5 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

5 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan  – Pelanggan menjadi faktor utama bagi pemasukan utama perusahaan. Tanpa pelanggan yang setia, perusahaan tak dapat mendapatkan keuntungan dan pemasukan yang optimal.

Dari situlah banyak perusahaan mengatur berbagai macam strategi untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dalam menggunakan produk mereka. Apa yang dimaksud loyalitas pelanggan?

Loyalitas pelanggan ialah parameter kecenderungan pelanggan menggunakan produk secara berulang-ulang dari suatu perusahaan. Penggunaan berulang dipengaruhi oleh kepuasan, pengalaman positif pelanggan, dan nilai dan manfaat yang diterima pelanggan.

Read More
jasa-desain-logo-satu-hari-jadi

Pelanggan akan menganggap bahwa produk yang ditawarkan perusahaan jauh lebih unggul dibandingkan produk kompetitor. Semakin sering pelanggan menggunakan kembali produk, berarti semakin tinggi tingkat loyalitasnya kepada produk dari perusahaan.

Persaingan bisnis di Indonesia sangat ketat sehingga perusahaan harus cerdas agar produk mereka tetap diminati oleh konsumen.

Biasanya perusahaan akan melakukan segala cara agar dapat meningkatkan loyalitas dari konsumen. Berikut ini 5 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan yang dapat menginspirasi Anda.

5 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

  1. Reward Besar untuk Pelanggan Setia

Salah satu manfaat memberikan apresiasi kepada pelanggan yang setia membeli produk Anda yaitu selain mempertahankan jumlah pelanggan Anda sekarang, ternyata juga bisa meningkatkan jumlah pelanggan baru yang tertarik dengan konsep berbisnis Anda.

Hal tersebut terjadi dikarenakan pelanggan setia Anda mengabarkan informasi baik tersebut untuk masyarakat sekitarnya. Sehingga, besar kemungkinan pelanggan yang loyal pada Anda akan bertambah.

Kejutan atau reward yang harus Anda berikanpada pelanggan tidak selalu harus mewah. Tapi, memberikan hadiah sesuatu yang mereka sukai sudah bisa menyenangkan mereka. Seperti voucher, poin belanja, konten spesial, diskon, akses untuk layanan eksklusif dan lain sebagainya.

  1. Meminta Saran serta Siap Untuk Mendengarkan dan Berani Bertindak

Pelanggan ialah bagian penting perusahaan yang dapat menemukan celah atau kekurangan perusahaan, produk maupun layanan. Oleh karena itu, Mintalah saran dari pelanggan-pelanggan Anda agar Anda dapat mengetahui apa saja kekurangan dari perusahaan Anda.

Mendengarkan pelanggan dengan baik ketika mereka memberikan saran atau masukan. Jadikan kritikan positif sebagai motivasi bukan untuk dihindari. Jangan hanya bertanya dan mendengar, Anda juga harus berani mengambil suatu tindakan apabila ada saran/masukan positif dari pelanggan-pelanggan yang Anda miliki dan berpotensi memperbaiki perusahaan menjadi lebih baik.

Baca juga [Tips Menjadi Pendengar Yang Baik Demi Pelanggan]

Tindakan yang Anda ambil inilah nantinya yang akan membuat pelanggan merasa senang dan puas bekerja sama dengan Anda. Ketika pelanggan puas, sudah pasti pelanggan akan lebih loyal kepada Anda.

  1. Dapatkan Feedback Pelanggan

Semakin Anda tahu pelanggan, maka semakin Anda tahu cara melayani mereka dengan baik. Tanyakan feedback dari pelanggan terkait produk untuk mengetahui apa saja yang dapat dipertahankan, dan apa saja yang harus diperbaiki.

Apabila memiliki toko fisik, Anda bisa menanyakan feedback dari pelanggan sembari ngobrol santai, namun ada cara lain yang lebih efektif yaitu dengan survei kepuasan, serta menyediakan kontak khusus untuk menerima kritik dan saran.

Baca Juga [Strategi Retail Rekection Remehkan Konsumen agar Membeli]

  1. Berikan Sentuhan Personal

Tambahkan sebuah sentuhan personal kepada hubungan Anda seperti misalnya mengirim ucapan Selamat Hari Raya menggunakan tulisan tangan. Hal ini menunjukkan bahwa Anda peduli dan membuat brand Anda menjadi pilihan pertama bagi konsumen.

Menghubungi pelanggan secara berkala dapat meningkatkan hubungan yang lebih dalam. Anda dapat menghubungi pelanggan melalui email atau nomor telepon yang dapat dihubungi untuk menawarkan produk terbaru, atau perkembangan bisnis yang mungkin relevan dengan pelanggan.

Pelanggan setia bisa membantu bisnismu dengan pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth), mereka akan merekomendasikan produk dan layanan bisnismu kepada orang-orang terdekat mereka karena kualitas produk dan layanan yang bisnismu berikan.

  1. Follow Up Setelah Penjualan

Setelah Anda melakukan penjualan pada seorang konsumen, jangan berhenti berhubungan dengan orang tersebut, apalagi jika bisnis tersebut ialah bisnsi online.

Anda tetap harus berkomunikasi dengan konsumen dan menanyakan bagaimana dengan produk yang ia beli. Apakah cocok dengannya atau tidak, adakah kritik untuk menciptakan produk baru yang lebih baik lagi.

Jika produk yang Anda jual merupakan barang habis pakai, Anda juga bisa menanyakan apakah produk sudah habis atau hampir habis.

Perkirakan seberapa lama produk bisa bertahan kemudian tanyakan kapan akan melakukan order berikutnya.

Dengan cara ini loyalitas dan kepuasan pelanggan akan tetap terjaga dan Anda tidak akan kehilangan konsumen.

Cek Artikel Jasalogo.id Menarik lainnya DISINI

Baca juga [Cara Menarik Pelanggan di Online Shop]

5 Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan  – Semakin banyak pelanggan loyal yang Anda miliki, itu artinya Anda telah berhasil untuk menjaga uang Anda mengalir secara terus menerus. Karena, pelanggan yang loyal akan lebih banyak mengeluarkan uang mereka untuk menggunakan produk Anda dibandingkan mereka yang hanya melakukan pembelian sesekali.

Misalnya sederhana, pelanggan loyal suatu restoran, akan selalu menyempatkan diri untuk berkunjung di tengah kesibukannya. Ini tentu berbeda dengan pelanggan yang tidak loyal, yang mana mereka tidak akan memaksakan diri untuk berkunjung ke restoran yang bukan favoritnya. Itulah mengapa perusahaan dan tim sales harus memikirkan betapa pentingnya retensi atau pembelian ulang dari pelanggan-pelanggannya dengan cara meningkatkan loyalitas pelanggan.