9 Langkah Membangun Networking

9 Langkah Membangun Networking – Bisnis tanpa sebuah jaringan atau networking adalah sebuah hal yang mustahil. Kenyataannya, setiap bisnis selalu memerlukan jaringan karena sebuah bisnis tidak dapat berdiri sendiri.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh jika sebuah perusahaan memiliki banyak jaringan , diantaranya mampu meningkatkan penjualan, menambah koneksi dan relasi, menjadi solusi bagi persoalan bisnis, menambah wawasan atau memperluas pengetahuan bisnis

Dalam dunia kerja, seseorang harus memiliki keterampilan untuk membangun hubungan dengan orang lain. Hal ini dapat memperluas jaringan, sekaligus juga sebagai langkah untuk meningkatkan personal branding.

Networking adalah poin penting dalam dunia kerja. Khususnya dalam mengembangkan karier. Meski begitu, masih ada saja orang yang mengecilkan peranan networking atau jaringan ini.

Padahal, jaringan relasi yang terjalin dengan baik, memiliki manfaat yang sangat positif.

Salah satu contoh yang paling dekat dengan networking adalah hubungan dengan rekan sekantor. Bukan hal yang mustahil, bila satu saat nanti ada hubungan yang menguntungkan.

Berikut Jasalogo.id uraikan 9 Langkah Membangun Networking, Penting Untuk Pembisnis, simak terus penjelasannya:

[3 Jenis Keterampilan Komunikasi Penting Anda Miliki]

9 Langkah Membangun Networking

9 Langkah Membangun Networking

1. Perbanyak Kenalan

Banyak pelaku bisnis sukses dalam membangun jaringan bisnis yang kuat yang berawal dari sebuah perkenalan.

Membangun jaringan memang bisa diawali dari dengan berkenalan dan ngobrol santai pada event-event bisnis atau networking. Namun kenyataannya membangun jaringan lebih dari itu.

Kenal dan pernah berbincang saja tidak cukup, butuh beberapa hal yang lebih intens dan lebih dalam.

Mengikuti acara seminar, workshop atau berbagai acara lain di mana memberikan Anda peluang untuk bertemu banyak orang dari latar belakang yang berbeda merupakan kesempatan Anda untuk memperbanyak kenalan dan membuka jaringan baru untuk mengembangkan bisnis.

Baca juga [Cara Temukan Mitra Bisnis yang Ampuh]

2. Jangan Takut Ditolak

Dari rangkaian cara-cara membangun jaringan atau koneksi adalah keberanian untuk ditolak. Selalu lapang dada jika lawan bicara atau orang-orang yang ditargetkan bisa masuk dalam jaringan atau koneksi ternyata mengabaikan.

Tidak ada respon ketika dihubungi dan tidak ada tanggapan ketika menawarkan janji bertemu adalah risiko yang harus ditanggung.

Tak mengapa, tetap optimis dan lanjutkan misi dalam membangun jaringan dengan orang atau mungkin tempat lain. Jangan takut untuk ditolak.

3. Miliki Aktivitas Sharing

Saat menguasai suatu bidang, Anda dapat membaginya dengan yang lain karena sejatinya sharing atau berbagi tak akan pernah membuat Anda merugi.

Anda dapat berbagi dalam sebuah workshop, forum yang sifatnya online, social media dan di mana pun tempat yang memungkinkan bagi Anda untuk berbagi dengan baik.

Dengan begitu, Anda akan membangun networking bisnis dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan apa yang Anda bagikan.

4. Menindaklanjuti Perkenalan

Setelah berkenalan dan berbincang-bincang dengan rekan baru, Anda dapat merencanakan tindak lanjut dari hubungan tersebut.

Tindak lanjut dapat dilakukan dengan menjadwalkan pertemuan selanjutnya atau berkomunikasi lewat telepon dan media sosial.

5. Memperdalam Hubungan

Setelah hubungan diteruskan secara daring maupun pertemuan langsung, Anda perlu mendalaminya untuk menghasilkan networking yang berkualitas.

Networking tidak dapat dibentuk secara instan, sehingga Anda harus terus memelihara relasi dan kepercayaan satu sama lain.

6. Menyimpan Daftar Relasi dengan Baik

Setelah berkenalan, tugas Anda bukanlah mengoleksi daftar kontak dan kartu nama, melainkan menindaklanjutinya. Dengan adanya media sosial, daftar relasi Anda akan terpelihara dengan baik.

Manfaatkan juga fitur-fitur dalam telefon pintar untuk menyimpan informasi-informasi penting tentang orang-orang yang telah Anda kenal.

Baca juga [6 Karakteristik Media Sosial]

7. Langkah Klasifikasi Network

Pada umumnya ada enam kategori dasar manfaat dalam membangun jaringan, yakni, informasi, dukungan, pengaruh politik, pengembangan pribadi, dukungan pribadi dan energi, tujuan, dan work life balance.

Sangat penting untuk membangun jaringan yang memberikan manfaat. Tidak ada yang salah dengan membangun jaringan atau sebatas pertemanan, tapi untuk bisnis, manfaat adalah hal yang paling diharapkan.

8. Gunakan Social Media

Saat ini, setiap orang terhubung lebih dekat melalui social media. Anda juga dapat menggunakan social media sebagai salah satu alat untuk memperoleh jaringan bisnis.

Cobalah menjaring networking dengan orang-orang yang ada di luar lingkaran pertemanan, namun relevan dengan bisnis Anda.

Misalnya jika Anda menjual produk dapur, Anda dapat mengikuti komunitas memasak atau komunitas ibu-ibu lainnya yang ada di social media.

Selain Anda dapat menemukan insight baru mengenai bisnis, Anda juga dapat mengetahui apa saja yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan target audience Anda.

9. Menjaga Jaringan dengan Silaturahmi

Memang tidak mudah untuk menjaga hubungan dengan orang yang bukan keluarga atau teman dekat kita, tetapi silaturahmi dengan orang yang pernah berkenalan dengan kita perlu dijaga.

Sekalipun koneksi belum terjalin, tetap perhatikan kehidupan mereka.
Kalau ada waktu, sesekali tanyakan kabar atau mengobrol dengan mereka.

Inilah yang disebut dengan langkah follow up, agar silaturahmi tidak terputus

9 langkah membangun Networking

Baca juga [Cara Bangun Mitra Untuk Tingkatkan Penjualan]

Demikian jasalogo.id uraikan 9 langkah membangun Networking. jangan lupa untuk selalu menjaga hubungan yang sudah dibangun. dapat berupada dengan tindakan sering bertanya kabar, bersilaturahmi dan berusaha akrab layaknya teman/keluarga sendiri.

Baca juga [Keuntungan Perusahaan Menjalin Kemitraan]

Team desain jasalogo.id profesional dalam membuat desain logo yang unik, menarik sesuai dengan visi misi usaha Anda, jadi pastikan anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan anda