DAUR ULANG PLASTIK PENAMBAH PENGHASILAN!

DAUR ULANG PLASTIK PENAMBAH PENGHASILAN YANG MENGGIURKAN! – Halo, Sobat Jasa Logo! Sampah plastik pada umumnya dijauhi dan tidak dilirik orang. Namun kini daur ulang plastik menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Namun, harus pintar memilih jenis plastik.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis plastic, seperti low density polyethylene (LDPE), polyvinyl chloride (PVC), polystyrene (PS), high density polyesthylene (HDPE), polypropylene (PP), dan polyethylene terephthalate (PET).

Diantara banyaknya jenis plastik, PET lah jenis plastik yang memiliki nilai ekonomis paling tinggi dan menjadi jenis sampah terbanyak di Indonesia.

Berikut ini adalah jabaran daur ulang plastik penambah penghasilan yang menggiurkan!.

PLASTIK DIDAUR ULANG MENJADI ECO-PAVING

Ecopaving adalah jenis olahan sampah plastik menjadi paving yang ramah lingkungan. Di Indonesia, sudah berdiri beberapa industri yang memproduksi ecopaving, salah satunya yaitu sumpahsampah.id.

Dilihat dari akun instagram resminya, satu paving terbuat dari ½ kg sampah plastik. Setiap pembuat ecopaving dapat mematok harga yang bervariasi. Harga 1 ecopaving dapat dijual kisaran harga Rp 3.000 sampai Rp 5.000.

SOUVENIR DARI KALENG BEKAS

Sobat pasti sudah tidak asing dengan istilah kaleng. Kaleng menjadi salah satu penyumbang sampah di Indonesia yang sulit terurai dan dibuang begitu saja. Padahal Sobat bisa memanfaatkan menjadi kerajinan tangan yang unik.

Kerajinan tangan ini bisa menjadi souvenir yang cantik dan menarik. Biasanya souvenir-souvenir ini akan dipasarkan di berbagai tempat, baik online (di marketplace) maupun offline (tempat wisata).

CEMILAN DARI SAMPAH DAPUR

Selain sampah plastik, sampah makanan juga menjadi penyumbang jumlah sampah di Indonesia. Setiap harinya di Indonesia dapat memproduksi berton-ton sampah makanan, baik sampah dari restoran atau rumah.

Untuk mengurangi hal tersebut, Sobat dapat mengembangkan ide bisnis keripik kulit kentang. Kulit kentang bisa menjadi camilan yang renyah dan enak. Kulit kentang juga mengandung gizi, serat dan vitamin yang baik untuk tubuh.

Hal tersebut membuktikan bahwa kentang baik untuk tubuh. Jika Sobat tertarik mencoba bisnis ini, Sobat bisa menjualnya dengan kisaran harga Rp 5.000/kemasan.

MINIATUR SUPERHERO DARI E-WASTE

Dampak buruk dari kemajuan teknologi adalah munculnya e-waste. E-waste adalah sampah perangkat elektronik. Sampah elektronik membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa terurai. Bahkan harus hati-hati karena mengandung bahan kimia.

Untuk mengurangi e-waste, Sobat Jasa Logo bisa memanfaatkan sampeh elektronik menjadi produk yang bernilai seni tinggi.

REMAKE BAJU BEKAS (TRASHION)

Baju bekas juga bisa diolah menjadi barang yang bermanfaat mirip matras, keset, cushions, tas, boneka dan masih banyak lagi. Kumpulkan baju lamamu dan mulailah berkreasi dengan membuat aneka macam barang yang menarik sehingga bisa dijual.

Sobat juga bisa mendesain ulang baju baru dari kain perca atau bahkan baju bekas. Seperti yang dilakukan oleh desainer dari Finlandia Mert Otsamo.

Nah, Sobat Jasa Logo, sebagaimana dilansir asal recyclart.com, Mert mengubah jaket kulit bekas menjadi gaun malam yang menawan. Wow! Fantastis bukan? Apakah Sobat akan menirunya? Laksanakan, ya!

Jadi, andaikan Sobat punya keahlian mendesain baju seperti Mert, kalian mampu membuka butik sendiri yang spesifik menjual baju siklus ulang dengan sasaran konsumen kelas menengah.

Dengan begitu, fashion mampu menjadi milik siapa saja, tidak terbatas hanya kalangan berdompet tebal.

KESIMPULAN

Demikian Sobat Jasa Logo, ulasan mengenai daur ulang plastik penambah penghasilan yang menggiurkan!.

REKOMENDASI

Bagi Anda yang tengah bingung mencari desainer untuk aktivitas usaha Anda, segera hubungi  pihak kami hanya di Jasa Logo!

Apa keuntungannya? Dengan pengerjaan yang super rapi dan cepat, kami mengunggulkan  pelayanan demi kepuasan Anda, sobat Jasa Logo!