Jurus Jitu Iklan Tepat Sasaran, Pahami Segmentasi!

Jurus Jitu Produk dan Iklan Tepat Sasaran, Pahami Segmentasi!  – Sobat jasalogo, saat Anda tengah berjualan, kemudian Anda ingin dagangan Anda laris manis artinya Anda harus menjualnya di lokasi yang tepat, sobat!

Nah, untuk lokasi yang dimaksud bukan hanya di mana Anda menjualnya namun juga siapa saja yang berada di sana dan apakah membutuhkan apa yang Anda jual sehingga memutuskan untuk membelinya. Makanya, salah satu hal penting untuk mengetahui lokasi yang cocok tersebut yaitu dengan cara menentukan segmentasi pasar.

Ya, segmentasi pasar. Dimana dengan melakukan segmentasi pasar, maka kepuasan pelanggan akan semakin meningkat dengan cara yang lebih efisien.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Sehingga, agar Anda tidak bingung menentukannya, maka Anda harus mengetahui bahwa ada beberapa jenis segmentasi seperti berikut ini. Simak yuk apa saja beserta contohnya, nih, sobat jasalogo!

Segmentasi Demografis – Segmentasi yang Jawab Pertanyaan Soal Siapa

Dalam segmentasi demografi ini, lebih memrioritaskan beberapa hal mengenai identitas suatu kawula. Misalnya, meliputi usia, gender, pendapatan, jenjang pendidikan, agama, pendidikan, hingga status menikah

Nah, sebenarnya beberapa ciri itu masuk ke dalam kategori segmentasi demografis. Misalnya adalah, ketika ingin menjual pakaian seperti kemeja atau celana bahan dengan harga yang sedikit lebih mahal, maka sebaiknya menyasar mereka yang sudah bekerja karena sudah memiliki penghasilan sendiri.

Kira-kira rasionalisasinya seperti itu!

Segmentasi Psikografis – Berkaitan Dengan Keadaan Psikologi Seseorang, Jenis yang Akan Menjawab Pertanyaan ‘Kenapa?’

Segmentasi pasar psikografis ini fokus akan kepribadian dan ketertarikan calon konsumen. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk membedakan mereka yaitu melalui sifat yang dimiliki, melalui hobi, tujuan hidup, nilai-nilai yang dipegang, kepercayaan, hingga gaya hidup.

Hal ini biasanya lebih sulit dilakukan daripada segmentasi demografis. Makanya, diperlukan adanya riset yang mendalam. Sebagai contoh adalah ketika ingin menjual makanan organik atau menu-menu makanan vegetarian maka target pasarnya sudah jelas.

Dimana, kondisi tersebut ditujukan untuk orang-orang yang memiliki gaya hidup sehat atau memiliki kepercayaan untuk tidak memakan hewan.

Segmentasi Geografis – Kalau Segmentasi ini Berkaitan dengan Lokasi yang Akan Menjawab Pertanyaan Dimana!

Memang, sobat jasalogo, semenjak adanya marketplace, kini sudah seperti tak ada batasan lagi akan Anda pasarkan ke mana produk yang dihasilkan.

Akan tetapi, segementasi pasar berdasarkan lokasi juga tetap perlu dibuat supaya teknik marketing dapat lebih efektif.

Lingkup segmentasi ini mulai dari negara mana, daerah seperti apa, bagaimana cuacanya, kepadatan penduduk, dan lain sebagainya.

Contoh dari segementasi yang satu ini misalnya ketika akan menjual pakaian tebal maka pasar yang dituju adalah daerah dengan kondisi yang dingin.

Selain itu, segmentasi geografis juga dapat digunakan untuk menyesuaikan bahasa dan tone yang digunakan, lo, sobat jasalogo!

Segmentasi perilaku – Langkah untuk Menentukan Pasar dengan Menjawab Pertanyaan ‘bagaimana?’

Nah, yang terakhir nih, sobat jasalogo! Mungkin, yang satu ini mirip dengan segmentasi psikografis. Akan tetapi, alih-alih fokus dengan kebiasaan sehari-hari yang dimiliki calon pembeli, segmentasi yang satu ini lebih fokus kepada kebiasaan yang berkaitan dengan berbelanja.

Sebagai contohnya ialah persoalan tentang kebiasaan menghabiskan uang, kebiasaan ketika membeli, interaksi dengan brand, loyalitas kepada brand, rating produk yang diberikan sebelumnya.

Kebiasaan tersebut dapat Anda dapatkan datanya melalui media sosial atau marketplace milikmu sendiri. Misalnya, ternyata pembeli cenderung melakukan pembelian dalam jumlah yang lebih banyak ketika sudah memasuki masa liburan.

Dengan ksondisi di atas, maka, dari situ pula Anda dapat menentukan strategi marketing untuk meningkatkan penjualan lagi di masa tersebut.

Kesimpulan

Baiklah, walaupun kelihatannya sepele namun sebenarnya Anda tetap perlu melakukan riset untuk menentukan segmentasi pasar, sob!

Tak lain, tujuannya yakni, supaya dapat melakukan kampanye marketing yang tepat sasaran. Bahkan untuk membuat iklan di Instagram saja akan tetap ada pilihan untuk segmentasi supaya promosi Anda tepat sasaran lo.

Demikian sobat jasalogo, ulasan mengenai jurus jitu produk dan iklan yang bakal tepat sasaran dengan langkah untuk terus memahami segmentasi!

Rekomendasi

Bagi Anda yang tengah bingung mencari desainer untuk aktivitas usaha Anda, segera hubungi pihak kami hanya di jasa logo.id!

Apa keuntungannya? Dengan pengerjaan yang super rapi dan cepat, kami mengunggulkan pelayanan demi kepuasan Anda, sobat jasa logo! Selain itu, klik di sini untuk update logo hasil karya tim melalui portal instagram jasalogo.id!