6 Tahapan Negosiasi, Penting Untuk Bisnis Anda

6 Tahapan Negosiasi, Penting Untuk Bisnis Anda – Sebuah perusahaan besar yang sukses tidak akan pernah lepas dari divisi Public Relation (PR).

Public Relation (PR) dalam Bahasa Indonesia disebut dengan divisi Hubungan Masyarakat (HUMAS).

Kegiatan utamanya adalah membangun sebuah relasi dengan pihak lain yang nantinya akan berdampak kepada benefit perusahaan itu sendiri dimana mereka harus mampu memiliki kemampuan Lobby dan Negosiasi.

Negosiasi bukan hanya masalah harga, tapi juga dapat dilakukan dalam membuat kontrak kerja sama, ekspansi bisnis, investasi bisnis, dan masih banyak lagi.

Negosiasi ini biasanya dilakukan karena ada satu pihak yang merasa kurang puas atau kurang sesuai terhadap suatu hal, sehingga perlu dibuat kesepakatan ulang melalui sebuah metode negosiasi.

Negosiasi adalah proses interaktif antara dua orang atau lebih negosiator atau pihak-pihak yang berusaha menemukan titik temu untuk kepentingan bersama. Pihak-pihak ini nantinya akan membuat kesepakatan yang dapat diterima dan dihormati bersama.

Negosiasi ini biasanya dilakukan karena ada satu pihak yang merasa kurang puas atau kurang sesuai terhadap suatu hal, sehingga perlu dibuat kesepakatan ulang melalui sebuah metode negosiasi.

Baca [Cara Mengubah Hobby Menjadi Penghasilan]

Pada artikel kali ini, Jasalogo.id akan membahas mengenai 6 Tahapan Negosiasi, Penting Untuk Bisnis Anda dan perlu Anda ketahui.

6 Tahapan Negosiasi, Penting Untuk Bisnis Anda

Tujuan Negosiasi

Tujuan utama negosiasi adalah mendapatkan kesepakatan bersama atas suatu hal yang diperdebatkan. Selain itu, negosiasi juga memiliki beberapa tujuan lainnya seperti:

  • Menyelesaikan konflik atau perdebatan yang timbul akibat perbedaan pendapat dalam sebuah negosiasi.
  • Mendapatkan kesepakatan dan jalan keluar dari perbedaan pendapat.
  • Menghindari hal-hal negatif yang dapat timbul dari bisnis seperti perbedaan pendapat dan pertikaian karena tidak ada pihak yang ingin mengalah dan mendengarkan pendapat pihak lain apabila terjadi masalah dikemudian hari.
  • Menyatukan beberapa perbedaan pendapat agar diperoleh kesepakatan bersama.

6 Tahapan Negosiasi, Penting Untuk Bisnis Anda

Dalam melakukan negosiasi terdapat enam tahapan penting yang harus dilakukan:

1. Persiapan

meliputi: Mengumpulkan informasi, Menentukan tim negosiasi, Mengusahakan lebih banyak mengenal profil pihak lawan, tujuannya adalah menumbuhkan kepercayaan diri dan kesiapan dalam melakukan negosiasi;

2. Kontak Pertama

Tahap ini adalah tahap pertemuan secara langsung abtara kedua belah pihak yang terlibat dalam proses negosiasi.

Tahap penilaian yang berlangsung diantara para negosiator dan biasanya pada tahap ini akan memunculkan kesan pertama antara kedua belah pihak.

3. Konfrontasi

Tahap ini adalah tahap dimana sering terjadinya terhadap segala sesuatu yang dinegosiasikan.

Pada tahap ini terdapat perbedaan dan potensi perdebatan yang semakin memanas dan biasanya tidak terkendali disebabkan oleh kurangnya pengendalian emosi.

4. Konsiliasi

Konsoliasi ialah melakukan tawar menawar untuk memperoleh titik temu atau kesepakatan yang betul-betul disepakati dan bermanfaat bagi kedua belah pihak. Seperti halnya proses tawar menawar antara penjual dan pembeli.

5. Solusi

Tahap dimana kedua belah pihak mulai saling menerima dan memberi, atau dimana para negosiator mulai menemukan titik kesepakatan bagi kedua belah pihak dengan cara mereka masing-masing.

Dengan mengembangkan sikap relasional yaitu sikap yang selalu berorientasi untuk menanggung bersama dan selalu menumbuhkan sikap saling member solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

6. Pasca Negosiasi

Tahap ini adalah tahap terakhir dari negosiasi yaitu bentuk konsolidasi bagi kedua belah pihak, apakah masing-masing pihak benar-benar memiliki komitmen atas segala yang telah menjadi kesepakatan bersama.

Baca juga [5 Soft Skill Kunci yang Wajib Anda Miliki di Tahun 2022]

Dengan memahami negosiasi bisnis yang tepat, Anda bisa mendapatkan hal yang Anda inginkan dari sebuah transaksi bisnis.

Untuk membantu Anda mendapatkan hasil negosiasi terbaik, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dulu dengan ahli bisnis, hukum atau negosiator yang tepat, sehingga hasil dari negosiasi tersebut bisa sesuai dengan tujuan bisnis.

Demikian Jasalogo.id uraikan 6 Tahapan Negosiasi, Penting Untuk Bisnis Anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga [3 Keterampilan Komunikasi Penting Anda Miliki]

Team desain jasalogo.id profesional dalam membuat desain logo yang unik, menarik sesuai dengan visi misi usaha Anda, jadi pastikan anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan anda