6 CARA KUMPULKAN UANG DARI GAJI PAS-PASAN

6 CARA KUMPULKAN UANG DARI GAJI PAS-PASAN – Kondisi kebutuhan ekonomi yang beragam, termasuk yang sering dijadikan dalang di balik alasan ‘belum ada modal’ ketika katanya sebagian dari kita ingin buka usaha.

Apakah Anda termasuk salah satunya, Sobat Jasa Logo?

Sebenarnya mungkin saja jika Anda mengumpulkan modal dari hasil gaji Anda walau pas-pasan, namun tentunya diperlukan komitmen yang tinggi untuk melakukannya.

Tepat sekali, di ulasan kali ini, Jasa Logo akan hadirkan catatan seputar 6 cara kumpulkan uang dari gaji pas-pasan! Simak seutuhnya, ya!

CATAT SECARA DETAIL PLAN USAHA YANG AKAN ANDA JALANKAN!

Walau masih akan memulai usaha Anda dalam jangka waktu tertentu namun Anda bisa mulai membuat perencanaan secara detail.

Detail itu seperti berapa modal yang diperlukan untuk jumlah produk yang ingin diproduksi pertama kali serta waktu yang diperlukan sehingga bisa mengira-kira berapa tabungan per bulan yang harus disiapkan.

BUAT PERENCANAAN PEMASUKAN HINGGA PENGELUARAN BULANAN! UTAMAKAN KEBUTUHAN PRIMER ANDA!

Sepertinya Anda harus rela mengikhlaskan beberapa pos misalnya langganan streaming yang hanya ditonton sesekali atau kopi yang biasanya dibeli dari kafe dengan harga yang relatif mahal. Sisihkan uang modal lebih dulu baru gunakan sisanya untuk kebutuhan yang lain, jangan sebaliknya.

JANGAN SIMPAN BANYAK UANG DI DOMPET ANDA!

Alangkah baiknya, Sobat Jasa Logo sisihkan uang seperlunya saja di dompet misalnya disesuaikan dengan rencana anggaran pengeluaran yang sudah dibuat secara mingguan.

Pasalnya, membawa terlalu banyak uang di dompet akan menciptakan ilusi bahwa Anda masih punya banyak uang sehingga bisa lebih mudah memutuskan untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tak terlalu penting untuk dibeli.

TAK PERLU MEMAKSA NABUNG HARUS BANYAK-BANYAK, SEDIKIT TAPI DISIPLIN AKAN LEBIH BAIK!

Selanjutnya, Sobat Jasa Logo, pada umumnya saat Anda memulai sesuatu maka Anda akan bersemangat sehingga ingin menabung dalam jumlah besar saat awal. Akan tetapi, bisa jadi di tengah jalan Anda akan merasakan kesulitan lalu mengubah rencana dan malah merusak keseluruhan perencanaan yang sudah dibuat.

Menabung dalam jumlah yang besar juga bisa berarti menghapuskan pengeluaran yang bisa membuatmu mengalami tekanan. Sebaiknya menerapkan prinsip disiplin dan konsisten untuk menabung.

ANDA BISA SISIHKAN TABUNGAN UNTUK MODAL DI BANK DENGAN REKENING YANG BEDA DENGAN REKENING KEBUTUHAN ANDA SEHARI-HARI

Jika menggunakan satu rekening yang sama dengan rekening untuk pengeluaran yang lain maka uang Anda mungkin akan tercampur dan malah salah-salah berakhir dengan digunakan untuk keperluan yang lain sehingga sebaiknya memisahkannya ke dalam rekening yang berbeda.

CARI PELUANG PENGHASILAN TAMBAHAN!

Mungkin jika mengandalkan satu sumber pendapatan saja maka Anda mengalami kesulitan bahkan untuk memenuhi kebutuhan utama maka sebaiknya cari sumber dari ‘keran’ yang lain.

Sehingga, apabila Anda memiliki keahlian tertentu, maka Anda bisa memanfaatkannya, misalnya kemampuan akademis untuk menjadi guru privat, kemampuan desain atau menulis untuk menjadi seorang freelancer, dan lain sebagainya.

KESIMPULAN

Langkah yang paling sulit mungkin adalah untuk disiplin sehingga Anda perlu memiliki kontrol diri yang kuat.

Demikian Sobat Jasa Logo, ulasan mengenai 6 cara kumpulkan uang dari gaji pas-pasan!

REKOMENDASI

Bagi Anda yang tengah bingung mencari desainer untuk aktivitas usaha Anda, segera hubungi pihak kami hanya di jasa logo.id!

Apa keuntungannya? Dengan pengerjaan yang super rapi dan cepat, kami mengunggulkan pelayanan demi kepuasan Anda, sobat jasa logo! Selain itu, klik di sini untuk update logo hasil karya tim melalui portal instagram jasalogo.id!