7 Tips Merekrut Karyawan Yang Ideal

0
(0)

7 Tips Merekrut Karyawan Yang Ideal – Cara merekrut karyawan yang tepat adalah sebuah proses yang menantang. Mempekerjakan karyawan yang salah itu mahal, mahal bagi lingkungan kerja Anda, dan memakan waktu.

Di sisi lain, merekrut kandidat yang tepat memberi kesuksesan bagi Anda dan perusahaan dalam hal produktivitas karyawan, hubungan kerja yang sukses, dan memberi dampak positif pada lingkungan kerja Anda.

Karyawan memang menjadi aset terpenting dan dapat diibaratkan sebagai kunci kesuksesan sebuah perusahaan.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Dapat dibayangkan, bagaimana kondisi perusahaan jika karyawan yang ada adalah karyawan yang kurang kompeten di bidangnya. Mereka tidak dapat menjalankan perkerjaan sesuai dengan fungsinya dengan baik.

Itulah mengapa merekrut dan mempekerjakan karyawan yang memiliki kualitas tinggi dalam bekerja, merupakan hal yang sangat penting.

Untuk itu, saat ini banyak perusahaan berusaha mempersingkat proses rekrutmen menjadi lebih efektif dan efisien dalam menemukan karyawan yang tepat dan berkualitas.

[5 Sof Skill Kunci Yang Wajib Anda Miliki di Tahun 2022]

berikut Jasalogo.id uraikan 7 Tips Merekrut Karyawan Yang Ideal untuk bisnis dan perusahaan Anda sebagai berikut:

7 Tips Merekrut Karyawan Yang Ideal

1. Identifikasi Kebutuhan Posisi Kerja

Identifikasi terlebih dahulu posisi baru atau pergantian karyawan di perusahaan.

Salah satu cara terbaik untuk melihat hal ini adalah adanya keadaan di mana karyawan memiliki terlalu banyak beban pekerjaan sehingga membutuhkan bantuan.

Keputusan merekrut karyawan baru harus seimbang dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan yang sudah ada.

Hasil dari perekrutan ini harus sesuai pula dengan rencana bisnis perusahaan.

2. Tulis Detail Deskripsi Pekerjaan yang Tersedia

Menyaring karyawan baru yang unggul harus memastikan bahwa sebagai perekrut kita telah mendeskripsikan tanggung jawab pekerjaan dengan rinci dan jelas.

Dalam hal ini, deskripsi pekerjaan yang kita buat harus mencerminkan pemikiran cermat dan sosok cerdas yang nantinya akan diisi oleh seorang kandidat terbaik bagi perusahaan kita.

3. Publikasikan Lowongan Di Tempat Strategis

Sudahkah Anda memutuskan dimana akan mempublikasikan lowongannya?

Beberapa pilihan seperti membuka rekrutmen melalui platform/situs pencari kerja, melalui media cetak atau media elektronik, melalui job fair, atau Anda juga bisa menginformasikannya kepada karyawan di perusahaan untuk ikut membantu mencari kandidat terbaik.

4. Bersikap Ramah Kepada Semua Kandidat

Karena citra perusahaan Anda berada ditangan pelamar-pelamar tersebut. Jika Anda tidak ramah kepada salah satu dari mereka, maka mereka bisa saja menjelek-jelekkan perusahaan Anda kepada orang lain atau pelamar lainnya.

5. Melakukan tes kompetensi bidang

Meskipun para kandidat yang mendaftar menjadi karyawan Anda berasal dari universitas ternama, bukan berarti mereka akan memiliki kemampuan yang baik dalam bidang tersebut.

6. Jangan Prioritaskan Merekrut Karyawan Hanya Karena Anda Mengenalnya

Anda bisa saja merekrut karyawan yang Anda kenal, dengan catatan mereka memang memiliki kemampuan yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Karena jika Anda mempekerjakan mereka padahal Anda tahu bahwa mereka kurang kompeten, dan tidak cakap, justru dampak buruk untuk perusahaan Anda kedepannya akan semakin besar.

7. Negosiasikan Rincian Gaji dan Tanggal Mulai Bekerja

Semakin tinggi posisi yang ditawarkan, maka semakin besar kemungkinan kandidat menegosiasikan gaji, uang lembur, jaminan kesehatan dan sebagainya.

Coba tawarkan gaji sedikit di atas pengajuan mereka jika memang benar-benar berkualitas dan terbukti, namun masih masuk ke dalam budget perusahaan.

Sampaikan keuntungan yang bisa mereka dapatkan jika bergabung dengan perusahaan Anda yang mungkin saja tidak didapat dari perusahaan sebelumnya.

Proses ini sekaligus menentukan tanggal mulai bekerja, karena biasanya kandidat meminta waktu untuk menjalankan proses pengunduran diri dari perusahaan sebelumnya.

baca juga artikel menarik lainnya [disini]

Baca juga [6 Tips Mengelola Karyawan Supaya Produktif bekerja]

Dalam memilih atau merekrut karyawan baru, sangat disarankan untuk memperhatikan dan menerapkan strategi merekrut karyawan seperti yang telah dijelaskan di atas.

Karena jika Anda merekrut karyawan baru secara asal-asalan, bisa jadi Anda malah akan mendapatkan karyawan atau SDM yang tidak berkualitas.

Sehingga perusahaan Anda juga yang akan mendapatkan dampak buruknya di kemudian hari.

Baca juga [Manajemen Bisnis: Definisi, Strategi, dan Sistem]

Demikian 7 Tips Merekrut Karyawan Yang Ideal ala Jasalogo.id. semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.