Agrobisnis: Pengertian, Fungsi, Peluang

Agrobisnis: Pengertian, Fungsi, Peluang – Sobat jasalogo.id, hari hari ini, ditengarai semakin banyak masyarakat yang tertarik a untuk membuka usaha di bidang pertanian, khususnya untuk menanam sayuran dan buah-buahan.

Namun demikian, Anda perlu merencanakan bisnis ini dengan matang dan mempertimbangkan segala resikonya. Agar usaha ini dapat benar-benar menghasilkan keuntungan yang teratur dan maksimal

Nah, pada ulasan kali ini, jasa logo akan menghadirkan beberapa informasi mengenai lingkup agrobisnis, sobat! Selengkapnya, hanya untuk Anda!

Apa itu “AGROBISNIS”?

Agrobisnis atau juga bisa disebut dengan istilah agribisnis merupakan suatu usaha yang berbasis pertanian atau bidang lain yang mendorong pemanfaatan tanah atau lahan untuk menanam berbagai macam tumbuhan produktif.

Dalam beberapa tahun terakhir, agrobisnis banyak menarik perhatian dan banyak dijalankan oleh masyarakat, khususnya di Indonesia.

Kondisi ini merupakan peluang bagus, apalagi dengan jaman teknologi ini mungkin Anda bisa memanfaatkannya sebagai bisnis online.

Fungsi “AGROBISNIS”?

Agrobisnis memiliki beragam fungsi yang dapat disusun menjadi suatu sistem. Fungsi-fungsi tersebut, meliputi kegiatan pengadaan dan penyaluran sarana produksi, kegiatan produksi primer (budidaya), pengolahan (agroindustri), dan pemasaran.

Untuk melakukan kegiatan agrobisnis, Anda harus menerapkan fungsi-fungsi tersebut dalam satu mekanisme dengan saling memadukan sistem atau subsistem dengan baik dan benar.

Beberapa Peluang Agrobisnis yang Mudah Anda Jalankan!

Setelah Anda mengetahui mekanisme, sistem, dan fungsi yang ada pada usaha agrobisnis, maka Anda bisa menentukan jenis agrobisnis yang bisa Anda jalankan. Berikut beberapa peluang agrobisnis yang mudah dijalankan.

Sayuran Hidroponik

Hidroponik merupakan teknik bercocok tanam dengan sistem organik yang saat ini menjadi salah satu trend. Banyak orang menyukai teknik hidroponik karena tanaman bisa ditanam dan dirawat sendiri dengan mudah di pekarangan rumah.

Selain itu, untuk memulai usaha tanaman hidroponik juga tidak membutuhkan modal dan lahan yang besar.

Usaha sayuran hidroponik bisa dimaksimalkan sebagai peluang usaha yang mudah dijalankan.

Kebutuhan masyarakat mengenai pangan tidak akan pernah habis, sehingga sayuran hidroponik yang segar akan lebih banyak dicari dibandingkan sayuran yang diambil dari desa ke kota dengan jangka waktu panen yang lebih panjang dan mempengaruhi kesegaran sayuran tersebut.

Obat dari Bahan Alami

Anda pasti tidak asing dengan istilah obat herbal, sobat jasalogo!

Tidak sedikit tanaman tertentu yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat obat alami atau herbal. Saat ini, banyak permintaan obat-obat alami atau herbal karena terbukti ampuh dan tanpa efek samping dibandingkan menggunakan obat kimia.

Usaha mengembangkan tanaman obat bisa menjadi pilihan agrobisnis untuk Anda. Beberapa jenis tanaman obat yang bisa Anda kelola sendiri, antara lain lidah buaya, temulawak, kunyit, sirih hingga jahe merah.

Tanaman Cangkok Agrobisnis

Usaha agrobisnis yang bisa Anda kelola sendiri adalah menyediakan tanaman cangkok. Meskipun sedikit membutuhkan keahlian dan pengetahuan, usaha ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Anda bisa membuat dan menjual cangkok tanaman yang dikembangkan dalam pot.

Bisnis membuat tanaman cangkok tidak terlalu mengeluarkan modal yang besar, namun memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan.

Usaha Pembibitan Tanaman

Usaha pembiakan bibit dapat berupa  jual beli bibit untuk tanaman sayur, buah-buahan, dan beberapa jenis pohon lain. Bisnis pembiakan bibit tanaman bisa Anda kelola sendiri di rumah. Di Indonesia memiliki jenis bibit tanaman yang sangat beragam.

Untuk memulai usaha ini, Anda bisa melihat dan mempelajari pohon yang bisa tumbuh di daerah sekitar dengan cepat dan mudah.

Bibit pohon juga merupakan tanaman yang paling laku di pasaran. Hampir di setiap tempat seperti kota dan desa membutuhkan pohon-pohon untuk menyegarkan lingkungan tempat tinggal dan dibutuhkan juga untuk kegiatan reboisasi di beberapa tempat.

Itulah mekanisme agrobisnis dan beberapa cara mudah yang bisa dijalankan. Anda bisa memulai agrobisnis sesuai dengan kondisi dan permintaan pasar di daerah Anda.

Budidaya Buah-buahan

Agrobisnis yang mudah dilakukan adalah budidaya buah-buahan, karena Anda dapat dengan mudah memperoleh bibit dengan harga yang terjangkau. Beberapa contoh buah-buahan yang bisa Anda kembangkan antara lain jeruk manis, pisang, hingga buah naga. Bahkan untuk beberapa tanaman buah tertentu, bisa dilakukan secara hidroponik, sehingga menghasilkan buah dengan kualitas organik.

KESIMPULAN

Demikian sobat jasalogo.id, informasi pada ulasan kali ini tentang Agrobisnis: Pengertian, Fungsi, Peluang!

Di sisi lain, untuk menunjang bisnis Anda, kami juga sangat merekomendasikan Anda untuk memilih platform jasa logo untuk keperluan desain logo usaha Anda.

Dengan harga ramah di kantong dan fasilitas yang lengkap, mulai dari revisi tanpa batas hingga pelayanan 24 jam, jasa logo hadir menjawab keresahan Anda! Contact Us, Now!