10 CARA BISNIS IKAN LELE BEROMSET JUTAAN

10 CARA BISNIS IKAN LELE BEROMSET JUTAAN – Bisnis ikan lele bisa dilakukan di rumahan dengan menggunakan kolam terpal. Peluang usaha, prospek, dan analisa cara menjual dapat menjadi factor kesuksesan pebisnis lele.

Budidaya ikan lele mampu memberikan peluang sumber pendapatan yang luar biasa bagi Sobat. Hal tersebut karena ikan lele telah dikenal secara luas di pasaran dan masyarakat.

Bisnis ikan lele tidak hanya dilakukan oleh pengusaha berpengalaman tetapi juga berpeluang  bagi pengusaha rintisan atau pemula.

Untuk menambah pengetahuan dan menyakinkan Sobat Jasa Logo, berikut adalah 10 cara bisnis ikan lele beromset jutaan.

BUDIDAYA IKAN LELE

Budidaya nampaknya masih menjadi langkah yang paling mudah dalam mengembangkan usaha ikan lele menggunakan budidaya ikan lele. Maka, Sobat akan lebih mengerti tentang potensi ikan lele pada lingkup pangsa pasar.

Selain itu, Sobat juga menambah wawasan dan dapat mengelola keuntungan sendiri dengan usaha ikan lele milik sendiri. Ikan lele sangat mudah di budidayakan, selain itu ikan lele juga tidak memerlukan banyak air untuk hidupnya.

Ikan lele dapat ditebar dengan benih banyak sekaligus, karena kembali lagi ikan lele bisa hidup pada air tawar dengan kuantitas yang sedikit.

BUDIDAYA IKAN LELE MENGGUNAKAN KOLAM TERPAL

Hanya dengan bermodal terpal, Sobat sudah bisa memulai usaha budidaya ikan lele. Hal ini memudahkan Sobat jika belum memiliki kolam budidaya. Selain itu, cara ini juga dapat menghindari ikan lele dimangsa ikan lain.

Selain itu, kelebihan lainnya, ketika Anda budidaya menggunakan kolam terpal adalah lebih hemat daripada kolam semen, mudah mengatur volume dan ketinggian air, ikan lebih bersih karena tidak terkontaminasi tanah, dan mudah dalam membuatnya.

TEPAT DALAM MEMILIH BENIH UNGGUL

Pemilihan benih yang tepat menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan potensi kesuksesan peluang usaha Sobat.

Sehingga, dengan memilih benih ikan lele yang ukuran sama rata, gesit, agresif, dan warna tubuh yang terang akan memberikan hasil maksimal nantinya.

KUALITAS AIR

Merawat kebersihan air menjadi salah satu penunjang berkembangnya ikan lele. Air yang bagus untuk lele yang masih dalam tahap perkembangan adalah air warna hijau. Ketika warna air berubah menjadi merah, maka ikan sudah siap dipanen.

Untuk mengurangi racun-racun dalam kandungan air kolam, sebaiknya Sobat tambahkan tanaman eceng gondok atau talas untuk menyerap racun-racun.

KETINGGIAN KOLAM AIR

Jika Sobat menggunakan kolam terpal, ketinggian air yang baik untuk lele adalah 20 cm untuk bulan pertama, 40 cm untuk bulan kedua, dan 80 cm pada bulan ketiga. Ketinggian air harus selali dikontrol karena air kolam dapat berkurang karena menguap diserap matahari.

PAKAN IKAN LELE

Pakan ikan lele pada umumnya adalah sentrat atau pellet yang diberikan 3-4 kali sehari pada sore dan malam hari. Terkadang ikan lele juga dapat diberi pakan berupa kroto, ikan kecil, atau cacing sebagai pakan alami.

MENJAGA KEAMANAN IKAN LELE

Sebaiknya Sobat memberi penghalang berupa jaring atau sejenisnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari ikan lele melompat keluar kolam atau dimakan hewan lain seperti kucing dan burung.

PANEN

Perlu diperhatikan bahwa ikan lele yang sudah berumur 90 hari berarti ikan sudah siap dipanen.

TARGET PEMASARAN IKAN LELE

Target pasar yang paling menjanjikan adalah warung makan dan restoran. Selain itu, Sobat jasa logo juga dapat mengolah ikan lele menjadi abon atau olahan makanan lainnya yang menarik, sehingga dapat meningkatkan pengahsilan Sobat.

PROMOSI

Di era digital ini, Sobat sangat dipermudah dalam melakukan promosi usaha Sobat. Penjualan bisa dilakukan di berbagai e-commers yang terkait.

KESIMPULAN

Demikian Sobat Jasa Logo, ulasan mengenai 10 cara bisnis ikan lele beromset jutaan!

REKOMENDASI

Bagi Anda yang tengah bingung mencari desainer untuk aktivitas usaha Anda, segera hubungi pihak kami hanya di Jasa Logo!

Apa keuntungannya? Dengan pengerjaan yang super rapi dan cepat, kami mengunggulkan pelayanan demi kepuasan Anda, sobat Jasa Logo! Ikuti instagram kami disini!