BAGAIMANA MENJADI SEORANG WIRAUSAHA DIGITAL?

BAGAIMANA MENJADI SEORANG WIRAUSAHA DIGITAL? – Sobat jasalogo, kehadiran wirausaha digital berpotensi memunculkan perusahaan rintisan (startup company)  yang sering kali membuat terobosan-terobosan melalui teknologi disruptif (disruptive technology).

Kehadiran perusahaan jenis ini dirasakan sangat membantu konsumen, karena umumnya menawarkan solusi berupa kemudahan dan kenyamanan dengan harga atau tarif yang lebih murah.

Kemunculan wirausaha digital di Indonesia tentunya akan menarik banyak aktivitas ekonomi yang pada akhirnya berpotensi meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

MEMAHAMI SELUK-BELUK WIRAUSAHA DIGITAL

Kewirausahaan ialah kemampuan mengubah setiap peluang menjadi tantangan yang bernilai ekonomi.

Saat kemampuan ini disinergikan dengan kompetensi di bidang teknologi, maka lahirlah kemampuan wirausaha di bidang teknologi yang lazim dikenal sebagai technopreneurship.

Nahm technopreneurship bersumber dari riset dan temuan-temuan baru dalam bidang teknologi yang dikembangkan dengan saksama.

Sehingga, dapat memberikan keuntungan bagi penciptanya dan masyarakat penggunanya. Penggiat technopreneurship disebut sebagai wirausaha digital.

Nah, sobat jasalogo, kata teknopreneur bermakna wirausaha digital yang merupakan gabungan antara teknologi dan entrepreneur. Secara umum, kata teknologi merujuk pada penerapan praktis ilmu pengetahuan yang digunakan untuk menjalankan industri.

Dimana, hal tersebut di atas meliputi penciptaan alat-alat, pengembangan keahlian, pemecahan masalah, dan sebagainya.

Sedangkan, kata entrepreneur merujuk pada seseorang atau kelompok yang menciptakan usaha dengan keberanian menanggung risiko dan ketidakpastian untuk mencapai keuntungan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada.

Seorang wirausaha digital tidak cukup bermodalkan satu atau dua kemampuan di bidang teknologi saja, tetapi juga harus peka terhadap inovasi teknologi yang didukung dengan penemuan ide kreatif.

Perkembangan bisnis dalam bidang teknologi melibatkan banyak aktor, meliputi pemilik ide kreatif (wirausaha digital), pusat riset, penyedia modal dan pemerintah.

Hubungan saling dukung antar actor tersebut akan mendorong berkembangnya bisnis teknologi, sebagaimana tercermin dalam praktik kewirausahaan digital di berbagai Negara, sobat jasalogo.

Nah, secara ringkas, elemen-elemen pendukung lahirnya wirausaha digital digambarkan sebagai berikut:

Maksimalkan Potensi SDM

Secanggih apa pun teknologi hanya akan berperan sebagai sebuah tools. Keluaran yang dihasilkan bergantung dengan brainware yang mengoperasikan.

Oleh karenanya memberdayakan SDM yang ada di lingkungan bisnis menjadi salah satu urgensi utama dan yang paling awal dalam melakukan transformasi digital.

Sebab, investasi untuk meningkatkan pemahaman SDM terkait teknologi sangat perlu, untuk membangun literasi digital itu sendiri.

Libatkan Komponen yang Turut Berpengaruh dalam Bisnis

Salah satu hasil yang dapat dicapai dari transformasi digital yang telah dimulai dari sisi internal bisnis adalah jam kerja yang cenderung lebih fleksibel.

Namun, hal tersebut tidak akan efektif jika perkembangannya tidak diikuti oleh komponen di sekitarnya, dan yang paling berpengaruh besar bagi bisnis tentu pelanggan.

Optimalkan Operasi Bisnis Melalui Teknologi

Mayoritas pebisnis di era digital sangat sadar pentingnya transformasi digital. Misalnya pemanfaatan komputasi awan untuk menyederhanakan infrastruktur bisnis.

Secara umum, transformasi digital sangat membuka peluang baru dalam bisnis, dan pebisnis 90% mempercayai itu.

Transformasi Digital Turut Mengubah Proses Bisnis

Transformasi digital tidak sesederhana mengubah pendekatan penulisan dengan kertas menjadi komputer.

Lebih dari itu, berbagai proses dalam bisnis perlu disesuaikan, didorong dengan inovasi teknologi.

Demikian, informasi mengenai bagaimana menjadi seorang wirausaha digital.

Team jasalogo menawarkan hasil karya logo terbaik untuk dukung kredibilitas usaha Anda. Dengan pengerjaan yang rapi, cepat, hingga professional bisa Anda raih hanya dengan harga paket yang super ramah di kantong!

Pastikan Anda percayakan desain logo usaha atau perusahaan Anda hanya di jasalogo!