Perbedaan Brand Recognition dan Brand Recall

Dalam kesadaran merek ada beberapa aspek penting yang berguna untuk membangun merek yang kuat. Termasuk dua konsep brand recognition dan brand recall. Kedua aspek nini sama-sama mengukur ingatan merek terhadap merek, meskipun begitu keduanya memiliki perbedaan.

Dalam membangun kesadaran merek, penting untuk memastikan merek memiliki citra positif yang diingat oleh pelanggan. Ketika sebuah merek dapat diingat oleh pelanggan ini berarti merek telah berhasil membangun kesadaran merek.

Kesadaran merek berperan penting dalam membangun identitas yang kuat. Ini bisa membantu merek bertahan lama dan berhasil meningkatkan penjualan. Merek yang dikenal oleh banyak orang juga akan lebih dipercaya daripada yang lain.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Konsumen biasanya memilih merek yang sudah akrab dengan mereka. Maka dari itu penting untuk membangun kesadaran merek yang kuat. Kesadaran merek juga membantu merek mudah dibedakan dari pesaing dan bisa tampil menonjol.

Simak penjelasan ini untuk memahami brand awareness serta perbedaan brand recognition dan brand recall, dima termasuk aspek penting dalam brand awareness. Brand awareness melihat sejauh mana konsumen mengenali merek, simak rincian berikut ini.

BRAND RECOGNITION: MENDETEKSI IDENTITAS MEREK

Definisi: Brand recognition merupakan ini untuk melihat seberapa baik konsumen mengenali merek ketika diberi petunjuk. Biasanya konsumen dapat mengenali suatu merek ketika melihat salah satu elemen dari merek misalnya warna, logo atau slogan. Hal ini menunjukkan bahwa merek cukup dikenal oleh konsumen, sehingga hanya melihat satu elemen saja, konsumen bisa mengingat satu merek tersebut.

Dari brand recognition dapat dilihat sejauh mana merek berhasil membangun kesadaran merek, hingga merek familiar dan diingat konsumen dengan mudah hanya dari melihat atau mendengar salah satu elemen identitas merek.

Contoh brand recognition

Misalnya ketika melihat warna merah konsumen teringat brand coca-cola dan miniso. Atau ketika melihat logo apple akan langsung teringat produk elektronik Apple. Ini adalah contoh bagaimana brand recognition yang dibangun melalui kesadaran merek yang kuat.

Peran brand recognition

  • Membangun Identitas Merek yang Unik
  • Memperkuat Kesadaran pada Merek

Membangun Identitas Unik yang Unik: Brand recognition ini berperan penting untuk membangun identitas merek yang unik melalui elemen-elemen desain. Ketika kesadaran merek dibangun dengan kuat akan membuat salah satu elemen mengingatkan pada merek. Salah satu elemen yang menonjol ini akan mudah dibedakan dengan pesaing.

Memperkuat Kesadaran pada Merek: Brand recognition membantu meningkatkan kesadaran merek oleh konsumen. Konsumen biasanya akan dengan mudah mengingat dan memilih merek yang sudah mereka kenali. Ini membantu konsumen mempertimbangkan merek saat membeli produk atau layanan.

BRAND RECALL: MENGINGAT MEREK DENGAN SENDIRINYA

Definisi: Brand recall yang kerap disebut juga top of mind awareness ini merupakan proses konsumen mengingat merek tanpa petunjuk atau stimulan apapun. Ini menunjukkan kesadaran merek yang kuat oleh konsumen sehingga dapat mengingat merek dengan mudah.

Konsumen akan dengan mudah mengingat merek tanpa diberi petunjuk yang lebih detail. Ini menunjukkan merek telah berhasil membangun identitas yang kuat di pikiran konsumen.

Contoh Brand Recall

Brand recall ini menunjukkan seberapa populer merek diantara jenis produk tersebut dimata konsumen. Misalkan ketika konsumen diminta menyebutkan merek minuman ringan kemudian konsumen menyebutkan Teh Pucuk tanpa diberi petunjuk minuman ringan teh. Berarti merek ini berhasil unggul dan dikenal banyak orang pada kategori ini.

Peran Brand Recall

  • Unggul Dalam Persaingan
  • Membantu Keputusan Pembelian

Unggul dalam Persaingan: Jika konsumen memiliki kesadaran tinggi pada merek, ini membuat merek lebih unggul dari pesaing. Merek yang dikenal masyarakat secara luas otomatis terlihat lebih unggul di mata masyarakat dari merek pesaing lainnya.

Membantu Keputusan Pembelian: Adanya brand recall ini membantu konsumen memilih produk tanpa banyak pertimbangan. Konsumen cenderung memilih merek yang sudah dikenali daripada merek baru. Ini karena merek sudah akrab dan konsumen sudah tahu kualitas merek tersebut. Memilih produk atau layanan yang sudah dikenali akan jauh lebih terasa nyaman dan aman bagi konsumen.

PERBANDINGAN DAN KETERKAITAN

Berikut beberapa perbedaan brand recognition dan brand recall:

Fokus pada Berbeda Hal

Brand recognition biasanya berfokus pada pengenalan merek melalui elemen tertentu, sementara brand recall fokus pada kemampuan untuk mengingat merek tanpa bantuan petunjuk apapun.

Penting Untuk Kedua-duanya

Meskipun proses mengidentifikasi merek keduanya berbeda namun kedua aspek ini penting dalam membangun kesadaran merek yang kuat. Kedua aspek ini dapat mendukung untuk membangun identitas merek yang kuat dan dapat bertahan lama.

Keterlibatan Stimulus dalam Pengenalan Merek

Jika brand recognition mengenali merek dengan melibatkan petunjuk seperti, warna, logo atau slogan, sementara brand recall tidak membutuhkan petunjuk tertentu. Untuk mengenali merek brand recall tanpa butuh petunjuk tambahan.

Misalnya untuk mengingat merek Coca-cola brand recognition akan membutuhkan petunjuk seperti minuman ringan bersoda warna merah. Sementara brand recall tidak membutuhkan petunjuk, jika diminta menyebutkan merek minuman ringan konsumen akan langsung teringat coca-cola. Dari sini bisa dipahami bagaimana perbedaan keduanya dalam mengenali merek minuman ringan.

Kompleksitas dan Dalam Konteks

Brand recognition ini konsumen hanya perlu mengenali merek saat melihatnya, biasanya sering dibantu warna atau logo, ini dianggap sederhana. Sementara brand recall lebih kompleks karena perlu mengingat merek tanpa diberi petunjuk spesifik.

KESIMPULAN

Dalam membangun kesadaran merek yang kuat terdapat aspek-aspek penting seperti brand recognition dan brand recall. Kedua aspek nini berperan penting untuk meningkatkan kesadaran merek oleh konsumen, namun cara pandang berbeda dalam proses pengenalan merek. Dengan mengetahui perbedaan keduanya suatu bisnis atau perusahaan dapat membangun kesadaran merek yang kuat dengan melihat peran keduanya.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts