Apa itu Etika Bisnis, Tujuan dan Manfaat

Apa itu Etika Bisnis, Tujuan dan Manfaat РKetika kamu membangun dan mengembangkan sebuah bisnis yang harus kamu perhatikan tidak hanya sekedar keuntungan maupun kerugian.

Melainkan ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti manajemen bisnis atau etika berbisnis baik internal maupun eksternal.

Etika dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat baik antara atasan dan bawahan ataupun sebaliknya , maupun hubungan dengan masyarakat dan pelanggan.

Lansung simak penjelasan Jasalogo.id terkait Apa itu Etika Bisnis, Tujuan dan Manfaat sebagai berikut:

Etika Bisnis ?

Etika bisnis adalah cara yang kamu lakukan dalam berbisnis meliputi semua kegiatan bisnis yang berhubungan dengan perusahaan, masyarakat, maupun individu.

Sedangkan pengertian etika adalah suatu aturan atau norma yang dipakai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat seseorang terkait perilaku baik dan buruk.

Etika berbisnis juga menjadi standar dan pedoman bagi semua pegawai perusahaan untuk melaksanakan pekerjaannya dengan dilandasi sikap-sikap yang profesional.

Tujuan Etika Bisnis

Dalam berbisnis Anda harus memiliki tujuan yang jelas seperti yang tercantum dalam business plan awal. Nah berikut ini ada rangkuman mengenai tujuan etika bisnis adalah sebagai berikut:

Mendapat Kepercayaan Dari Pelanggan

Perusahaan yang menerapkan etika bisnis yang baik akan mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan. Hal itu dikarenakan hubungan baik yang dilakukan oleh karyawan baik itu berupa sikap menghargai pelanggan, maupun sifat terbuka dan kejujuran terhadap pelanggan.

Meningkatkan Pribadi Karyawan

Adanya etika dalam berbisnis mempunyai tujuan untuk meningkatkan pribadi (personal) karyawan perusahaan.

Tujuannya agar tidak menyalahgunakan kepentingan sesama karyawan lainnya ketika menjalankan tugas bisnis.

Bukan hanya itu, etika ini diperlukan agar organisasi atau perusahaan menepati janji yang diberikan kepada karyawan perusahaannya.

Menjunjung Nilai Moral

Etika bisnis tentu erat kaitannya dengan nilai moral yang melandasi agar suatu etika dapat terlaksana. Terciptanya perilaku yang menjunjung nilai moral oleh karyawan dalam perusahaan tentu merupakan keunggulan yang sangat baik untuk perusahaan itu sendiri.

Karyawan dapat menjadi lebih akrab satu sama lain dan lebih sopan santun dalam bertutur kata serta bercengkerama. Nilai moral tersebut akan membuat perusahaan menjadi lebih unggul.

Terciptanya Hubungan Kerja Yang Baik Antara Anggota Perusahaan.

Dengan menjunjung tinggi nilai moral, maka perselisihan antar anggota perusahaan akan dapat terhindarkan. Hal ini akan dapat membangun perusahaan menjadi lebih baik lagi.

Terciptanya nilai moral, tentu saja nilai moral berhubungan dengan etika dalam berbisnis karena memberikan dampak kepada perilaku serta moral karyawan sehingga dapat meningkatkan nilai pada perusahaan.

Baca Juga [9 Langkah Membangun Networking]

Manfaat Etika Bisnis

Mendapat Kepercayaan Publik

Perusahaan yang menerapkan etika bisnis akan mendapatkan manfaat berupa kepercayaan dari pelanggannya.

Manfaat dari etika bisnis akan menunjukkan perusahaan memiliki kejujuran dan tidak akan membohongi pelanggan. Kepercayaan pelanggan pada perusahaan pun menjadi semakin meningkat karena perusahaan dinilai sangat loyal dalam melakukan bisnis dengan pelanggan.

Menarik Perhatian Investor

Salah satu keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan yang selalu memegang etika dalam berbisnis adalah lebih mudah memperoleh perhatian dari para calon investor. Cepat atau lambat, perusahaan yang beretika akan tampil dengan sendirinya karena nilai-nilai yang diyakini dan dipegangnya.

Mendapatkan perhatian investor sangat penting, khususnya bagi usaha yang baru saja dimulai dan ingin berkembang serta membutuhkan dana besar. Sementara itu, investor pasti memiliki banyak pertimbangan sebelum mengucurkan dana pada sebuah bisnis.

Tak heran, berbekal etika bisnis yang dijalankan, perusahaan tersebut bisa memperoleh kesempatan pertama untuk diperhatikan.

Memaksimalkan Laba Bisnis

Pelanggan yang percaya pada kinerja perusahaan kemudian akan menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal.

Hal ini disebabkan perusahaan telah menerapkan etika bisnis dan pelanggan telah menaruh kepercayaan penuh pada kinerja perusahaan.

Masalah-masalah yang umumnya menyebabkan keuangan menjadi terpakai untuk penyelesaian masalah dapat teratasi, keuntungan pun menjadi lebih maksimal untuk didapatkan.

Baca juga [Keuntungan dan Kerugian Anda Bisnis Sendiri]

Simak Artikel Menarik Lainnya di Jasalogo.id

Demikian Etika Bisnis, Tujuan dan Manfaat yang dapat diperoleh suatu perusahaan.

Memang begitu penting arti etika bisnis untuk keberlangsungan sebuah perusahaan. Sebagai pelaku bisnis harus memiliki etika bisnis dan tanggung jawab dalam menjalankan bisnisnya.

Untuk itu pelaku bisnis dapat mulai mempelajari etika bisnis dan cara menumbuhkan adanya etika saat berbisnis. Harapannya saat meraih kesuksesan bukan menjadi persoalan yang begitu berat.