Usaha Tani: Definisi dan Ilmu Pertanian

Usaha Tani: Definisi dan Ilmu Pertanian – Lihat hamparan hijau bikin mata seger, bukan sobat jasalogo.id?

Tentu, kondisi demikian menjadi idaman setiap mata. Berbicar terkait dengan lahan hijau, tidak lepas juga dengan dunia pertanian, bukan?

Benar sekali, kali ini akan jasalogo.id hadirkan informasi mengenai usaha tani, mulai dari definisi dan atau ilmu pertanian yang akan kita bahas hanya di website kami, sobat!

Ilmu tani sendiri merupakan ilmu terapan yang membahas atau mempelajari bagaimana menggunakan  sumberdaya secara efisien dan efektif pada suatu usaha pertanian agar diperoleh hasil maksimal.

Nah, sumber daya itu adalah lahan, tenaga kerja, modal dan manajemen. Kalau tidak dimanfatkan, akan saying sekali, bukan?

Gambaran Bisnis Tani di Indonesia

Di Indonesia, usaha tani dikategorikan sebagai usaha tani kecil, sobat! Mengapa demikian? Hal itu karena mempunyai  ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Ber-usaha tani dalam lingkungan tekanan penduduk lokal yang meningkat
  2. Memiliki sumbe rdaya terbatas, sehingga menciptakan tingkat hidup yang rendah
  3. Bergantung seluruhnya atau sebagian kepada produksi yang subsisten
  4. Kurang memeroleh pelayanan kesehatan, pendidikan dan pelayanan lainnya

Ciri Petani dari Segi Otonomi

Dari sei otonom, ciri yang sangat penting pada petani kecil adalah terbatasnya sumberdaya dasar tempat petani tersebut berusahatani.

Pada umumnya mereka hanya menguasai sebidang lahan kecil, disertai dengan ketidakpastian dalam pengelolaannya. Lahannya sering tidak subur dan terpencar-pencar dalam beberapa petak. Mereka sering terjerat hutang dan tidak terjangkau oleh lembaga kredit dan sarana produksi.

Bersamaan dengan itu, mereka menghadapi pasar dan harga yang tidak stabil, mereka tidak cukup informasi dan modal. Walaupun petani-petani kecil mempunyai ciri yang sama yaitu memiliki sumberdaya terbatas dan pendapatan yang rendah, namun cara kerjanya tidak sama.

Karena itu petani kecil tidak dapat dipandang sebagai kelompok yang serba sama, walaupun mereka berada di suatu wilayah kecil.

Mempelajari Usaha Tani

Hal ini merupakan salah satu cara untuk melihat, menafsirkan, menganalisa, memikirkan dan berbuat sesuatu (penyuluhan, penelitian, kunjungan, kebijakan, dan sebagainya) untuk keluarga tani dan penduduk desa yang lain sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan keluarganya.

Kesulitan utama dalam menganalisis perekonomian rumah tangga tani di negara berkembang seperti Indonesia karena, Sifat dwifungsinya : produksi dan konsumsi yang kadang tidak terpisahkan, serta kuatnya peranan desa sebagai unit organisasi sosial dan perekonomian.

Ciri-ciri daerah dengan pertumbuhan dan perkembangan usahatani, adalah:

  1. Tingkat pertumbuhan dan perkembangan usaha tani atas asas pengelolaan yang di dasarkan atas tujuan dan prinsip sosial ekonomi dari usaha.Usaha pertanian atas dasar tujuan dan prinsip sosial ekonomi yang melekat padanya, usaha tani digolongkan menjadi 3 (tiga) golongan, yaitu:
  2. Usahatani yang memiliki ciri-ciri ekonomis kapitalis
  3. Usahatani yang memiliki dasar ekonomis-sosialis-komunistis
  4. Usaha tani yang memiliki ciri-ciri ekonomis
  5. Tingkat pertumbuhan usaha tani berdasarkan teknik atau alat pengelolaan tanah. Menurut Hahn, kemajuan pertanian setelah tahap hidup mengembara dilampaui dapat dipisah-pisahkan dalam beberapa tingkat. Tiap tingkat memiliki ciri-cirinya sendiri.

Tingkat-tingkat seperti yang dimaksud adalah:

  1. Tingkat pertanian yang ditandai dengan pengelolaan tanah secara sederhana (dicangkul).

Tingkat ini memiliki dua fase, yaitu fase perkembangan pertanian yang belum kenal jenis tanaman-tanaman gandum dan fase perkembangan pertanian yang telah mengenal jenis-jenis tanaman gandum.

  1. Tingkat pertanian yang ditandai dengan pengelolaan tanah dengan cara membajak.

Perlu sobat jasalogo.id ketahui, terdapat tiga (3) ciri tingkatan-tingkatan itu, yakni:

  • Tingkat pertanian dengan pengolahan tanah secara mencangkul dan pengusahaan jenis tanaman umbi-umbian.
  • Tingkatan pertanian dengan pengolahan tanah secara mencangkul dan pengusahaan jenis tanaman bangsa gandum sebagai tanaman utamanya.
  • Tingkatan pertanian yang ditandai dengan pengolahan secara membajak dan penanaman jenis-jenis gandum sebagai tanaman utamanya.

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang usaha tani: definisi dan ilmu pertanian. Klik disini untuk pemesanan desain logo oleh jasalogo.id serta kunjungi katalog kami di Instagram!