Ketahui 8 Strategi Pemasaran e-Commerce, Dijamin Jitu

8 Strategi Pemasaran e-Commerce – Di era sekarang, kehidupan manusia hampir tidak bisa dipisahkan dari aktivitas online atau internet.

Oleh karena itu, strategi pemasaran online atau strategi marketing online menjadi suatu hal yang diandalkan dalam bisnis.

Hampir semua kalangan dan semua profesi membutuhkan akses ke internet untuk memudahkan aktifitas mereka termasuk juga buat pebisnis.

baca juga [cara membangun mindset pengusaha untuk pemula]

Pebisnis membutuhkan akses internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan tak terbatas.

Baca juga [segmentasi pasar yang harus anda ketahui]

Dengan begitu aktivitas online juga bisa dijadikan strategi pemasaran untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi.

Hal ini perlu terus didukung dengan adanya proses pengembangan atau inovasi yang harus selalu diasah secara terus-menerus.

Sebab, strategi pemasaran e-commerce seperti ini tidak bisa hanya dilakukan dalam satu kali kesempatan saja. Anda juga bisa melihat hasilnya yang lebih signifikan dengan melakukan strategi tersebut.

Kali ini Jasalogo.id sajikan untuk anda 8 strategi pemasaran e-commerce berikut ini:

Ketahui 8 Strategi Pemasaran e-Commerce, Dijamin Jitu

Strategi E-commerce melalui Media sosial

Mengelola media sosial hari ini bukanlah pekerjaan yang mudah.

Walaupun terlihat simple, Anda harus memliki perencanaan yang matang untuk menjalankan strategi pemasaran menggunakan medio sosial. Terlebih, setiap media sosial memilki karakernya masing-masing.

Contohnya, jika Anda adalah seorang fashion retailer tentu tak mungkin menjual barang dagangan Anda di LinkedIn.

Platform yang cocok untuk Anda adalah Instagram, Facebook, dan Pinterest. Jadi, setelah menemukan platform yang dirasa cocok untuk bisnis Anda, saatnya memikirnan starategi pemasaran media sosial.

Misalnya, konten apa yang harus Anda posting, taktik apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan pertumbuhan, hingga seberapa sering Anda memposting konten.

Berikut ini adalah strategi pemasaran e-commerce menggunakan media sosial yang harus Anda ketahui:

· Share user-generated content

Strategi pertama yang bisa Anda lakukan adalah membagikan konten dari user atau yang disebut dengan user generated content. Untuk media sosial, kita akrab dengan istilah repost. Anda bisa merepost konten dari pengguna yang menggunakan produk Anda, dan tentu saja dengan seizing mereka. Ini sangat membantu membangun loyalitas pelanggan dan membantu meringankan beban kerja Anda.

· Analisa Demografi

Analisa demografi sangat tepat akan membuat Anda tahu siapa audiens Anda. Untuk menganalisa demografi, Anda bisa menggunakan dari media sosial yang bersangkutan. Atau juga bisa menggunakan tools pihak ketiga seperti Sprout Social.

· Membuat Postingan yang Konsisten

Seberapa sering Anda memposting konten? Jenis konten apa yang Anda bagikan? Kapan waktu paling ramai pada postingan Anda.

Setelah tahu waktu dan konten apa saja yang ramai, selanjutnya Anda bisa membuat penjadwalan posting. Ini akan berpengaruh pada konsistensi Anda dalam kegiatana pemasaran.

Strategi e-Commerce melalui SEO

Kalau Anda bertanya, apa cara yang paling tepat untuk menarik traffic ke website daripada media sosial? SEO adalah jawabannya. SEO bukan hanya tentang memilih kata kunci yang tepat.

Search Engine Optimization adalah tentang cara memperoleh traffic baru. Berikut ini adalah yang harus Anda perhatikan saat menerapkan strategi pemasaran e-commerce berbasis SEO:

· Konten yang Selalu Up-Date

Konten apakah yang dicari oleh pengguna? Tentu saja konten yang fresh. Tapi jika membuat konten baru dirasa akan memakan waktu, Anda bisa mengupdate konten lama.

Anda bisa menambahkan hal-hal yang relevan, sekaligus membuang bagian yang dirasa sudah outdated.

· Menggunakan SEO Tools

Salah satu cara untuk mengukur performa SEO Anda adalah menggunakan tools SEO. Di website, Anda bisa menggunakan plugin SEO seperti Yoast SEO ataupun Jetpack. SEO tools akan memberitahu kesalahan-kesalahan apa yang Anda lakukan.

Strategi e-Commerce melalui Content marketing

Salah satu metode pemasaran yang paling populer saat ini adalah content marketing. Content marketing sangat bagus sebagai sarana customer acquisition.

Content marketing yang bagus adalah yang memberikan edukasi kepada pelanggan. Bukan hanya mencari keuntungan jangka pendek semata. Jangka panjang adalah tujuan dari content marketing.

Kolaborasi

Melakukan kolaborasi dapat membantu meningkatkan bisnis Anda. Strategi pemasaran seperti kolaborasi memungkinkan Anda meningkatkan skala bisnis memanfaatkan audiens dari brand lain.

Dengan memanfaatkan audiens brand lain, kampanye marketing Anda dapat menjangkau audiens yang lebih besar.

Dua jenis kolaborasi yang paling umum diketahui adalah influencer marketing dan menampilkan brand di konten.

Influencer marketing memungkinkan Anda untuk meningkatkan bisnis menggunakan influencer.

Ini metode yang bagus jika Anda memiliki audiens kecil tapi ingin mendapatka eksposur besar.

Buat e-Mail Marketing

Bagi banyak pelaku bisnis online, email marketing dapat meningkatkan traffic secara lebih cepat.

Anda bisa membuat daftar email dengan meminta pelanggan memasukkan email saat mereka akan melakuan checkout. Atau, Anda juga bisa menambahkan form opsional di halaman populer yang ada di website toko online.

Advertising

Advertising adalah salah satu strategi pemasaran utama yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan. Walaupun Anda harus membayar, cara ini dipandang efektif oleh banyak pelaku bisnis.

Beberapa platform iklan yang populer digunakan antara lain Facebook Ads, Instagram Ads, dan Google Ads. Ketiganya adalah platform iklan digital raksasa, yang nyaris digunakan oleh para pebisnis online.

Giveaway

Giveaway menjadi cara yang efektif untuk menarik pelanggan baru. Memang, strategi pemasaran ecommerce ini tak bisa digunakan setiap hari. Namun ketika dilakukan pada momen tertentu, giveaway dapat secara signifikan mengerek traffic Anda.

Strategi E-commerce melalui Video marketing

Video adalah salah satu strategi pemasaran yang semakin relevan dengan zaman. Apalagi sekarang semakin mudah untuk membuat video.

Anda bisa memulainya menggunakan smartphone untuk merekam, mengedit, dan membagikannya di media sosial Anda

Dari 8 strategi pemasaran e-Commerce ini, pastinya Anda sudah memiliki gambaran metode mana yang pas yang bisa kamu terapkan untuk bisnis Anda.

Jika anda tidak menguasai semuanya, memang dibutuhkan kerjasama antara mereka yang ahli di bidang IT atau teknologi serta marketing strategist dan bahkan orang yang bisa menganalisa.

Baca juga [8 Penyebab Bisnis Gagal Terus, Berikut Solusinya]

Team desain jasalogo.id Profesional dalam membuat desain logo yang unik, menarik sesuai dengan visi misi usaha Anda.

Jadi, pastikan anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan Anda.