3 Jenis Keterampilan Komunikasi Penting Anda Miliki

3 Jenis Keterampilan Komunikasi Penting Anda Miliki – Komunikasi merupakan modal dan kunci sukses dalam pergaulan dan karier karena hanya dengan komunikasi sebuah hubungan baik dapat dibangun dan dibina.

Keterampilan komunikasi merupakan keterampilan utama yang harus Anda dimiliki untuk mampu membina hubungan yang sehat di mana saja, di lingkungan sosial, sekolah, usaha/bisnis, dan perkantoran atau di mana saja.

Keterampilan komunikasi juga dibutuhkan dalam pengembangan usaha –menjalin relasi, marketing, promosi bisnis, dll – juga dalam pengembangan dan pemberdayaan diri –personal branding/self empowering.

Dalam dunia kerja, kemampuan Anda dalam berkomunikasi menjadi salah satu elemen penting yang akan dilihat oleh atasan. Pentingnya komunikasi yang baik di dunia kerja adalah untuk mencapai beberapa hal berikut ini:

  • Tim kerja yang lebih solid.
  • Konflik di lingkungan kerja bisa diatasi dengan baik.
  • Pengambilan keputusan di lingkungan kerja bisa lebih cepat dan tepat.
  • Tujuan dan target perusahaan bisa lebih mudah direalisasikan.
  • Bisa menjalin hubungan yang baik dengan klien.
  • Mampu membangun networking dengan baik. dls.

[5 Soft Skill yang Wajib Anda Miliki di Tahun 2022]

berikut Jasalogo.id paparkan 3 Jenis Keterampilan Komunikasi yang harus Anda miliki:

3 Jenis Keterampilan Komunikasi Penting Anda Miliki

3 Jenis Keterampilan Komunikasi Penting Anda Miliki

1. Keterampilan Berbicara

Kemampuan dasar dalam komunikasi adalah kemampuan berkomunikasi secara lisan/verbal atau kemampuan untuk berbicara.

Hal ini berkaitan dengan pemilihan kata-kata yang tepat saat berbicara, nada dan juga intonasi saat berbicara.

Selain itu, penyesuaian diri terhadap lawan bicara juga jadi hal yang penting. Setelah mengenali latar belakang lawan bicara, sebagai komunikator Anda harus bisa menyesuaikan gaya komunikasi yang sesuai dengan lingkungan.

Keterampilan Komunikasi ini meliputi keahlian menyesuaikan cara berbicara dengan audience yang berbeda-beda, menggunakan pendekatan dan gaya yang tepat, dan memahami pentingnya isyarat non-verbal dalam pembicaraan (komunikasi lisan).

Komunikasi lisan membutuhkan keterampilan latar belakang (background skills) presentasi, pemahaman tentang audiens, mendengarkan secara kritis, dan bahasa tubuh (body language).

Baca juga [Tips dapat Client Pertama Anti Gagal]

Perlu Anda ketahui pula out-put dalam Keterampilan Berbicara (Komunikasi lisan) ini meliputi keterampilan membangun Network dan Bernegosiasi :

  • Kemampuan Membangun Networking

Networking sangat penting untuk mendukung kesuksesan Anda dalam dunia kerja. Anda bisa mulai membangun networking sejak dari bangku kuliah, ataupun dimulai sejak pertama kali Anda berada dalam suatu lingkungan kerja.

Berkenalan dan bertemanlah dengan banyak orang. Anda tidak akan tahu orang-orang tersebut akan menjadi apa di kemudian hari nanti. Lalu bangunlah hubungan positif yang saling menguntungkan dan tidak saling merugikan.

Kelak, hasil bangunan networking bisa memberikan Anda banyak kesempatan maupun kelancaran dalam berbagai urusan Anda.

  • Kemampuan Bernegosiasi

Tujuan dari negosiasi adalah untuk mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan.

Pada proses negosiasi, selain kemampuan komunikasi secara verbal, pengetahuan dalam hal-hal terkait menjadi faktor penting untuk mendukung suksesnya negosiasi.

Di dunia kerja, kegiatan negosiasi sangat lazim terjadi. Jika Anda memiliki skill negosiasi yang baik, anda pasti akan dipercaya untuk mewakili perusahaan pada proses negosiasi dengan klien.

2. Keterampilan Menulis

Tak perlu membayangkan bahwa kemampuan menulis seperti mencatat materi pelajaran sewaktu masa sekolah. Kemampuan menulis dalam ilmu komunikasi lebih kompleks daripada itu.

Dalam ruang lingkup komunikasi formal misalnya, tata bahasa saat mengirim pesan melalui email maupun pesan melalui whatsapp harus dipertimbangkan narasinya sebaik mungkin.

Contoh penerapan komunikasi tertulis misalnya saat harus menuliskan suatu ide, gagasan, atau opini terhadap suatu hal.

Kemampuan menarasikan caption sosial media juga menjadi salah satu skill komunikasi tulisan yang saat ini sangat dibutuhkan.

Di level yang lebih tinggi, keterampilan menulis juga sangat dibutuhkan untuk menulis script iklan, UX pada aplikasi, dll.

Semakin berkembangnya platform elektronik, keterampilan komunikasi menulis juga semakin berkembang kebutuhannya.

3. Keterampilan Mendengarkan

Pada suatu komunikasi, jika ada orang yang berbicara, harus ada seseorang yang mendengarkan. Supaya bisa berbicara dengan baik, seseorang harus bisa mendengarkan dengan baik juga.

Mendengarkan pada proses komunikasi kerap disinggungkan dengan kesopanan atau etika.

Padahal secara lebih mendasar, jika anda bisa mendengarkan dengan baik, informasi yang disampaikan oleh komunikator bisa anda cerna dengan baik pula.

Kemudian anda bisa memberi tanggapan yang sesuai. Dengan demikian, proses komunikasi akan berjalan dengan seimbang.

Pada level yang lebih tinggi, terdapat istilah critical listening yang perlu kamu kuasai.

Pada proses critical listening, seseorang mendengarkan dengan begitu cermatnya sehingga bisa menganalisa dengan baik konten yang disampaikan, bahkan sampai tahap bisa mengevaluasi konten tersebut.

baca juga [Tips Menjadi Pendengan yang Baik Demi Pelanggan]

Demikian 3 Jenis Keterampilan Komunikasi Penting Anda Miliki, semoga bermanfaat dan dapat anda kuasai ketiga jenis keterampilan komunikasi diatas. 

Team desain jasalogo.id profesional dalam membuat desain logo yang unik, menarik sesuai dengan visi misi usaha Anda, jadi pastikan anda memesan desain logo hanya di jasalogo.id kami aktif 24 jam siap melayani pesanan anda