation. Selain itu, syarat penting yang harus dipahami perusahaan untuk menciptakan konsumen yang loyal adalah mengerti betul siapa konsumennya.

Jadi, betul-betul harus dipertimbangkan secara matang.
Bagi Anda yang sedang mencari jasa desain logo professional, 24 jam, Anda dapat klik disini!