6 Cara Meningkatkan Produktifitas dalam Bekerja

6 Cara Meningkatkan Produktifitas dalam Bekerja – Di dalam suatu bisnis karyawan merupakan sumber daya yang penting. Karyawan dikatakan produktif apabila mampu bekerja secara konsisten dan menghasilkan kinerja yang baik serta selalu mengalami peningkatan.

Tak hanya itu, produktivitas karyawan juga akan sangat memengaruhi perkembangan bisnis itu sendiri, karena sebuah bisnis akan lebih berkembang bila memiliki karyawan yang profesional, terampil dan memiliki etos kerja yang tinggi.

Baca Juga [Membangun Kebiasaan Produktif Bagi Pembisnis]

Produktivitas karyawan menjadi salah satu faktor yang mendukung kesuksesan bisnis. Untuk meningkatkannya, tentu ini menjadi tanggung jawab bisnis. Bagaimana bisnis bisa membuat ekosistem yang mendukung karyawan untuk terus produktif.

Lalu, bagaimana Cara Meningkatkan Produktifitas dalam Bekerja? Simak penjelasan jasalogo.id berikut:

6 Cara Meningkatkan Produktifitas dalam Bekerja

  1. Hadirkan fasilitas maksimal untuk mendukung kinerja karyawan

Bagaimana seseorang karyawan bisa menjadi produktif jika fasilitas yang dihadirkan kurang memadai. Di sinilah peran bisnis untuk memberikan fasilitas yang maksimal untuk mendukung kinerja karyawan lebih maksimal.

Contohnya yang jadi konsentrasi utama ialah perangkat untuk bekerja, seperti laptop lansiran terbaru, hingga koneksi WiFi. Koneksi internet yang lambat jadi hambatan besar untuk kinerja karyawan.

Baca Juga [Terapkan Trik Berikut Supaya Produktif Bekerja]

Bisnis juga bisa meminimalisir sebagian pekerjaan manual. Jadi karyawan pun tidak harus membuang waktu untuk melakukan aktivitas, seperti menggunakan printer atau meminta dokumen kepada divisi lain.

  1. Buat to-do-list

Meningkatkan produktivitas kerja dapat dilakukan dengan membuat atau mencatat to-do-list. Usahakan untuk menyelesaikannya satu per satu sehingga Anda bisa fokus dalam mengerjakannya.

Tulislah sesuai dengan urutan prioritas mana yang harus dikerjakan dalam hari tersebut. Ingat, dalam menulis to-do-list Anda harus tetap rasional untuk menentukan goals dan tugas yang akan diselesaikan.

To-do-list akan membantu Anda tetap berada di jalur dengan hal-hal yang Anda kerjakan.

Hindari untuk terlalu memaksakan untuk menyelesaikan pekerjaan di hari yang sama, hal ini akan membuatmu bekerja di luar kemampuan.

Buatlah tugas menjadi poin-poin kecil, spesifik, dan sederhana untuk membantumu mengukur sampai di mana batas kemampuanmu.

  1. Perkirakan waktu pengerjaan

Setelah merencanakan, perkirakan juga waktu untuk mengerjakan setiap tugas atau pekerjaan. Akan lebih baik lagi jika Anda membuat strategi untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut lebih cepat.

Sebagai contoh, tugas A diperkirakan membutuhkan waktu 3 jam. Buat strategi untuk menyelesaikan tugas tersebut dalam 2,5 jam (setengah jam lebih cepat).

Dengan demikian. Anda memiliki waktu luang untuk rehat sejenak atau mengerjakan tugas berikutnya.

  1. Program Pelatihan Untuk Karyawan

Memberikan program pelatihan kepada karyawan, karena pelatihan atau training akan berpengaruh besar pada kinerja karyawan. Cara meningkatkan produktivitas karyawan melalui program pelatihan sangat penting bagi setiap karyawan di bisnis agar dapat bekerja secara profesional terutama bagi karyawan baru.

  1. Pengawasan dan Evaluasi

Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja karyawan di bisnis. Cara meningkatkan produktivitas karyawan dengan pengawasan terdiri dari pengawasan atasan secara langsung dan sistem pengendalian manajemen.

  1. Reward dan Punishment

Memberikan reward, punishment, serta motivasi untuk maju kepada karyawan. Dengan adanya motivasi, maka karyawan akan mendapatkan kekuatan dalam menyelesaikan tugas-tugas pekerjaannya. Motivasi menjadi cara meningkatkan produktivitas karyawan yang efektif namun juga harus ditunjang dengan strategi pendukung yang lainnya.

Reward dapat berbentuk kenaikan gaji atau pemberian bonus dan komisi, kenaikan jabatan, trofi maupun sertifikat. Punishment, di sisi lain, dapat berbentuk penurunan gaji atau jabatan, penambahan jatah lembur, bahkan dapat berujung kepada pemecatan.

Dengan adanya sistem reward and punishment karyawan akan semakin terpacu untuk produktif.

Baca Artikel Jasalogo.id Menarik lainnya DISINI.

Baca Juga [4Tips Menjadi Karyawan Yang Produktif]

Itulah 6 Cara Meningkatkan Produktifitas dalam Bekerja yang dapat Anda lakukan. Dengan begini, Anda akan lebih mampu memberikan hasil kerja yang maksimal, dan tentunya mencapai tujuan karir.

Demikian Jasalogo.id tampilkan artikel diatas, dan Ingatlah untuk tetap positif, percaya diri, dan tingkatkan keterampilan untuk meningkatkan profil karir Anda.