Cara Melakukan Analisis Kompetitor Dalam Bisnis

Analisis Kompetitor Dalam Bisnis – Sebagai pemilik bisnis, penting untuk menemukan cara baru untuk mempertahankan atau meningkatkan posisi Anda sebagai pemimpin pasar.

Analisis kompetitor memungkinkan Anda melihat tidak hanya siapa yang Anda hadapi, tetapi juga membantu Anda menyusun strategi yang efektif untuk meningkatkan bisnis Anda.

Analisis kompetitor adalah penelitian strategis yang berfokus pada pengumpulan dan peninjauan informasi tentang perusahaan pesaing.

Ini adalah strategi yang sangat penting untuk mengetahui apa yang dilakukan pesaing Anda dan jenis ancaman seperti apa yang dapat mereka berikan terhadap bisnis Anda.

jika Anda memiliki produk yang kualitasnya lebih baik dari kompetitor, tapi pelayanan Anda masih kalah dengan kompetitor, maka bukan tidak mungkin jika pelanggan lebih memilih produk dari kompetitor Anda.

Itulah sebabnya, Anda perlu mengetahui apa saja pelayanan yang perlu Anda tingkatkan berdasarkan hasil analisis kompetitor tersebut.

[Apa itu Kompetitor Bisnis]

Melakukan Analisis Kompetitor Dalam Bisnis

Identifikasi pesaing

Pesaing bisa diidentifikasikan untuk mengetahui jumlahnya serta jenisnya termasuk juga kekuatan dan kekurangan semua pesaing. Untuk mengidentifikasinya, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut ini;

  • Mengenal dan mengetahui jenis produk atau jasa yang ditawarkan pesaing
  • Melihat seberapa besar pasar yang dikuasai oleh pesaing
  • Mengidentifikasi antara peluang dan ancaman dari perkembangan pesaing
  • Mengidentifikasi keunggulan serta kelemahan pesaing.

Tentukan Tujuan

Selanjutnya, Anda harus memahami tujuan melakukan analisis kompetitor ini. Beberapa tujuan umum untuk melakukan analisis pesaing ini diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengembangkan strategi pemasaran agar efektif bersaing dengan kompetitor.
  • Meningkatkan kualitas produk berdasarkan perbandingan produk yang serupa dengan pesaing.
  • Mempersiapkan langkah sebelum memasuki pasar baru.
  • Menemukan pesaing tidak langsung yang bisa menjadi ancaman di masa depan.
  • Identifikasi SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) yang ada pada bisnis.

Mencari umpan balik pelanggan

Tanyakan kepada pelanggan Anda bisnis, produk, atau layanan lain mana yang sedang atau sedang mereka pertimbangkan. Ini dapat membantu mengidentifikasi pesaing yang mungkin belum Anda sadari sebelumnya.

Menganalisis dan Membandingkan Konten

Setelah mengidentifikasi pesaing, mulailah melakukan analisis kompetitor dan menggali lebih dalam untuk memahami jenis konten apa yang mereka terbitkan.

Menganalisis konten mereka dapat membantu Anda menemukan peluang untuk mengungguli pesaing Anda. Konten apa yang menjadi fokus mereka? Sebuah blog? Studi kasus? Konten premium?

Setelah Anda mempelajari konten mereka, Anda dapat melihat bagaimana kualitasnya dan, yang paling penting, membandingkannya dengan konten Anda sendiri.

[Tips dan trik membangun Branding Produk]

Analisis Struktur SEO Mereka

Anggaplah Anda dan kompetitor Anda memiliki jenis konten yang sama dan kualitas yang juga setara. Lalu apa yang membedakan Anda dengan mereka? Mungkin struktur SEO mereka.

Struktur SEO berkaitan dengan bagaimana kompetitor Anda menggunakan keyword, apakah keyword tersebut ada di:

  • Judul halaman
  • URL
  • Tag H1
  • Konten
  • Internal link
  • Teks alt gambar
  • Selain struktur SEO, Anda juga perlu mengetahui jenis kata kunci apa yang mereka gunakan.

Saat Anda mencoba melihat peringkat untuk keyword tertentu, daripada mencari keyword yang memiliki volume pencarian tinggi, carilah kata kunci yang memiliki volume pencarian lebih rendah. Jenis keyword ini biasanya termasuk dalam jenis long-tail keyword dan lebih spesifik.

[Memahami Konsep Manajemen Strategi Usaha]

Demikian ulasan terkait cara Melakukan Analisis Kompetitor Dalam Bisnis ala Jasalogo.id.

Kunjungi artikel menarik lainnya di Jasalogo.id