5 JENIS KEMASAN DAN KELEBIHAN KEKURANGANNYA!

5 JENIS KEMASAN DAN KELEBIHAN KEKURANGANNYA! – Fungsi utama dari suatu kemasan, selain untuk memberikan kesan pertama yang bagus pada konsumen juga untuk melindungi produkmu dari bahaya kerusakan yang mungkin mengintainya.

Nah, sebelum kita memutuskan kemasan apa yang akan dipakai, lebih maksimal jika Anda simak telebih duahlu nih beberapa jenisnya lengkap dengan kelebihan dan kekurangan yang akan didapatkan pada ulasan 5 jenis kemasan dan kelebihan kekurangannya!

PLASTIK JADI IDOLA BAIK DARI PEDAGANG MAKANAN, KOSMETIK DAN LAIN-LAIN! ADA KEKURANGANNYA JUGA LO TERNYATA!

Di posisi teratas adalah plastic, Sobat Jasa Logo! Ya, plastik banyak dipilih sebab lebih tahan terhadap banyak hal seperti tahan air dan kedap udara.

Akan tetapi, kandungan kimia pada kemasan plastik memiliki kemungkinan untuk mengontaminasi produk jika dimanfaatkan sembarangan!

Selain itu, plastik juga dinilai tidak ramah lingkungan di mana saat ini makin banyak yang menyadari pentingnya menjaga lingkungan.

KEMASAN KERTAS TAK MAU KALAH SAING, NIH!

Kemasan dari bahan kertas memiliki wujud yang cukup beragam, mulai dari paperbag yang tipis untuk mengemas makanan hingga kardus yang tebal untuk produk yang lebih besar.

Kelebihan dari kemasan jenis ini antara lain yakni keberadaan kertas yang juga dirasa lebih ramah lingkungan.

Namun sayangnya, kertas tidak tahan terhadap air serta mudah lapuk di tempat lembab, bahan ini juga lebih mudah terbakar dan sobek jika tipis! Lebih hati-hati jika Anda pakai kemasan kertas ya, Sobat!

ALUMUNIUM VOIL, BISA JUGA BUAT MENGEMAS PRODUK ANDA AGAR LEBIH SAFETY!

Selanjutnya ialah, kemasan berbahan alumunium foil! Jenis ini bisa Anda pilih untuk kemasan produk makanan atau minuman demi menjaga kualitasnya

Pada umumnya, Sobat! Alumunium foil digunakan untuk membungkus teh, kopi, atau makanan jadi untuk menjaga rasa dari produk tersebut. Kemasan ini juga dipakai untuk menghindari adanya kontaminasi bakteri yang mengurangi daya tahan produk.

Nah, meskipun demikian, biasanya bahan ini perlu dilapisi oleh kemasan dari bahan lain sebab cenderung lebih sulit untuk diberikan desain dengan warnanya yang terang.

LALU BAGAIMANA DENGAN KEMASAN BOTOL ATAU KACA?

Desain yang dibawa kemasan ini memang memberikan kesan mewah, Sob! Namun, dibalik visual yang cantik, jenis kemasan ini nyatanya juga mudah rusak! Jadi, lebih hati-hati ya!

Kemasan ini biasanya dipakai untuk produk minuman atau makanan. Bentuknya yang beragam serta permukaan yang bisa ditempel dengan berbagai desain unik memberikan nilai plus terhadap bahan yang satu ini.

STYROFOAM, BANYAK MENEMANI PENGUSAHA KULINER! YUMMY!

Nah, kali ini, kemasan berbahan dasar Styrofoam! Jenis kemasan ini memiliki keunggulan berupa kepraktisan dan kemampuan melindungi makanan serta minuman dengan baik.

Dimana, bahan ini biasanya cocok dipakai untuk mengemas makanan take away atau saat restoran milik Anda membuka booth di suatu acara.

Namun demikian, kekurangannya selain kurang ramah lingkungan, styrofoam juga tidak tahan terhadap adanya benturan sehingga tidak bisa sembarangan ditumpuk dengan benda lain.

KESIMPULAN

Nah, itu dia beberapa ulasan mengenai 5 jenis kemasan dan kelebihan kekurangannya! Sedangkan, untuk kelebihan dan kekurangan pada masing-masing kemasan yang bisa digunakan untuk mempertimbangkan mana yang paling cocok dengan produk yang Anda rintis ya!

 REKOMENDASI

Bagi Anda yang tengah bingung mencari desainer untuk aktivitas usaha Anda, segera hubungi pihak kami hanya di jasa logo.id!

Apa keuntungannya? Dengan pengerjaan yang super rapi dan cepat, kami mengunggulkan pelayanan demi kepuasan Anda, sobat jasa logo! Selain itu, klik di sini untuk update logo hasil karya tim melalui portal instagram jasalogo.id!