8+ HAL BIKIN BISNIS KECIL GAGAL!

8+ HAL BIKIN BISNIS KECIL GAGAL! – Ya, Sobat, punya usaha kecil namun tak sukses-sukse? Tidak ada salahnya jika Anda simak beberapa catatan berikut, Sobat! Dimana  ternyata penyebab utamanya bukan minimnya modal Anda!

Saat Anda membangun bisnis dari nol memang bukan perkara mudah. Apalagi dengan segala risiko yang menghantui seperti bisnis gagal di tengah jalan.

Dapat saja, di dalam praktiknya ternyata tidak sedikit bisnis kecil yang gulung tikar padahal usianya masih seumur jagung.

Nah, kegagalan seperti inilah yang menjadi salah satu momok bagi para pebisnis pemula. Tetapi, Sobat, jangan takut! Ada masalah, bukan berarti tak dapat diatasi ya! Inilah 8+ hal bikin bisnis kecil gagal!

STAGNAN, TAK MAMPU BERSAING!

Pertama, banyak pemilik bisnis kecil mengaku kegagalan bisnis mereka karena tidak mampu menghadapi persaingan. Dimana, dalam dunia bisnis, persaingan adalah hal lumrah.

Sehingga Anda diharapkan dapat menyikapi persaingan dengan sehat. Kuncinya Anda harus memutar otak untuk membuat produk yang lebih baik dan mudah bagi pelanggan secara terus-menerus, ya, Sobat!

PENETAPAN HARGA DAN VALUE PRODUK TAK IMBANG!

Kedua, tidak jarang bisnis kecil gagal lantaran mematok harga barang/ jasa yang tidak masuk akal. Jika dilihat dari segi nilai barang jasa yang diberikan, harga tersebut mungkin tidak menarik bagi konsumen.

Maka, Anda perlu menguji penentuan harga dan nilai barang/ jasa secara berkelanjutan untuk mendapatkan harga paling tepat.

PRODUK TAK SESUAI PASAR

Dalam memulai bisnis, ide memang penting. Namun, semua ide brilian akan sia-sia Jika tak mampu menjawab masalah atau kebutuhan kebanyakan orang.

UANG TAK TERKELOLA DENGAN BAIK DAN AKHIRNYA HABIS!

Berdasarkan penelitian CB Insight kepada 101 bisnis kecil, uang menjadi faktor kedua penyebab bisnis gagal. Apabila uang perusahaan menipis, bisnis yang dijalankan otomatis akan tersendat karena tidak dapat memenuhi kebutuhan.

MANAJEMEN TIM YANG TIDAK MAKSIMAL

Anda harus memastikan orang-orang dalam tim mau diajak melangkah bersama. Pun, Anda perlu merekrut orang-orang dengan keahlian masing-masing yang saling melengkapi.

PRODUK TIDAK AMAN

Nah, penting banget ya, Sobat! Anda harus usahakan produk yang Anda memang bisa buat nyaman konsumen dan pastinya aman dipakai. Sehingga, konsumen pun merasa puas dan senang!

PEMASARAN PASIF

Pebisnis mengaku bisnisnya gagal karena pemasaran yang buruk. Akibatnya bisnis diabaikan oleh konsumen. Yang paling parah, bisnis justru tidak diketahui orang, Sob!

TIDAK MAU DI KRITIK KONSUMEN!

Jika ingin bisnis bertahan dalam waktu lama, jangan pernah mengabaikan respons konsumen. Sebaiknya Anda selalu menanggapi semua respons konsumen mulai dari kritikan, keluhan, sampai masukan, ya!

LAUNCHING PRODUK, WAKTUNYA TAK TEPAT!

Mematangkan ide sebelum produk dipasarkan memang penting, tapi jangan sampai Anda lupa untuk meluncurkannya di waktu yag tepat.

Jika produk diluncurkan lebih cepat atau malah terlambat, bisnis Anda akan gagal karena kemungkinan tidak dibutuhkan lagi oleh pelanggan. Faktor ini mungkin kerap disepelekan, tapi faktanya banyak bisnis gagal gara-gara masalah waktu peluncuran.

KESIMPULAN

Jika Anda tidak ingin bisnis Anda gagalusahakan untuk menghindari kesalahan-kesalahan tersebut agar bisnis kecil Anda membuahkan hasil yang Anda cita-citakan, Sobat!

REKOMENDASI

Bagi Anda yang tengah bingung mencari desainer untuk aktivitas usaha Anda, segera hubungi pihak kami hanya di jasa logo.id!

Apa keuntungannya? Dengan pengerjaan yang super rapi dan cepat, kami mengunggulkan pelayanan demi kepuasan Anda, sobat jasa logo! Selain itu, klik di sini untuk update logo hasil karya tim melalui portal instagram jasalogo.id!