Apa Itu Kompetitor Bisnis – Kompetitor atau pesaing adalah usaha, produk, brand atau merek yang menjual produk yang mirip atau bahkan sama dengan produk yang Anda tawarkan.
Dalam dunia usaha, kompetitor adalah hal yang pasti ditemui oleh para pelaku usaha. Namun, bukan artinya Anda bisa seenaknya menjatuhkan kompetitor dengan cara-cara yang tidak semestinya, lho!
Misalnya, Anda menggunakan akun media sosial palsu untuk berkomentar negatif di situs penjualan kompetitor Anda.
Ada beberapa cara untuk menganalisa laju pesaing dalam dunia bisnis. Anda sebagai pengusaha perlu untuk mengetahui beberapa hal berikut untuk bisa menganalisa laju perkembangan bisnis pesaing;
- Kelengkapan mutu, desain serta bentuk produk pesaing
- Harga yang ditawarkan pesaing
- Lokasi cabang atau saluran distribusi yang dimiliki oleh pesaing
- Promosi yang dijalankan oleh pesaing
- Bagaimana pencana kegiatan kompetitor ke depan
[Kekuatan dan Kelemahan Bisnis]
Apa itu Competitor Analysis?
Competitor analysis atau analisis pesaing adalah praktik mengevaluasi pemain lain di pasar Anda dan mengumpulkan data kinerja mereka dengan tujuan untuk memperkaya strategi pemasaran dan produk yang akan atau ingin dijalankan.
[Analisis Kompetitor Sebelum Menentukan Strategi]
Mengapa Competitor Analysis Penting untuk Dilakukan?
Competitor analysis sangat penting untuk dilakukan karena penting untuk menemukan pesaing Anda.
Hanya dengan memahami siapa yang beroperasi di ruang yang sama dengan Anda dan menargetkan audiens yang sama akan memberikan wawasan yang luas tentang jenis konten yang harus disediakan. Anda dapat melihat apa yang mereka lakukan dengan benar dan bagaimana caranya meniru kesuksesan mereka.
Mengidentifikasi peluang: Anda dapat menemukan beberapa value penting saat memata-matai kompetitor; Anda akan dapat mengidentifikasi calon mitra, pengecer, advokat, dan bahkan peluang PR.
Ini menjadi dasar saat Anda melakukan analisis kompetitor, yakni mengidentifikasi siapa saja yang menjadi kompetitor bisnis Anda. Perlu diketahui, bahwa kompetitor sendiri ada 3 jenis,yakni:
1. Kompetitor Langsung
Bisa dikatakan ini merupakan kompetitor yang utama. Karena Kompetitor langsung merupakan bisnis atau usaha yang secara apple to apple sama persis dengan bisnis Anda. Mulai dari produk, target market, kisaran harga hingga konsep bisnis. Misalnya, Anda dan kompetitor sama-sama menjalankan bisnis kuliner dengan menjual es krim di tempat usaha yang tidak begitu jauh.
2. Kompetitor Tidak Langsung
Yaitu kompetitor yang berada di sektor bisnis yang sama dengan bisnis Anda, namun menawarkan produk yang berbeda. Sebagai contoh, minuman teh kekinian adalah bisnis yang Anda jalankan, sedangkan kompetitor Anda menjual minuman boba. Sama-sama menjual produk F&B, yakni minuman, namun dengan produk yang berbeda.
3. Substitutes atau New Entrants
Terakhir, substitutes atau new entrants bisa dianggap juga sebagai kompetitor Anda, yakni bisnis yang memiliki tujuan yang sama dengan bisnis Anda, namun cara penyampaiannya berbeda, bahkan bisa dibilang lebih maju. Biasanya hal ini didukung dengan teknologi yang semakin maju, seperti halnya kehadiran KAWN aplikasi kasir online yang seiringnya waktu dapat menggantikan bisnis penyedia alat mesin kasir manual.
[Apa itu Kompetitor, Trik Menghadapi Kompetitor]
Demikian Jasalogo.id ulaskan terkait Apa Itu Kompetitor Bisnis. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.
Kunjungi artikel menarik lainnya di Jasalogo.id