Tips Menciptakan Desain Cafe Outdoor yang Nyaman

Cafe menjadi tempat untuk orang nongkrong, kerja, diskusi hingga sekedar menghabiskan waktu sendiri. Tempat yang awalnya untuk minum kopi dan teh ini telah menjadi lifestyle orang modern. Tidak heran banyak cafe terus bermunculan, dengan berbagai desain interior yang menarik, salah satunya cafe outdoor.

Di antara banyaknya jenis desain cafe, cafe outdoor ini kerap menjadi pilihan favorit karena memberikan kesan luas. Cafe dengan desain terbuka tidak terkesan pengap karena adanya udara bebas. Konsep outdoor banyak dipilih untuk menikmati cuaca sambil minum kopi dan makan makanan ringan bersama teman.

Biasanya cafe outdoor banyak yang berkonsep alam hijau yang asri sehingga meski di luar ruangan pelanggan tidak kepanasan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain cafe outdoor. Ini karena outdoor ada banyak hal yang perlu diperhitungkan seperti cuaca, angin, sinar matahari hingga serangga.

Read More

Desain cafe outdoor biasanya akan menciptakan suasana yang nyaman bagi para pengunjung. Ada banyak keuntungan lain dari konsep outdoor ini terkadang pihak cafe tidak perlu menyediakan kipas atau AC. Tetapi ada juga kekurangan ketika hujan deras atau pada cuaca yang terik.

Untuk itu ada beberapa tips untuk menciptakan desain cafe dengan konsep outdoor yang nyaman dan bisa menarik minat pengunjung untuk datang. Artikel ini akan membahas beberapa tips untuk mendesain cafe dengan tema terbuka atau diluar ruangan.

TIPS MENCIPTAKAN DESAIN CAFE OUTDOOR YANG MENARIK

Dalam dunia desain interior cafe menciptakan desain yang estetik memanglah penting. Tetapi untuk cafe konsep outdoor perlu ada beberapa pertimbangan agar desainnya nyaman bahkan dalam kondisi cuaca tertentu. Perhatikan beberapa tips berikut ini:

Gunakan Furnitur yang Nyaman dan Tahan Cuaca

Salah satu hal penting dalam desain interior cafe adalah dengan memperhatikan kenyamanan pengunjung. Furnitur sangat memengaruhi kenyamanan, bentuk kursi dan meja tidak hanya harus sesuai konsep cafe tetapi juga nyaman saat digunakan. Karena furnitur diletakkan diluar ruangan, furnitur harus bisa tahan dengan perubahan cuaca dari panas hingga hujan deras.

Konsep outdoor biasanya menggunakan furnitur dari kayu, rotan sintetis, aluminium, terkadang besi yang anti karat. Pilih bahan yang bisa tahan dengan perubahan kondisi alam seperti sinar matahari dan hujan. Terkadang bahan tertentu bisa panas ketika diduduki pada cuaca ekstrem.

Sesuaikan bentuk dan bahan furnitur dengan konsep cafe, jika berkonsep alam terbuka furnitur seperti kayu dan rotan akan cocok. Untuk konsep minimalis bisa menggunakan alumunium, terkadang ada yang membuat kursi permanen dari semen. Pastikan pula ketinggian dan tata letak yang nyaman ketika diduduki oleh pelanggan.

Manfaatkan Tanaman dan Lanskap untuk Dekorasi

Untuk menciptakan desain yang lebih menarik, tambahkan dekorasi tanaman untuk menciptakan nuansa alam yang menyegarkan. Jika cafe di alam terbuka dengan rumput alami dan pohon ini akan semakin mudah menciptakan nuansa alami. Pot-pot bunga baik gantung atau yang di lantai dapat dijadikan tambahan dekorasi.

Ada banyak jenis tanaman yang bisa memberikan nuansa alam yang menyegarkan dengan penataan yang tepat dan sesuai porsinya. Desain cafe outdoor kebanyakan menggunakan konsep alam agar pada cuaca panas tidak terlalu panas. Sehingga tanaman bisa memberikan udara segar dan nuansa yang adem.

Pertimbangkan Pencahayaan yang Tepat

Cafe dengan konsep terbuka biasanya menggunakan pencahayaan alami dari matahari, atur pencahayaan alami secukupnya. Sementara untuk malam hari gunakan lampu-lampu hiasan yang digantung atau berbentuk rangkaian panjang.

Penggunaan lampion yang digantung dan lampu taman sering menjadi pilihan yang cocok untuk desain cafe outdoor. Pastikan cahaya lampu lampu tidak terlalu terang, namun memberikan kesan hangat. Pada malam hari pelanggan bisa menikmati pemandangan bulan yang cerah.

Atur Tata Letak yang Terencana dengan Baik

Jika ingin membuat cafe dengan berbagai zona yang berbeda untuk menciptakan daya tarik pengunjung, gunakan sistem zona. Misalnya dengan mendesain zona untuk santai, zona untuk bekerja, atau zona untuk makan. Mendesain interior dengan berbagai nuansa akan membantu pengunjung memilih zona yang mereka suka.

Untuk menciptakan desain zona-zona tersebut biasanya membutuhkan furnitur yang berbeda. Misalnya zona santai bisa menggunakan kursi yang nyaman atau lesehan. Sementara zona makan bisa menggunakan kursi dan meja yang tinggi. Buat juga zona tanpa atap dan zona yang memiliki atap.

Ciptakan Desain Cafe yang Fleksibel pada Cuaca

Desain cafe outdoor harus fleksibel dengan perubahan cuaca karena tempatnya terbuka, pastikan meski kursi berada di luar ruangan tetap memiliki atap seperti payung lipat. Ini akan menghindari sinar matahari yang panas dan hujan. Pastikan atap dari payung atau atap lainnya bisa melindungi pengunjung terutama hujan yang cukup deras.

Ketika mendesain ruang, pemilik cafe harus mempertimbangkan cuaca di daerah tersebut. Meski bertema outdoor penggunaan atap tetaplah penting, Outdoor bukan berarti benar-benar terbuka tanpa atap. Desain cafe outdoor juga harus memberikan atap pada setiap tata letak kursi dan meja.

Pertimbangkan Tingkat Kebisingan Lingkungan

Ketika ingin membuka cafe outdoor pastikan lokasinya jauh dari kebisingan, ini bisa mengganggu kenyamanan pengunjung. Berbeda dengan cafe indoor yang kebisingannya bisa mudah diredam pada ruang tertutup, cafe outdoor agak sulit.

Jika terpaksa memilih tepat yang sedikit bising, lakukan peredaman suara dengan menggunakan bahan penutup seperti kain, atau tanaman yang bisa meredam suara. Pemanfaatan elemen dekorasi seperti tanaman dan kain bisa digunakan untuk meredam kebisingan dengan mengatur tata letaknya dengan baik. Ini akan menciptakan lingkungan cafe yang lebih tenang.

Gunakan Dekorasi yang Menarik

Untuk memperindah tampilan interior dari cafe tambahkan dekorasi lain seperti hiasan dinding, lukisan, makrame atau lainnya. Pilih dekorasi yang menyesuaikan dengan tema cafe outdoor. Pastikan dekorasi mendukung konsep dengan baik sehingga membuat tampilan yang estetik.

Dekorasi biasanya dapat meningkatkan daya tarik pengunjung, apalagi yang suka berfoto untuk diunggah di sosial media. Untuk cafe outdoor perlu berhati-hati saat menata dekorasi karena ada faktor cuaca, pastikan elemen dekorasi terlindungi dan tidak mudah rusak.

KESIMPULAN

Mendesain cafe outdoor membutuhkan perencanaan yang matang dan perhatian terhadap detail-detail kecil. Tujuan utamanya adalah menciptakan lingkungan yang ramah, nyaman, dan mengundang bagi para pengunjung. Kreativitas dan inovasi dalam penggunaan ruang terbuka akan memberikan pengalaman yang berkesan bagi para pelanggan.

Bagi yang membutuhkan jasa desain logo, segera hubungi kami di jasalogo.id. Kunjungi laman instagram jasalogo.id disini.

Related posts