BISNIS MODAL KANVAS: PENGERTIAN, ELEMEN

BISNIS MODAL KANVAS: PENGERTIAN, ELEMENBisnis model canvas mengandalkan gambar ide, sehingga setiap dari kita, memiliki pemahaman yang sama dan nyata akan macam-macam konsumen dari bisnis kita, dan sebagainya.

PENGERTIAN: BISNIS MODAL KANVAS MERUPAKAN?

Bisnis Model Canvas atau bisnis model kanvas. Ya, sobat jasa logo, Business Model Canvas atau BMC merupakan sebuah strategi yang digunakan dalam manajemen dan berupa visual chart.

Sobat Jasa Logo, jika dilihat sepintas, sebenarnya alur business model canvas nampak cukup sederhana. Secara garis besar, alurnya mengalir dari satu elemen bisnis menuju elemen penting berikutnya.

Berikut juga dihadirkan mengenai elemen yang harus ada pada bisnis modak canvas, sobat jasa logo!

9 ELEMEN – ELEMEN PENTING

Customer Segments (Segmentasi Konsumen)

Elemen pertama yang harus Anda miliki dalam memulai bisnis model kanvas ini merupakan menentukan segmen pelanggan mana yang akan menjadi target bisnis.

Misalnya, suatu maskapai penerbangan mengeluarkan 2 produk untuk memenuhi kebutuhan 2 segmen pelanggan yang berbeda, atau ada 2 stasiun televisi yang menyajikan 2 acara berbeda untuk memenuhi segmen pelanggan yang berbeda.

Revenue Streams (Sumber Pendapatan)

Revenue stream merupakan bagian yang paling vital, di mana organisasi memperoleh pendapatan dari pelanggan.

Elemen Bisnis Model Canvas, bisnis model kanvas, Business Model Canvas atau BMC ini harus dikelola semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapatan bisnis.

Jangan sampai ada bahan baku, produk, atau kinerja yang tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Channels (Saluran)

Channel yang dimaksud di sini merupakan media atau sarana apa saja yang bisa Anda gunakan untuk menyampaikan produk atau jasa.

Channel atau saluran merupakan bagaimana Anda bisa menyampaikan produk Anda sampai hingga kepada konsumen.

Melalui penggunaan channels yang tepat, Anda baru bisa menyampaikan value propositions kepada customer segments.

Customer Relationship (Hubungan Konsumen)

Customer Relationship merupakan elemen dalam contoh bisnis model canvas atau business model canvas di mana perusahaan menjalin ikatan dengan pelanggannya.

Bagian ini harus Anda jawab untuk mengetahui bagaimana cara Anda menjalin hubungan dengan pelanggan.

Value Proposition (Proposisi nilai konsumen)

Selain beberapa di atas, Anda harus tahu bagaimana bisnismu bisa bermanfaatnya bagi para pelanggan.

Value proposition menjabarkan poin-poin atau nilai yang ditawarkan oleh suatu bisnis bagi segmen konsumennya, Sobat Jasa Logo.

Key Resource (Sumber Daya)

Key resource merupakan sekat dalam bisnis model kanvas yang berisikan daftar sumber daya yang sebaiknya direncanakan dan dimiliki perusahaan untuk mewujudkan value proposition mereka.

Semua jenis sumber daya, mulai dari pengelolaan bahan baku, mengontrol stok barang, penataan sumber daya manusia, dan penataan proses operasional menjadi perhatian dalam membuat Business model canvas.

Key Activities (Aktivitas yang Anda Jalankan)

Sobat Jasa Logo, Key activities merupakan semua aktivitas yang berhubungan dengan produktivitas bisnis yang berkaitan dengan sebuah produk,, sobat.

Dimana, kegiatan utamanya merupakan menghasilkan proposisi nilai.

Poin ini diperlukan sebagai salah satu strategi bisnis terpenting yang harus Anda lakukan untuk membuat elemen business model canvas ini berfungsi.

Di mana, kegiatan-kegiatan utama harus secara langsung terkait dengan Value Propositions perusahaan.

Key Partnership (Kerja sama)

Key partnership merupakan elemen dalam bisnis model canvas yang berisi daftar sumber daya di luar perusahaan yang Anda butuhkan untuk mencapai key activites dan menyampaikan value ke pelanggan.

Partner utama ini dapat berupa third party. Third party, seperti supplier, mitra bisnis atau perusahaan lain yang mendukung aktivitas bisnis Anda.

Cost Structure (Struktur biaya)

Cost structure merupakan elemen terakhir dalam business model canvas. Di dalamnya mencakup pemetaan biaya untuk mengoperasikan bisnis sesuai dengan value proposition.

Pentingnya mengelola anggaran secara efisien untuk meminimalisir risiko kerugian dan kondisi keuangan perusahaan yang tidak sehat. Untuk mengelola keuangan dalam bisnis, Anda harus menyusun laporan keuangan dan pembukuan yang baik.

KESIMPULAN

Demikian sobat jasalogo.id, informasi pada ulasan kali ini tentang “bisnis modal kanvas: pengertian, elemen pentingnya”

Di sisi lain, untuk menunjang bisnis Anda, kami juga sangat merekomendasikan Anda untuk memilih platform jasa logo untuk keperluan desain logo usaha Anda.

Dengan harga ramah di kantong dan fasilitas yang lengkap, mulai dari revisi tanpa batas hingga pelayanan 24 jam, jasa logo hadir menjawab keresahan Anda! Contact Us, Now!