Langkah Sukses dengan Product Differentiation

Langkah Sukses dengan Product Differentiation – Upaya perusahaan dan pelaku bisnis untuk mencapai keberhasilan diantaranya adalah secara konsisten dan sistematis melakukan product differentiation.

Sobatj, kali ini sudah memahami atau belum apa sebenarnya Product Differentiation itu?

Nah, kali ini kita akan mengulas soal product differentiation tersebut!

Product differentiation adalah strategi tentang inovasi dan bagaimana menciptakan produk terbaik.

Namun sobat, upaya perusahaan untuk menciptakan produk atau istilahnya adalah new product development (NPD) melalui inovasi, sering terkendala dari sisi process uncertainty, market uncertainty, dan technical uncertainty.

FAKTOR

Dan, ternyata untuk ketidakpastian dari sisi proses muncul ketika perusahaan belum secara total menerapkan sebuah proses kerja yang pas karena proses tersebut masih baru dan belum stabil.

Dalam kondisi ini perusahaan sering mengalami situasi yang tidak konsisten dalam proses kerjanya. Ketidakpastian dari sisi market terjadi jika perusahaan tidak memahami dengan mendalam konsumen yang dilayaninya.

Faktor lain, sobat jasalogo.id, yang bisa menimbulkan ketidakpastian pasar adalah segmentasi yang tidak jelas serta adanya penggunaan jalur distribusi yang baru.

Ketidakpastian dari aspek teknis terjadi jika perusahaan baru saja mengaplikasikan metode kerja baru yang belum teruji kemampuannya dan kehandalannya.

Strategi product differentiation itulah yang akan menghasilkan Value best product.

STRATEGI PRODUCT DIFFERENTIATION

Perusahaan yang memilih strategi product differentiation akan memfokuskan Valuenya pada kualitas dengan memasukkan unsur keunikan dalam produk atau jasa yang dihasilkan.

Terdapat satu kesamaan pendapat dari para ahli manajemen strategik bahwa dalam upayanya menghasilkan sebuah produk atau jasa terbaik, perusahaan harus mampu menciptakan inovasi sebagai inti aktivitasnya.

Dengan demikian, perusahaan yang berfokus pada penciptaan inovasi memiliki visi yang panjang untuk bisa menghasilkan world-class product.

Perusahaan yang unggul dari sisi product differentiation akan terus melakukan inovasi secara konstan dan tanpa henti. Aspek keunikan dari sebuah produk berbeda dengan aspek produk yang hanya sekadar “bagus”.

Dengan kata lain, unik tidak sama dengan bagus. Jika produk dari sebuah perusahaan bisa ditiru oleh pesaingnya, maka produk tersebut dikatakan tidak unik lagi.

Dengan ilustrasi tersebut dapat kita katakan bahwa produk yang unik adalah produk yang sulit (atau juga tidak bisa) ditiru oleh pesaingnya.

Apabila kita cermati kondisi pasar yang ada saat ini, banyak sekali produk bagus dari banyak perusahaan bisa ditiru oleh pesaingnya.

Ketika produk yang bagus tersebut sudah bisa ditiru dan memiliki banyak imitasi, maka keunggulan bersaing dari produk tersebut berangsur menurun.

Keunikan yang dimiliki oleh sebuah produk bisa berasal dari banyak hal seperti dari sisi kualitas bahan bakunya, desainnya, warnanya, aromanya, teksturnya, rasanya, suaranya, kecepatannya, kekuatannya, kemewahannya, atau juga pelayanannya.

ASPEK PENILAIAN

Sedangkan, untuk menilai sebuah produk, harus dilakukan evaluasi dari berbagai aspek yaitu: product features/functionality, innovative element of the product, product acceptance in the marketplace, provides customer Value enhancements, dan product quality.

Penilaian tersebut dimaksudkan untuk menjamin sebuah produk memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pesaing lainnya.

Upaya melakukan inovasi yang disinggung diawal adalah merupakan upaya perusahaan untuk menghasilkan produk yang sulit ditiru oleh pesaingnya tanpa meninggalkan unsur fungsionalitas atau kegunaannya.

Best product yang merupakan hasil dari diferensiasi mengandung makna produk terbaik berbasis keunikan, bukan berbasis harga atau image saja.

Dalam kaitannya dengan strategi product differentiation, perusahaan tidak cukup hanya menciptakan produk yang baik.

Produk yang baik tidak akan memberikan keuntungan bagi perusahaan dengan optimal jika perusahaan lain bisa membuat produk yang serupa dan sama baiknya.

KESIMPULAN

Kata kunci yang selalu disebut oleh para ahli manajemen strategik dalam kaitannya dengan penciptaan produk adalah terus melakukan inovasi, melakukan perbaikan dan penyempurnaan tanpa kenal lelah.

Itulah ulasan tentang langkah sukses dengan product differentiation.

Klik disini untuk informasi seputar jasalogo.id!