Memahami Peluang dan Ide Bisnis Bagus

Memahami Peluang dan Ide Bisnis Bagus – Sobat jasalogo.id, saat Anda memelajari tentang dunia bisnis, tentu hal tersebut tidak akan lepas dengan istilah peluang bisnis.

Sebagai awal dalam mempelajari dunia bisnis, sebaiknya Anda perlu memahami apa yang dimaksud dengan peluang usaha. Tujuannya ialah, agar dapat lebih memahami tentang permasalahan-permasalahan dalam hal bisnis.

Seperti diketahui bersama, sobat jasalogo.id, peluang bisnis sendiri terdiri dari dua kata yakni peluang dan bisnis.

Secara bahasa, istilah peluang usaha merupakan suatu peluang yang dapat dimanfaatkan oleh seseorang atau lembaga untuk mendapatkan apa yang menjadi keinginannya (laba, aset, finansial) dengan memanfaatkan berbagai faktor baik faktor internal maupun eksternal.

Informasi tentang segala sesuatu yang terjadi pada kehidupan sehari-hari bisa dimanfaatkan oleh seseorang yang jeli melihat peluang usaha. Sehingga peluang yang ada dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan nilai tambah atas produk.

Meskipun yang menjadi permsalahan bukan hanya banyaknya informasi yang didapat dan dikumpulkan untuk ditindaklanjuti, namun juga mencakup bagaimana relevansinya dengan kondisi yang akan menciptakan peluang suatu bisnis.

Setelah menerima informasi tertentu, pada umumnya seseorang yang memiliki jiwa wirausaha akan berdiskusi dengan tim dalam mengolah informasi menjadi sesuatu yang bernilai jual.

Dengan adanya kreatifitas dari tiap-tiap anggota tim, maka setiap kejadian dalam kehidupan sehari-hari akan disulap menjadi peluang bisnis yang mendatangkan keuntungan. 

Sehingga, penting untuk memahami peluang dan ide bisnis yang bagus Anda jalankan. Dua pendekatan didalam menemukan peluang bisnis diantaranya adalah sebagai berikut:

 

Memahami Peluang dan Ide Bisnis Bagus

Demand Aproach

Demand Approach (Pendekatan Permintaan)

Pendekatan permintaan merupakan proses menemukan peluang bisnis melalui pengamatan dari sisi permintaan atas produk yang dihasilkan oleh industri. 

Kegiatan ini dilakukan melalui berbagai peluang yang berasal dari adanya kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Kemudian, bagaimana cara untuk menemukan peluang bisnis dari sisi permintaan? Jawabannya adalah dengan beberapa cara berikut ini:

Membuat produk pemuas kebutuhan yang belum ada dipasaran. Dimana, perusahaan yang berhasil menciptakan alat pemuasan kebutuhan yang selama ini belum pernah ada, akan menjadi perusahaan yang memegang kendali atas produk tersebut.

Cara kedua ialah dengan memahami adanya kebutuhan yang belum semuanya terpenuhi. 

Perlu kita tahu, banyak produk yang dihasilkan oleh industri yang tidak dapat berdiri sendiri, namun membutuhkan produk komplementer sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari produk inti.

Sementara cara terakhir ialah dengan melihat kebutuhan yang relatif telah terpenuhi, akan tetapi masih belum memuaskan. 

Ya, masih ada beberapa produk yang telah dihasilkan industri untuk memenuhi kebutuhan namum belum memuaskan masyarakat secara sempurna.

Kondisi ini dapat dijadikan peluang usaha dengan membuat produk lain yang lebih baik dan dapat memuaskan dari produk yang ada.

Supply Aproach

Supply Approach (Pendekatan Penawaran)

Pendekatan penawaran yaitu peluang bisnis yang berasal dari kreatifitas atau potensi yang dimiliki oleh pelaku bisnis.

Peluang bisnis melalui pendekatan ini lebih menekankan pada bakat, minat, kreatifitas serta kemampuan yang dimiliki oleh seorang pengusaha.

Artinya bagaimana? Artinya, dengan kemampuan yang dimilikinya, seorang pengusaha dapat membuat peluang bisnis tertentu.

Sebagai contoh, nih, pengusaha ingin membuat produk Apple yang meliputi ipod, iphone,ipad, macbook, hingga iwatch.

Jika pengusaha dalam hal ini Anda dapat menciptakan peluang bisnis lebih dari satu jenis peluang, maka bias dipilih peluang yang paling menguntungkan untuk dikerjakan. Kemudian, Anda melakukan identifikasi secara rinci setiap peluang yang ada.

Kemudian, Anda dapat menyeleksi setiap peluang yang ada. Dari hasil penyeleksian itulah yang kemudian Anda kelompokan menjadi mana saja peluang usaha yang tidak menguntungkan dan mana peluang yang menguntungkan.

Lalu, apakah sudah selesai? Tentu, belum.

Ya, dari pengelompokan tersebut, Anda perlu mengkaji ulang terhadap kelompok-kelompok peluang yang menguntungkan. Yang akhirnya, Anda harus memilih satu atau dua peluang yang paling menguntungkan dari beberapa peluang yang ada.

Langkah finalnya ialah membuat rancangan bisnis secara detail dari peluang bisnis yang paling menguntungkan. Kemudian, Anda dapat merealisasikan peluang tersebut menjadi usaha yang nyata.

Itulah beberapa cara memahami peluang dan ide bisnis bagus yang bisa Anda cermati. Jasalogo.id senantiasa bersama Anda untuk menghadirkan ragam informasi terkait dengan bisnis, desain, hingga teknologi.

Hubungi kami, untuk konsultasi terkait desain atau jasa logo, dan nikmati promo kami segera, sobat jasalogo.id!