Desainer dan Seniman: Pengertian Hingga Perbedaan

Desainer dan Seniman: Pengertian Hingga PerbedaanSobat jasalogo.id, membicarakan perbedaan desainer dan seniman, pertanyaan yang muncul pertama kali adalah subjek apa yang memisahkan seni (sebagai hasil karya seniman) dan desain (sebagai hasil karya desainer).

Tentu jika dilihat dari definisi di atas, terdapat perbedaan antara desainer dengan seniman, meski antara keduanya memiliki persamaan. Persamaannya adalah sama-sama menghasilkan karya, sobat!

Seniman dan desainer sama-sama baik dalam membuat komposisi visual karena menggunakan basis pengetahuan bersama, tetapi alasan mereka untuk melakukan hal yang sama tersebut berbeda.

Nah, pada artikel kali ini, jasalogo akan membeberkan bagaimana pengertian desainer dan bagaimana pengertian seniman, serta bagaimana perbedaan diantaranya.

Desainer

Pertama ialah mengenai desainer. Desainer berperan dalam menganalisis, meneliti, menghitung, memerkirakan, menentukan, merencanakan, hingga membuat benda (produk).

Hal itu, berdasarkan asas pemenuhan berbagai fungsi hubungan (relasi) yang selaras antara benda (produk) yang direncanakannya, dengan manusia sebagai penggunanya.

Jadi, designer who man to machine relation, man to machine interfacing (hubungan antara manusia dengan mesin).

Selain itu, desainer juga harus memertimbangkan dan memerkirakan berbagai hal yang berkaitan dengan dampak keberadaan produk tersebut secara fisik dan psikologis terhadap pengguna dan lingkungan sekitarnya.

Contohnya seperti desainer produk (otomotif, home appliance, furniture, elektronik dan masih banyak lagi), desainer interior, desainer fashion, desainer grafis.

Seniman

Kedua adalah seniman, sobat! Seniman memiliki peran dalam menganalisis, meneliti serta memberikan input berupa pertimbangan, solusi, bagi para desainer dan teknisi, sesuai dengan bidang ilmu dan seni yang dikuasainya.

Contohnya seperti seni lukis, seni patung, seni tari, seni musik, teater, dan lain sebagainya. Seniman adalah orang yang berkarya dengan kuasa penuh atas diri sendiri mengenai karya yang ia buat tanpa ada kendali dari siapapun.

Seorang seniman bisa membuat karya sebebas mungkin dan menentukan segment pasar sendiri sesuai keinginan seniman tersebut.

Perbedaan Seniman dan Desainer

Sasaran Penyampaian Pesan ke Penerima

Pada seniman, ia bertugas untuk menyampaikan sudut pAndang emosi yang dimilikinya dalam suatu karya seni. Dimana, menurut seniman, sudut pAndang atau emosi tidak memiliki makna yang tunggal.

Sedangkan desainer, pihaknya memiliki tugas untuk mengomunikasikan serangkaian instruksi yang sudah dihasilkan agar penggunanya tergerak untuk melakukan sesuatu.

Penilaian Karya

Kedua ,dilihat dari bagaimana penilaian karyanya, jika dalam seniman, seniman memiliki bentuk ekspresi yang dicurahkan dari dalam jiwa manusia dan disampaikan dalam berbagai bentuk untuk diterima oleh indra.

Sedangkan pada penilaian karya yang dihasilkan oleh desainer bergantung pada kemampuan desainer dalam mencapai tujuan desain yang tengah dikerjakannya.

Kesimpulan

Desainer grafis memainkan peran penting dalam memberikan bentuk pada pemikiran. Setiap kali Anda melihat kombinasi tipografi, citra, warna, dan tekstur dalam iklan, poster, selebaran, situs web, atau pada kemasan, Anda melihat hasil desain grafis.

Desain memberi bentuk gagasan melalui citra dan kata-kata. Jika pesan perlu dibaca dan dipahami, desainer grafis membantu mewujudkannya.

Nah, sobat jasalogo, melalui keputusan yang cermat, mereka memastikan bahwa kata-kata yang ditampilkan dapat dibaca dan menciptakan minat visual yang cukup untuk menghentikan seseorang di jalurnya dan memperhatikan.

Banyak hal yang terkadang sangat rumit ketika kita membahas desain grafis, karena desain sudah menjadi bagian dari hidup manusia.

Namun jangan takut, bagi para desainer muda, ada sebuah aplikasi yang akan membantu Anda mulai mengeksplor kemampuan desain Anda, baik sebagai kontributor desain ataupun pengguna desain, sobat jasalogo!

Demikian, informasi mengenai desainer dan seniman, mulai dari pengertian hingga perbedaan.

Team jasalogo menawarkan hasil karya logo terbaik untuk dukung kredibilitas usaha Anda. Dengan pengerjaan yang rapi, cepat, hingga professional bisa Anda raih hanya dengan harga paket yang super ramah di kantong!

Pastikan Anda percayakan desain logo usaha atau perusahaan Anda hanya di jasalogo!