KOMPONEN PENTING SAAT BUKA BISNIS BARENG SAUDARA!

KOMPONEN PENTING SAAT BUKA BISNIS BARENG SAUDARA! – Bisnis bareng saudara dengan bisnis bareng orang lain yang tidak memiliki ikatan keluarga tentu berbeda.

Dimana, saling mengenal dengan sangat dekat, bukan berarti bisa terhindar dari konflik. Nggak jarang, konflik keluarga bisa terbawa ke dalam urusan bisnis atau sebaliknya. Bakal ribet kalau misal urusannya seperti ini, bisa-bisa kita kehilangan partner bisnis dan hubungan saudara juga rusak.

Jadi was-was deh! Nah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan tersebut, saatnya kita simak bersama ulasan mengenai komponen penting saat buka bisnis bareng saudara!

DISKUSI AWAL HARUS CLEAR SAAT JELANG BUKA USAHA

Lakukan persiapan bisnis bersama-sama sejak awal untuk membangun hubungan sebagai partner bisnis. Mulai dari memilih ide, merancang visi dan misi, hingga mengembangkan strategi bisnis ke depannya.

Pastikan semuanya dibicarakan dengan baik-baik ya, jika ada ketidaksepahaman berlatihlah untuk berdiskusi dengan bijak. Sebab, ini adalah awal perjalanan bisnis Anda, Sobat Jasa Logo!

BUATLAH PEMBAGIAN TUGAS YANG JELAS!

Jabatan dan deskripsi pekerjaan sangat penting untuk diperjelas sejak awal, sebab nggak jarang hal ini sering menimbulkan kesalahpahaman hingga berujung konflik.

JANGAN LUPA, SEPAKATI KEUNTUNGAN ATAU GAJI ANTARA ANDA DAN SAUDARA!

Ini adalah salah satu hal yang paling sering menjadi pemicu konflik. Biasanya karena ada pihak yang merasa tidak adil atau merasa kurang.

Pembagian keuntunga, gaji dan semua hal berkaitan dengan keungan hendaknya disepakati sejak awal secara rinci baik berdasarkan beban pekerjaan, presentase keuntungan atau hal lainnya.

Jangan sampai kesepakatan awal menjadi beban bagi satu pihak, atau bahkan menjadi hal yang dipaksakan.

PERJANJIAN BERLANDASKAN HUKUM, LEBIH BAIK!

Walaupun Anda saling saudara, namun untuk urusan bisnis, Anda harus professional, Sobat! Jadi, setelah kesepakatan-kesepakatan yang dibuat, maka langkah selanjutnya yakni tuangkan semua hal tersebut dalam perjanjian yang sah secara hukum.

Berbisnis bersama saudara bukan berarti Anda bisa menyepelekan hal ini ya, bukan berarti pula kesepakatan tidak dilandasi rasa saling percaya.

KOMUNIKASI TERJALIN BAIK!

Komunikasi ini sifatnya vital dalam berbisnis. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang saling terbuka, apalagi ketika menghadapi suatu permasalahan.

Komunikasi juga berpengaruh besar terhadap pengambilan keputusan, sehingga komunikasi yang buruk bisa menyebabkan pengambilan keputusan yang kurang tepat.

JAGA PROFESIONALITAS KINERJA ANDA!

Membedakan jam kerja dengan jam keluarga mungkin, terdengar remeh namun nggak jarang kok terjadi pembahasan urusan keluarga di kantor. Akhirnya jadi kesulitan menempatkan posisi sebagai saudara atau sebagai rekan kerja.

Dari masalah sepele soal waktu, bisa berujung pada masalah internal keluarga. Nah, Sobat, tidak bisa dipungkiri jika hubungan keluarga seringkali menimbulkan konflik internal. Kalau nggak bisa profesional, bisa-bisa masalah internal  akan mempengaruhi urusan bisnis.

Dimana, hubungan keluarga bisa makin buruk, bisnis bisa jadi terpuruk. Ini jadi salah satu alasan juga, bagi kebanyakan orang yang enggan menjadikan saudara sebagai partner bisnis.

KESIMPULAN

Tentu, dengan Anda telah mengetahui segala kemungkinan yang akan terjadi, Anda dapat terlebih dahulu merencanakan untuk antisipasi.

Itulah ulasan mengenai komponen penting saat buka bisnis bareng saudara!

REKOMENDASI

Bagi Anda yang tengah bingung mencari desainer untuk aktivitas usaha Anda, segera hubungi pihak kami hanya di jasa logo.id!

Apa keuntungannya? Dengan pengerjaan yang super rapi dan cepat, kami mengunggulkan pelayanan demi kepuasan Anda, sobat jasa logo! Selain itu, klik di sini untuk update logo hasil karya tim melalui portal instagram jasalogo.id!