5 Keuntungan Bisnis Ternak Ayam Petelur

5 Keuntungan Bisnis Ternak Ayam Petelur – Beternak ayam petelur memiliki beberapa keunggulan dibandingkan ayam pedaging, yaitu dalam hal memberikan pendapatan yang lebih stabil dan masa produktif yang lebih lama.

Ayam petelur cenderung memberikan pendapatan yang lebih stabil karena telur bisa dihasilkan setiap hari. Lain halnya dengan ayam pedaging yang perlu menunggu siklus setidaknya 35 hari.

Baca juga [Waspadai 7 Resiko Bisnis Ayam Peternak]

5 Keuntungan Bisnis Ternak Ayam Petelur.

Mari simak uraian Jasalogo.id terkait apa saja 5 Keuntungan Bisnis Ternak Ayam Petelur, simak penjelasan lengkapnya :

1. Tidak Perlu Membeli Bibit Berulang-kali

Pelaku usaha ayam petelur tidak perlu membeli bibit lagi karena ayam-ayam itu bisa menghasilkan telur berulang kali.

Lain halnya dengan peternak ayam pedaging yang kemudian harus membeli bibit lagi setelah tiba waktunya ayam-ayamnya disembelih.

2. Periode Bertelur Panjang

Perlu diketahui bahwa periode bertelur ayam petelur ini sangat panjang kurang lebih 13-14 bulan (atau dengan kata lain hingga usia ayam mencapai kurang lebih 20 bulan.

Ayam tipe ini akan mengalami masa 1 periode bertelur namun dalam waktu yang sangat panjang dan juga produktif, hal ini disebabkan tidak ada proses mengeram pada ayam petelur sehingga akan jauh lebih menguntungkan.

Ternak ayam petelur menggunakan ayam betina dewasa yang dapat menghasilkan telur setiap hari, yang kemudian telurnya dikumpulkan dan disortir, lalu dijual. Tingginya permintaan telur di pasaran membuat peluang usaha ayam petelur semakin besar

3. Permintaan Tinggi

Usaha budidaya ayam petelur dilakukan untuk diambil telurnya sebagai komoditas ekonomi. Permintaan masyarakat Indonesia terhadap telur setiap hari bertambah besar.

Hal ini karena telur merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang sering disebut bahan sembako. Ditambah lagi jumlah populasi penduduk di tanah air baik yang berada di kota maupun desa semakin bertambah banyak.

Menjadikan permintaaan akan telur ayam sangat tinggi akhir-akhir ini dan selamanya.

Banyak olahan makanan yang menggunakan telur sebagai bahan dasar. Misalkan martabak, kue bolu ulangtahun dan pernikahan, sistik, sale pisang ambon, berbagai macam kue dan lain sebagainya. Sehingga penjualan telur laris manis setiap hari.

Dan prospek usaha beternak ayam petelur menjanjikan untung besar.

4. Segmentasi Pasar Yang Luas

Dari kalangan pengusaha kuliner atau industri makanan skala besar atau skala kecil. Misalnya industri makanan rumahan. Seperti di desa penulis banyak industri makanan ringan skala kecil secara rumahan. Ini menjadi pangsa pasar utama.

Memang banyak jenis telur yang dijual di pasaran. Seperti telur puyuh, telur ayam omega, telur ayam kampung dll. Tapi telur ayam yang banyak dicari orang adalah telur ayam negeri.

Lalu apa yang membuat telur ayam negeri lebih banyak dibeli orang? Penjualan hingga ke warung-warung di gang kecil.

Hal ini karena telur ayam negeri berukuran besar dengan harga murah. Pangsa pasar yang luas membuat usaha beternak ayam petelur sangat prospektif.

5. Penghasilan Tambahan Dari Kotoran Ayam.

Kotoran yang dihasilkan ayam petelur yang dibudidayakan mengandung nilai ekonomis. Banyak pihak yang memanfaatkan kotoran ayam untuk dijadikan pupuk bagi tanaman mereka.

Namun tidak sedikit pula yang mengumpulkan kotoran ayam tersebut dan kemudian dijual kepada petani-petani yang membutuhkan pupuk organik.

Bahkan kotoran ayam ini bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah tambahan.

ini terbukti banyak didaerah peternak ayam terdapat juga penjualan kotoran ayam yang terkadang mengalai fase kehabisan stok kotoran ayam karena belum memenuhi jumlah permintaan.

Baca juga [6 Tahap berternak Ayam Petelur]

Bisnis ternak ayam petelur sebenarnya bisa memberikan keuntungan yang menggiurkan, mengingat telur adalah salah satu komoditas bahan pokok yang selalu dibutuhkan masyarakat setiap hari.

Hampir seluruh rumah tangga ataupun tempat usaha makanan menggunakan telur yang merupakan sumber protein hewani yang murah meriah. Tingginya kebutuhan masyarakat akan telur membuat sebagian orang menjalankan peluang usaha yang menjanjikan ini.

Di hal tersebut, resiko kerugiannya bisa dibilang minim jika memang segala aspek bisnisnya dijalankan dengan baik. Meskipun menguntungkan, tetapi masih banyak orang yang enggan untuk terjun ke bisnis ini karena menganggap memelihara ayam itu bukan hal yang mudah.

Demikian uraian 5 Keuntungan Bisnis Ternak Ayam Petelur dari Jasalogo.id. Semoga bermanfaat

Jasalogo.id sedia 24 jam untuk membuatkan logo perusahaan dan bisnis Anda. Digarap oleh tim profesional desain untuk mendapatkan hasil logo yang unik dan menarik serta cocok untuk perusahaan Anda.

[Jasa logo Perternakan dan Pertanian]

[Jasa logo Ternak untuk Ruang Unggas]