BATOK KELAPA JADI PRODUK BERNILAI JUAL TINGGI

BATOK KELAPA JADI PRODUK BERNILAI JUAL TINGGI – Sudah memiliki ide? Nah, pemanfaatan pohon kelapa memang sering dijumpai di sekitar lingkungan kita loh Sobat! Mulai dari daun, batang, buah, bahkan bungannya.

Batok atau sering disebut tempurung kelapa adalah limbah sampingan yang berasal dari kelapa. Batok kelapa memiliki bentuk yang keras dan dilapisi oleh sabut kelapa.

Batok kelapa umumnya cuman dimanfaatkan buat sumber bahan yang diperluan untuk memasak, khususnya buat rumah tangga yang masih memakai tungku dapur tradisional.

Bahkan tak jarang, limbah tempurung kelapa yang begitu melimpah tersebut dibiarkan begitu saja sampai balik  ke alam tanpa tahu manfaat ekonomisnya.

Nah, bagi Anda yang daerahnya mempunyai potensi sumber bahan standar tempurung kelapa yang begitu melimpah, maka Anda bisa mencoba membangun kewirausahaanmu untuk mengolah sampah batok kelapa tadi jadi produk yang mempunyai nilai jual.

Berikut akan dijabarkan tentang cara mengolah batok kelapa menjadi produk bernilai jual tinggi.

USAHA PEMBUATAN BRIKET ARANG

Hal kpertama yang bisa Anda lakukan buat menghasilkan uang bermodal batok kelapa adalah dengan mengolah batok kelapa sebagai arang atau briket tempurung kelapa.

Arang atau briket ini adalah sumber bahan bakar yang paling mudah buat berkegiatan panggang-memanggang. Buat membikin arang atau briket, Anda bisa melakukannya secara manual atau pakai bantuan mesin.

Secara manual atau sederhana, kalian harus membakarnya di sebuah tungku atau drum besar  degan pembakaran tidak sempurna.

Umumnya proses tersebut berlangsung kurang lebih 6-8 jam dan sesudah bahan tempurung kelapa berubah menghitam jadi arang, maka proses pembakaran dihentikan. Kemudian dijemur sebelum dikemas menggunakan plastik ataupun karung.

Sementara buat pembuatan briket, arang yang telah dihancurkan serta diayak supaya bisa dicetak berbentuk bundar atau kotak.

Bahan lain yang dibutuhkan ialah perekat atau tepung kanji dan air. Buat mempercepat proses produksi, sebaiknya gunakan mesin pengayak dan  pencetak briket arang.

USAHA PEMBUATAN PRODUK KERAJINAN (HANDICRAFT)

Banyak cerita sukses yang membahas pengusaha-pengusaha sukses berkat keterampilannya mengolah batok kelapa jadi produk kerajinan yang memiliki nilai keindahan tinggi.

Hingga beberapa di antaranya berhasil menjarah pasar luar negeri. Modal utamanya hanya lah keterampilan dan  jiwa seni.

Dengan menggunakan mesin pemotong dan penghalus kayu, lem dan cat pelapis, mereka bisa menyulap sampah tempurung kelapa jadi barang kerajinan yang begitu indah.

Contohnya tas, dompet, ikat pinggang, kancing baju, keranjang buah, kap lampu, hiasan dinding, topi, hiasan meja sampai aksesoris  yang mempunyai gaya etnic.

Jika Anda memiliki bakat seni, mungkin usaha produksi handicraft berbahan batok kelapa ini adalah jalan menuju kesuksesan hidup Anda.

DJUAL UNTUK BAHAN CAMPURAN OBAT NYAMUK

Mungkin Anda sudah sering memakai produk pengusir nyamuk berbentuk bulat yang cara penggunaanya dibakar supaya membentuk asap.

Bahan untuk membuat obat nyamuk tadi merupakan campuran tepung kayu, tepung batok kelapa, cairan aroma, dan  formula bahan kimia.

Tepung yang dari tempurung kelapa bermanfaat untuk penghambat laju pembakaran pada obat nyamuk itu dapat didesain menggunakan mesin pencacah penggiling batok kelapa.

Nah, buat menerima penghasilan, Anda wajib menjadi suplair tepung batok kelapa ke perusahaan yang menghasilkan obat bakar nyamuk itu.

KESIMPULAN

Demikian Sobat Jasa Logo, ulasan mengenai cara mengolah batok kelapa menjadi produk bernilai jual tinggi.

REKOMENDASI

Bagi Sobat yang tengah bingung mencari desainer untuk aktivitas usaha Sobat, segera hubungi pihak kami hanya di Jasa Logo!

Apa keuntungannya? Dengan pengerjaan yang super rapi dan cepat, kami mengunggulkan pelayanan demi kepuasan Sobat, sobat Jasa Logo!