Peran Kisah Merek dalam Konten Digital untuk Branding

Branding merek sangatlah penting untuk mempertahankan merek dalam jangka panjang. Berbicara soal strategi branding sendiri ada banyak yang bisa dilakukan dalam era digital ini. Termasuk dalam membangun kisah merek di sosial media dapat dijadikan strategi branding yang kuat.

Cerita atau kisah brand akan menyentuh emosi audiens dan meningkatkan kesadaran merek. Tidak hanya itu kisah merek juga berguna identitas merek, apakah mengayomi masyarakat, bersahabat, memotivasi dan lainnya.

Penggunaan kisah brand untuk membangun citra merek biasanya dilakukan melalui sosial media, website dan berbagai platform online. Kisah-kisah brand dapat meningkatkan ketertarikan audiens. Citra yang positif dan menarik perhatian tentunya bisa membangun branding yang kuat.

Read More

Dengan mengkampanyekan hal-hal positif dalam kisah merek ini bisa membantu menarik perhatian daya tarik. Ada banyak sekali alasan mengapa membangun branding melalui kisah merek ini bisa menjadi langkah penting.

Untuk mengetahui alasan apa saja yang menunjukkan mengapa membangun branding dengan kisah merek sangat efektif sebagai langkah branding yang kuat, simak penjelasannya dalam artikel ini.

BEBERAPA ALASAN MENGAPA KISAH MEREK DI SOSIAL MEDIA PENTING

Kisah merek berperan penting untuk membangun branding yang kuat di sosial media karena beberapa hal ini:

Membangun Hubungan dengan Audiens

Kisah-kisah merek biasanya dapat menyentuh perasaan dan emosi audiens sehingga menciptakan ikatan emosional antara merek dengan audiens. Penting untuk menciptakan kisah dengan menarik dan sesuai dengan nilai merek.

Ilustrasi atau Gambar: Agar bisa menarik perhatian dan menghubungkan dengan audiens. Kisah merek harus memiliki keterkaitan kisah dengan audiens yang ditunjukkan melalui gambar. Untuk membangun ikatan emosional yang kuat kisah harus disampaikan dengan baik dengan desain ilustrasi atau animasi yang memikat.

Kisah yang Relevan: Narasi atau kisah yang relevan dengan keseharian audiens dapat membantu membangun hubungan dengan audiens dengan kuat. Gunakan kisah yang bisa mencerminkan produk atau layanan merek dengan baik namun sesuai dengan kondisi sosial.

Emosi dalam Pesan: Penting juga memperhatikan cara penyampaian kisah lewat penggunaan audio dan warna. Intonasi dalam untuk penyampaian narasi dapat memengaruhi emosi. Sama halnya dengan warna, warna tertentu dapat memberikan kesan tertentu.

Menciptakan Identitas Merek

Kisah merek juga bermanfaat untuk branding dalam membangun identitas merek yang kuat. Membangun kisah merek yang menarik akan membangun kesadaran merek oleh audiens. Dengan memberikan konteks, nilai dan tujuan yang mendalam dalam cerita merek akan membangun identitas yang kuat. Kisah merek juga dapat dijadikan landasan yang kuat.

Pesan Merek: Dalam sebuah kisah brand biasanya terdapat pesan yang ingin disampaikan merek pada audiens. Pesan ini juga terkait dengan manfaat positif dari produk atau layanan untuk audiens. Biasanya dalam kisah brand peran merek akan dibuat mencolok sehingga dapat menarik perhatian untuk membangun identitas merek.

Tujuan Merek: Kisah merek biasanya juga menunjukkan tujuan yang mendalam dari merek tersebut. Tujuan ini biasanya juga terkait dengan pandangan dan tujuan merek dalam jangka panjang.

Nilai Merek: Dalam membangun branding yang kuat kisah merek biasanya menerapkan nilai-nilai merek. Kisah merek akan mencerminkan nilai-nilai yang dianut merek sehingga dapat diketahui audiens melalui adanya kisah merek.

Pembeda dari Pesaing: Manfaat dari membangun branding yang kuat akan membantu merek memiliki daya tarik yang unik dan mudah dibedakan dari yang lain. Ketatnya persaingan ini dapat diatasi dengan membuat menciptakan kisah merek agar merek terlihat unik dan relevan dengan masyarakat.

Mengajak untuk Bertindak

Jika dapat merancang kisah merek yang menarik ini bisa meningkatkan motivasi audiens untuk bertindak. Mulai dari untuk pembelian, langganan atau keikutsertaan dalam kampanye tertentu. Kisah merek ini dapat memengaruhi audiens jika narasinya menarik.

Motivasi Pembelian: Kisah merek terkadang dapat menyentuh hati audiens dengan menampilkan kisah-kisah orang dibalik merek akan membuat hati audiens tergerak. Rasa simpati atau perasaan tersentuh akan suatu kisah dapat memotivasi audiens melakukan pembelian produk atau layanan.

Keterlibatan dalam Kampanye: Terkadang dalam kisah merek diselipkan tentang kampanye misalnya keberlanjutan lingkungan. Dengan menampilkan kisah yang menarik ini akan memengaruhi keikutsertaan audiens pada kampanye yang dilakukan merek.

Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan

Kisah merek juga memiliki peran untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan audiens pada merek. Misalnya dengan menceritakan kisah perjalanan, tantangan dan pencapaian merek, akan menunjukkan perkembangan dan perubahan merek dalam kurun waktu tertentu.

Merek yang telah melewati banyak hal dan bertahan dalam waktu lama akan lebih dipercaya oleh audiens. Penggunaan narasi yang menarik pada setiap kisah perjalanan merek dapat dan menampilkan pencapaian dapat terlihat profesional oleh audiens.

CONTOH KISAH MEREK YANG BERHASIL

Merek Nike: Menyampaikan Kisah Keberanian ‘Just Do It’

Nike merek terkenal dunia ini telah bertahan dalam waktu lama karena berhasil menyuarakan keberanian dalam kisahnya. Merek Nike menyampaikan pesan agar audiens lebih berani dalam banyak tanpa khawatir sebelum mencoba.

Sebagai merek fashion sport Nike menggunakan kisah-kisah atlet sukses yang menggunakan merek ini. Kisah kesuksesan atlet terkenal tentunya akan menarik perhatian.

Nike menceritakan bagaimana atlet menghadapi rintangan, batasan, melalui narasi keberanian dan dedikasi pada olahraga yang dicintainya. Audiens akan tersentuh dan memotivasi mereka untuk mengikuti langkah keberanian atlet.

Tokopedia: Cerita Sukses dari UMKM “Mulai Aja Dulu”

Tokopedia adalah platform belanja online buatan Indonesia yang cukup populer ini memiliki slogan kampanye ‘Mulai Aja Dulu’. Sebagai platform berbelanja, Tokopedia ingin menginspirasi banyak orang tidak takut memulai bisnis online. Tokopedia berusaha memotivasi individu atau kelompok untuk memulai bisnis, berawal dari langkah kecil memiliki kemungkinan menjadi langkah besar di kemudian hari.

Merek ini menunjukkan tidak peduli seberapa kecil langkah untuk memulai bisnis, audiens tidak perlu khawatir dan mencoba saja dahulu. Kisah narasi ini ingin menciptakan semangat bisnis untuk individu maupun kelompok.

Tokopedia ingin menunjukkan bahwa platformnya tidak hanya tempat berbelanja namun sebagai tempat kemitraan dengan berbagai usaha. Tokopedia ingin membangun branding sebagai mitra para pelaku usaha baik kecil maupun besar di seluruh Indonesia.

Dalam membangun kisahnya Tokopedia menceritakan kisah-kisah pengusaha sukses yang bermitra dengan Tokopedia. Ini berguna untuk memotivasi orang yang ingin terjun kedalam dunia wirausaha untuk bermitra dengan Tokopedia.

KESIMPULAN

Kisah merek yang dibangun dalam kampanye yang kuat akan menciptakan branding yang kuat. Menggunakan kisah merek akan efektif untuk meningkatkan daya tarik, memotivasi pembelian atau langganan, membangun identitas hingga menciptakan ikatan emosional dengan pelanggan.

Bagi kamu yang butuh jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id dan dapatkan tawaran promo menarik.

Related posts