Pengertian Wirausaha, Wiraswasta dan Kewirausahaan

Pengertian Wirausaha, Wiraswasta dan Kewirausahaan – Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas terkait dengan apa itu wirausaha, sobat jasalogo.id.

Selain itu, akan kita lihat bersama, apa perbedaannya dengan kewirausahaan.

Kita mulai saja, ya, sobat jasalogo.id!

PENGERTIAN WIRAUSAHA

Secara etimologis, istilah  wirausaha  berasal  dari  kata  “wira”  dan “usaha”. Kata “Wira” bermakna: berani, utama, atau perkasa. Sedangkan “usaha”  bermakna  kegiatan  dengan  mengerahkan  tenaga  pikiran dan fisik untuk mencapai sesuatu maksud.

Secara terminologis, wirausaha adalah kemampuan untuk menciptakan, mencari, dan memanfaatkan peluang dalam menuju apa yang diinginkan sesuai dengan yang diidealkan.

Istilah wirausaha berdekatan dengan istilah wiraswasta, meski terdapat perbedaan.

Apa perbedaannya, sobat jasalogo.id? Sering bukan, mendengar istilah wiraswasta, begitu?

Nah, wiraswasta lebih fokus pada objek, sedangkan wirausaha lebih menekankan pada jiwa dan semangat kemudian diaplikasikan dalam segala aspek kehidupan.

PERBEDAAN WIRAUSAHA DAN WIRASWASTA

Jadi perbedaan seorang wiraswasta dengan seorang wirausaha adalah wirausaha cenderung bermain dengan risiko dan tantangan.

Artinya, wirausaha lebih bermain dengan cara memanfaatkan peluang-peluang tersebut. Sedangkan wiraswasta lebih cenderung kepada seseorang yang memanfaatkan modal yang dimilikinya untuk membuka suatu usaha tertentu.

Seorang wirausaha bisa jadi merupakan wiraswastawan, namun wiraswastawan belum tentu seorang wirausaha.

Dalam bahasa Perancis, kata wirausaha adalah entrepreneur. Entre berarti antara, prendre berarti mengambil.

Nah, perlu diketahui juga nih, sobat jasalogo.id, bahwasanya untuk kata entre sendiri pada dasarnya digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang berani mengambil resiko dan memulai sesuatu yang baru.

Diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan arti go-between atau between-taker yang bermakna perantara.

Sebagai contoh pengertian go-between atau between-taker adalah pada saat Marcopolo merintis jalur pelayaran perdagangan, di mana Marcopolo setuju menandatangani kontrak untuk menjual barang dari pengusaha.

PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN

kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain atau sesuatu yang baru dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan resiko sosial, fisik, dan keuangan dan menerima imbalan dalam bentuk uang, kepuasan serta kebebasan pribadi.

Terdapat kepada empat aspek  dasar bagi seorang entrepreneur yaitu:

  • Entrepreneurship melibatkan proses penciptaan sesuatu yang lain maupun baru. Penciptaan memiliki nilai yang baik untuk entrepreneur maupun untuk
  • Entrepreneurship menghargai waktu dan usaha yang mereka gunakan untuk menciptakan sesuatu yang baru.
  • Entrepreneurship memiliki  resiko
  • Entrepreneurship melibatkan  imbalan  kepada

MENURUT PARA AHLI

PENROSE (1963)

Panrose mmenjelaskan kegiatan kewirausahaan mencakup indentifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi. Kapasitas atau kemampuan manajerial  berbeda  dengan  kapasitas  kewirausahaan.

HARVEY LEIBENSTEIN (1968)

Hal senada dengan Panrose, juga diungkapkan oleh Harvey bahwa kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan.

Tujuannya untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya.

WIJATNO (2009)

Menurut Wijatno, kewirausahaan adalah hasil dari proses menerapkan kreativitas dan inovasi secara sistematis dan teratur terhadap kebutuhan dan peluang yang ada dalam pasar untuk memenuhi kebutuhan konsumenatau memecahkan masalah konsumen.

SIAGIAN DAN ASFAHANI (1995)

Kedua tokoh ini mendefinisikan kewirausahaan adalah semangat, perilaku, dan kemampuan untuk memberikan tanggapan yang positif terhadap peluang memperoleh keuntungan.

Baik untuk diri sendiri dan atau pelayanan yang lebih baik pada pelanggan/ masyarakat, engan selalu berusaha mencari dan melayani langganan lebih banyak dan lebih baik, serta menciptakan yang lebih efisien.

Hal itu dilakukan dengan suaru keberanian mengambil resiko, kreativitas dan inovasi serta kemampuan manajemen menyediakan produk yang lebih bermanfaat dan menerapkan cara kerja.

SURYANA (2003)

Yang selanjutnya adalah Suryana, yang menjelaskan bahwa kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses.

Inti dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (create new and different) melalui aktivitas berfikir kreatif dan inovatif.

KESIMPULAN

Itulah pengertian wirausaha, wiraswasta dan kewirausahaan yang berhasil tim jasalogo.id rangkum. Semoga bermanfaat, ya, sobat jasalogo.id!

Kenali kami lebih dekat dengan klik disini!